Ketika Cinta (Blogging) Harus Memilih

huhuhu lebay sekali deh judulnya 😀 Tapi memang dalam beberapa hari ini aku sedang galau, gara-gara blog. Seperti diketahui aku mempunyai blog bertajuk Twilight Express dengan domain sendiri. Tentu saja dengan hosting sendiri, bayarnya memang tidak lebih dari 1 juta rupiah per tahun karena sudah beberapa kali upgrade kapasitas. Jumlah nominal yang kecil untuk beberapa orang yang memang mempunyai pemasukan dari internet. Tapi karena aku belum mau me-monitize blogku, maka jumlah itu cukup memberatkanku.

Masalahnya memang hampir setelah 2 tahun pindah hosting (ini yang ke 3) pasti akan terkena suspend berkali-kali karena dianggap mengganggu stabilitas pengguna hosting lain. Padahal menurutku pemakaian juga tidak seaktif sebelumnya, dan kalaupun membludak diperkirakan kalau ada tulisan baru dong, deh gitu lah yau!

Tulisan terakhir di sana tanggal 20 Juni. Padahal aku ingin sekali menulis banyak! Tapi kalau aku menulis baru, akan pengaruh lagi dengan trafik kunjungan dsb dsb. Terpaksa deh nahan 😀 Oleh pihak hostingnya dibilang aku harus upgrade dengan VPS, tapi sedangkan yang pakar IT saja, sahabatku si Jumria TIDAK menyarankan aku pindah VPS. Karena aku boleh dikatakan “amatir” atau istilahnya dia End User. Sehingga jika nanti ada apa-apa, aku tidak bisa menghandle sendiri cpanel (yang sebetulnya aku sendiri baru sedikit menguasai -akhirnya-). KECUALI aku menyerahkan pada pihak hosting, yang tentu harganya muahal (berlipat dari yang sekarang), atau aku tetap menyewa VPS di luar negeri, dan “menggaji” orang untuk memaintainnya. JIKA aku kaya mah, apa juga aku beli… kalau bisa beli perusahaan hosting sekalian hahahaha.

kan ngga gede-gede amat 😀 Udah pakai backup loh

So, terpikir untuk pindah hosting, tapi juga terpikir, jika pindah hosting PASTI akan berhadapan dengan masalah yang sama, cepat atau lambat. Salah satu kemungkinan yang paling cepat adalah pindah saja ke wordpress gratisan yang memang fiturnya terbatas, sehingga boleh dikatakan aku harus DOWNGRADE.

BUANGLAH SEJARAH MASA LALU….

Sambil berpikir untuk downgrade kembali ke wordpress gratisan saja yang memang sudah aku miliki, ada banyak alternatif yang bisa dicoba. TAPI pada akhirnya aku pikir terkadang memang kita harus melupakan masa lalu, masa kejayaan kita. Waktu berjalan terus, dan bukan jamannya lagi untuk mengagung-agungkan masa lalu.

Masa di mana aku menulis 1247 tulisan dengan 25.685 komentar, dengan theme yang kusuka putih bersih, dengan plugin favoritku ” Todayish in History” yang memungkinkanku membaca kembali tulisan yang kubuat pada tanggal yang sama sama 5 tahun ke belakang.

Apalagi tepat waktu hostingku bermasalah, seorang pembaca blogger setia, sahabatku sejak awal ngeblog mencapai angka komentar 1000 (dalam 5 tahun -1247 posting) berkat plugin “Top Commentator”. Terima kasih banyak untuk komentarnya ya mas NH18.

Ini dia urutan TOP commentator di TE

SEKALI LAGI SEJARAH! Kenangan 😦 

Untukku melupakan masa lalu itu berat! Apalagi sejarah adalah kesukaanku. Tapi aku harus berpikir praktis, karena otomatis karena kepalaku dipenuhi masalah hosting, aku tidak bisa move on, menulis terus. Padahal sahabatku Donny Verdian sampai berkali-kali menanyakan perihal blogku sambil menawarkan bantuan. Katanya, “after all, semoga mood blogmu semakin membaik apapun solusi yang kau percaya benar untuk ditempuh *halah* Hahahaha.. Go Imel, Go!”

dashboard terakhir 😦

Kalau aku mau kembali ke tujuanku ngeblog awalnya, memang hanya untuk menulis. Dan mungkin ini saatnya pula untuk bangkit, menulis lebih banyak lagi. Dan meminjam frase yang kukenal dari Gratcia Siahaan, “Write like nobody’s reading”. Sehingga kuputuskan untuk menulis di sini dulu, sambil aku mencari jalan terbaik untuk domainku. Toh aku sebetulnya baru saja membayar perpanjangan hosting dan domain, sehingga aku masih punya waktu 1 tahun berpikir (sayang sih karena otomatis aku membayar sesuatu tanpa menerima pelayanan). Mungkin akan kubatasi tulisan di sana sesedikit mungkin sampai 1 tahun, dan tulisan lamanya kutaruh di sini. Ntahlah, yang pasti aku harus menulis. Apalagi aku masih ada hutang tulisan kepada Masbro 😦 dalam GA nya pakde Abdul Cholik. Segera setelah ini aku akan mulai menulis…… masih ada 3 hari kan? 😀

