Hari Konyaku dan LANSIA

Hari ini 29 Mei adalah adalah hari Konyaku 蒟蒻 (5-2-9), atau bahasa latinnya Amorphophallus konjac, yang rasanya kenyal-kenyal dan terkenal sebagai makan berserat tinggi yang berfungsi menurunkan kolesterol. Tapi Jelly Konyaku sudah pernah merengut nyawa 11 orang yang tersedak. Dan yang pasti kaum LANSIA harus berhati-hati waktu makan konyaku dan mochi, salah masuk bisa berakibat fatal.

MINOLTA DIGITAL CAMERA

Hari ini di Indonesia diperingati Hari Lansia yang ke 17. Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Sebagai wujud dari penghargaan terhadap orang lanjut usia, pemerintah membentuk Komnas Lansia (Komisi Nasional Perlindungan Penduduk Lanjut Usia), dan merancang Rencana Aksi Nasional Lanjut Usia di bawah koordinasi kantor Menko Kesra. Komnas Lansia dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 52 tahun 2004 dan bertugas sebagai koordinator usaha peningkatan kesejahteraan sosial orang lanjut usia di Indonesia. Hari Lanjut Usia Nasional dicanangkan secara resmi oleh Presiden Soeharto di Semarang pada 29 Mei 1996 untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang di usia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

(sumber wikipedia Jp dan In)

Iklan

2 comments on “Hari Konyaku dan LANSIA

  1. Waaaahhh.. aku baru tahu blog mbak em yg ini.. telat banget yak >_<

    Dan aku jiga baru tahu ada hari lansia.. hehehe. kalau di kesehatan iu ada program khusus lansia. yg isinya itu seperti senam lansia, cek kesehatan rutin lansia dan pelayanan khusus untuk lansia 🙂

  2. Imel…..aku udah termasuk? masuk golongan lansia yang berbahagia….jalan-jalan terus….tapi juga mesti hati-hati karena gampang masuk angin. Mochi enak lho…..apalagi kue mochi dari Sukabumi dengan berbagai rasa, ada rasa daun pandan, kacang hijau dll.
    Cuma belum tahu nih yang namanya Konyaku…..ada dijual nggak ya di Indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s