Kecap Asin

Ada sebuah “joke” waktu membicarakan tentang ciri khas setiap negara di sekolah bahasa Jepang dulu. Konon kalau mengunjungi Korea, begitu turun dari pesawat akan tercium kimchi. Lalu kalau turun pesawat di Indonesia, maka orang asing akan menghirup tembakau! Sebegitu parahnya negaraku merokok ya ๐Ÿ˜ฆ Dan kalau ditanya bandara Jepang berbau apa, maka jawabnya adalah Shoyu atau kecap asin.

Kalau dipikir-pikir memang orang Jepang tak bisa lepas dari shoyu. Apa saja memakai shoyu. Sebut saja sashimi dan sushi, pasti kita akan membubuhkan shoyu dulu sebelum dimakan… kecuali unagi/anago. Atau makanan yang masih terasa manis pun seperti sukiyaki masih memakai shoyu sebagai dasar rasanya. Dan aku masih heran kalau melihat orang Jepang makan ikan bakar yang sudah dibubuhi garam. Masih memakai shoyu (dan parutan lobak) cukup banyak. Padahal menurutku ikan bakar dengan garam sedikit itu sudah sangat enak. Kalau pakai shoyu lagi pasti keasinan. Dan memang kasus kanker usus orang Jepang cukup tinggi yang konon dikarenakan shoyu ini.

Aku melihat sebuah angket yang diadakan situs goo di sini :ย http://ranking.goo.ne.jp/rankingvote/vote/result/yuTjDZvukZ3M/

Pertanyaannya : Bumbu apa yang kamu bubuhkan di telur mata sapimu.

Kalau aku pasti garam dan lada, atau kecap manis. Tapi orang Jepang ternyata sebagian besar membubuhkan kecap asin di telur mata sapi mereka. Aneh ya? Tapi memang kalau dipikir akan lebih aneh lagi orang Indonesia yang membubuhkan kecap manis ๐Ÿ˜€ Karena kecap manis hanya ada di Indonesia saja ๐Ÿ˜€ Saus di Jepang lebih dekat dengan saus bulldog yang lain dari kecap manis.

tamago

4340 orang memakai shoyu di telur mata sapinya, bandingkan dengan 2210 yang memakai garam/lada, 1138 yang memakai saus bulldog, 289 yang memakai saus tomat dan 235 orang yang memakai mayoneise ๐Ÿ˜€

Mungkin kalau orang Indonesia membuat poll cuma ada dua pilihan ya? Kalau kamu bagaimana?

Iklan

7 comments on “Kecap Asin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s