Hari Waktu

Tanggal 10 Juni, di Jepang merupakan hari peringatan untuk WAKTU! Aku baru sadar ketika hari Jumat kemarin Kai membawa hasil karyanya di TK berupa jam buatannya, dan di bagian belakang ditulisi oleh gurunya “Toki no kinenbi  時の記念日” Aduh Jepang memang ada-ada saja.

IMG_0003

Jam karya Kai tahun ini

 

Jadi aku mencari kenapa kok hari ini diperingati sebagai Hari Waktu. “Hari untuk Waktu” ini ditetapkan pada tahun 1920 oleh National Astronomical Observatory of Japan, NAOJ danSeikatsu Kaizen Domeikai yang kalau diterjemahkan menjadi Badan Pembaruan Kehidupan, yang berada di bawah Kementrian Pendidikan. Katanya “Untuk menyebarkan pengetahuan pentingnya waktu, supaya masyarakat menaati waktu, bisa memperbaiki dan merencanakan kehidupannya seperti orang Amerika dan Eropa”.

 

 

Tapi sebetulnya jika menelaah lebih lanjut, pentingnya waktu itu sudah dimulai sejak jamannya Kaisar Tenji tahun 671 yaitu dengan dikeluarkan peraturan pada tanggal 10 Juni (perhitungan kalender sekarang) dan tercatat dalam dokumen Nihon Shoki. “Berdasarkan jam air, beritahukanlah waktu dengan memukul taiko (gendang)”. Jadi sejak itu Jepang sudah melaksanakan kehidupan sesuai waktu yang disebarkan melalui bunyi taiko. Pada tahun 645 juga dimulai penamaan jaman di Jepang (Nenngo) .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s