Iklan

31 comments on “Ketika Cinta (Blogging) Harus Memilih

  1. Hallo Mbak Imelda,

    Wah, tadi pagi aku udah baca juga postingan tentang ini yang di http://www.imelda.coutrier.com 😦 Tapi sorry to say, walau Mbak sedih, aku senang lho ternyata Mbak punya account juga di wp ini 😀 yeyyyy 🙂

    So, please keep writing ya, Mbak…Baik di sini ataupun di imelda.coutrier.com…

    楽しみ待っています, Imeldaさん ^_^

    • hahahaa aku kan punya banyak 😀 Maklum peternakan blogging. Cuma yang di Imelda.coutrier.com itu kan banyak kenangannya, serta jumlah komentar murni dari pembaca, aku tidak reply (jawabanku tidak dihitung). Kalau di sini kan komentarku juga masuk hitungan 😀

      本当にありがとう!心から感謝~~~

  2. Waduhh..kok bisa begitu ya…..
    Sayang ya…terus hosting yang lama kalau nggak diperpanjang apa hilang (pertanyaan oon).

    Mel, tak terasa, saya malah belum satupun menulis bulan ini…padahal bulan Juni 2013 hampir berakhir….yahh waktu bergerak terus, sekarang tiap pagi harus berolah raga jalan cepat, gara-gara hasil pemeriksaan medical general check up awal bulan, hasilnya kolesterolku naik menjadi 245. Jalan satu-satunya…diet makanan dan olah raga…aktivitas lain nomor dua, karena saya tak ingin menurunkan dengan obat.

    • nama domainnya ngga hilang bu, asal bayar setiap tahun hehhehe.

      wah kok bisa naik begitu ya bu? Hati-hati dengan kesehatannya ya bu. Nanti saya main ke Dempo waktu mudik ya 😉

  3. awal2 aku agak shock kak pas masuk ke sini, kok beda yaa..jadii ka imel tetap tulis disini kan ya?? semangattt ka Mel 😀

    • Terima kasih untuk kunjungannya ya.. Iya nih template yang ini yang masih bagus menurutku. Sayang aku tidak bisa pakai template yang sama dengan di imelda.coutrier.com

  4. jadi tahu deh…kenapa alasannya di fb beberapa saat yg lalu…..hehehe
    so…teteup move on lah…keep spirit high….
    mau dibilang downgrade….cuekin aja….sing penting…teteup menulis dan menulis

  5. wah om nh udah sampe 1000 komentar.. mantap… 🙂

    iya mbak.. yang penting nulis aja terus… gak masalah lah nulisnya dimana.. ya gak… 🙂

    • BTW kamu kalau pasang foto langsung di Library atau tempel URL? Aku di TE selalu tempel link foto2nya aku upload di photobucket (premium). Library kan ada batasnya juga ya?

  6. disini kayaya lebih ringan mom… semangaaaaaaaaaaat… ganbatee^^ aku jadi silent reader yaaa… hahahaha

  7. Ping-balik: Twilight Express » Blog Archive » Ketika Cinta (Blogging) Harus Memilih

  8. semangat mbak Imel.
    aku jg punya blog bayangan kok.. terutama untuk back up..
    bisa ngebanyangin sedihnya mbak Imel, apalagi udah lama banget punya blognya.. semoga segera dapet solusi, bs balik ke domain sendiri ya… 🙂

  9. Kalau tidak salah, kita bisa hosting di WordPress. Eka Situmorang kayaknya melakukan hal tersebut deh Nechan. Mungkin itu bisa jadi alternatif.
    Tapi.. seperti yang dikatakan DV, kemanapun Nechan pindah, kita semua bakal mengikuti kok, tenang aja.. 😀

    • dia sdh tidka di wordpress lagi sptnya.
      Masalahnya aku itu baru bayar perpanjangan domain dan hosting. di wp untuk pindahan + hosting musti bayar lagi 99$ setahun. Dan itu akan aku lakukan sbg langkah terakhir kok. Mumpung skr sudah bisa pakai hostingnya kang Yayat, ya biar dulu. Nanti kalau bermasalah juga bisa ke wp gratisan. Yang itu tetap aku update juga.

      Dulu aku tidak mau pindah ke wp gratisan krn ada plugin yang tidak bisa dipasang, kemudian aku TIDAK PERNAH pakai fungsi reply begini, karena aku tidak bisa tahu jumlah komentar asli (tanpa jawabanku) ada berapa. TAPI kuputuskan skr bhw aku akan konsen menulis saja. Masa bodo soal ada yg baca atau ngga, jumlah komentar dan macem2 lainnya. Ya konsekwensinya ngga ada hadiah lagi heheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s