Tahun Terakhir

Tadi pagi aku pergi bersama Kai ke TKnya untuk mengikuti acara pembukaan tahun ajaran baru th 2013-2014. Memang di Jepang pendidikan (bahkan kantorpun) memulai tahun ajarannya (tahun fiskal) pada awal April. Biasanya hari-hari permulaan sekolah begini dihiasi dengan rimbunnya bunga sakura yang menyambut murid baru. Tapi murid-murid Tokyo tahun ini harus cukup puas disambut dengan udara yang cerah saja, karena pohon sakuranya sudah lebih banyak daunnya daripada bunganya ๐Ÿ˜€

sakura rontok…. hiks

Kami ke sekolah jam 8:30, karena kami diharapkan berkumpul pukul 8:40 di kelas. Cepat-cepat memuat barang-barang perlengkapan alat tulis dan segala macam pernik-pernik milik Kai dalam keranjang sepeda, lalu aku cepat-cepat mengayuh sepeda. Untung masih dapat tempat parkir sepeda di lapangan parkir TK. Lalu cepat-cepat menuju gerbang masuk, dan baru ingat bahwa kelas Kai berada di lantai dua dan tempat uwabaki (sepatu dalamnya) ada di pintu tengah. Sehingga kami cepat-cepat mengantri di barisan yang mau masuk pintu tengah. Agak terhambat karena setiap anak dan ibu yang masuk lewat pintu yang lebih kecil dari pintu utama itu harus membuka sepatu dan menggantinya dengan uwabaki, dan ibunya dengan sandal. Ngomong-ngomong soal sandal aku lupa membawa sandal, sehingga cepat-cepat pinjam sandal sekolah yang berada di gerbang masuk. Memang disediakan sandal untuk tamu TK, tapi jumlahnya sedikit, sehingga sebenarnya kami harus membawa sandal masing-masing sendiri.

uwabaki paling sederhana dan paling murah. Riku punya di bagian depannya (karet) berwarna biru, dia yang minta…mau modis katanya hahaha. Dasar anak SD. Kalau Kai sih masih polos, pakai apa saja yang dibelikan mamanya ๐Ÿ˜€

Langsung masuk ke kelas YURI (bunga bakung) kelas Riku yang baru, dan bertemu dengan gurunya Haruka Sensei yang cantiiiiik sekali! (Aku mau jadi anak TK lagi kalau gurunya secantik ini hehehe). Aku masukkan kotak peralatan di lokernya Kai, serta mengambil semua surat-surat pengumuman yang sudah ditaruh dalam loker. Selain itu kami harus menaruh topi penyelamat/alas duduk, tas tambahan, buku agenda, buku latihan menulis, gunting dan lem di tempat yang sudah disediakan. Semuanya kemarin sudah aku beri nama, yang ternyata makan waktu seharian ๐Ÿ˜€ repot deh. (Makanya kemarin tidak bisa posting baru…hihihi nyalahin kesibukan mempersiapkan tahun ajaran baru nih)

tumpukan topi penyelamat/alas duduk serta tas dalam kotak besar

Persis jam 9, kami berkumpul di aula dan mendengarkan perkenalan guru-guru serta temu muka dengan pengurus sekolah. Sayang mikenya rusak sehingga acara pembukaan tahun ajaran baru itu tidak bisa lancar. Oh ya pertemuan ini hanya dihadiri oleh kelas nenchuu (tahun kedua TK – usia 4 tahun) dan nencho (tahun ketiga – usia 5 tahun). Sedangkan kelas nensho (tahun pertama TK – usia 3 tahun) akan dimulai setelah kami pulang. Mereka masih baru, jadi ada upacara penerimaan murid baru, yang pasti dipenuhi dengan tangis anak-anak yang baru saja akan lepas dari orang tua. TK tempat Riku dan Kai bersekolah ini memang TKใ€€ๅนผ็จšๅœ’ (youchien) 3 tahun yang menerima anak-anak dari usia 3 sampai menjadi 6 tahun (sebelum SD… SD di Jepang dimulai oleh anak usia 6 tahun terhitung sejak 1 April). Ada pula TK program 2 tahun (hanya untuk usia 4 -6 tahun), tapi selain itu ada pula tempat penitipan, Hoikuenย ไฟ่‚ฒๅœ’(semacam playgroup) yang biasanya menerima peserta dari usia 50 hari sampai 6 tahun).

Gurunya Kai yang cantik memberikan pengarahan/perkenalan kepada murid-muridnya.

Setelah upacara selesai kamu kembali ke kelas, mendengarkan pengumuman dan pulang. Oh ya mulai minggu depan akan ada katei houmon ๅฎถๅบญ่จชๅ• yaitu kunjungan guru ke rumah murid selama 10 menit…. wah aku musti bebenah biar kinclong deh rumahnya ๐Ÿ˜€ (Semoga tidak mengganggu waktu untuk menulis posting hehehe). Dan setelah aku menemui guru Kai untuk memberitahu bahwa hari Jumat Kai akan bolos (akan kutitip kepada ibu mertua selama aku mengajar), kami pun pulang. Sulit memang bagiku yang bekerja di bidang pendidikan juga, karena tahun ajaran dari TK sampai universitas sama semua ๐Ÿ˜ฆ sedangkan mertuaku jauh tinggalnya sehingga tidak bisa mewakiliku. Sampai akhir April jam belajar di TK sampai pukul 11 saja, sehingga ribet untukku yang harus mengatur waktu untuk pergi mengajar juga. Tapi masih untung karena belum perlu membawa bentoย (bekal makanan), jadi aku bisa sedikit lega.

Dalam perjalanan pulang itu aku melihat pasangan bapak-ibu dengan anak-anak krucils usia 3 tahun menuju ke TK…. jadi teringat 2 tahun yang lalu, waktu pertama kali Kai masuk TK (dan 6 tahun lalu waktu Riku masuk TK)…duh waktu terbang begitu saja. Dan tahun ini adalah tahun terakhir Kai berada di TK. Dia penuh semangat untuk bersekolah! Tadi pagi saja dia yang memeriksa lampu dan api dalam apartemen kami apakah masih nyala atau sudah mati, tanpa diminta, baru memakai sepatu. Ah… anakku sudah mulai menjadi anak gede! Dan tentu saja akupun harus tetap bersemangat dan enjoy, menikmati tahun terakhir di TK, sebelum tahun depan dia menjadi anak SD. Semoga…semoga saja Kai bisa mendapat seikinshou ็ฒพๅ‹ค่ณžใ€€(penghargaan kehadiran terus di TK, hanya maksimal tidak masuk 3 hari! hmmmm bisa ngga ya???? hihihi) , karena tentu saja tidak akan bisa mendapat kaikinshou ็š†ๅ‹ค่ณž dengan kehadiran 100% (wong Jumat besok saja sudah akan bolos :D)

Yang penting SEMANGAT! …( termasuk semangat untuk bersihin rumah sebelum dikunjungi gurunya Kai :D)

**********************************************************************************************************

Oh ya, hanya mau mengingatkan bahwa tanggal 1 April kemarin Blog TE ini berulang tahun ke 5 dan aku mengadakan giveaway yang bisa dibaca di sini detilnya. Kalau sempat ikut ya, masih lama sih penutupannya sampai tanggal 22 April … Terima kasih sebelumnya!

Iklan

13 comments on “Tahun Terakhir

  1. …. dan salutnya, sudah sesibuk itupun mbak Imelda masih bisa nengokin blognya hehehe
    cepet banget waktu berlalu ya mbak, tau2 ntar Riku udah SMP aja … tau mantu2 deh hehehe

    gimana mbak, perlu bantuan resik2? Udah handal nih aku resik2 sekarang ๐Ÿ˜€

  2. Seneng lihat poto kelasnya. Seru gitunkayaknya perasaan anak-anak yang udah mau masuk tahun ajaran baru ya Mba Em. Ada orang kantor sampai belain cuti demi untuk mengantar anaknya masuk tk yang pertama kali.
    How time flies. Ga kerasa juga Aaqil udah hampir setahun, kalao bahagia waktu emang tak terasa ya Mba.

  3. Topi penyelamat itu dipakai setiap hari atau hanya di taruh disamping (disiapkan) saja ya Mb ?
    Terus dipakainya nanti (jaga-jaga) kalau ada bencana ya Mb ?

    Untung ada foto ibu guru kai yang cantik itu, klo ga bikin penasaran kan Mb ?
    He3x … ๐Ÿ™‚

  4. ouuccchhh KAI… jgn gede gede dunk.. supaya tetep unyuuu wkwkwkwk (meski gede tetep unyu kok xixxi) btw kaii semangaat yaa skul nyaa… maminya juga semangaaat!! ganbate!!

    mom, keknya typo d… Langsung masuk ke kelas YURI (bunga bakung) kelas Riku yang baru, –> abis cerita kai kok kelas riku yang baru?? apa aku yang salah ya??

  5. Wahh Kai sudah gedeee…..jadi ingat pertama kali ketemu Kai di American Grill jalan Thamrin, masih pakai kursi bayi dan belajar berjalan tegak. Tak terasa waktu cepat sekali berlalu.

    Dan Riku, sudah modis….ingat pertama kali ketemu di American Grill juga tapi di PIM…….saat itu Riku sudah kelihatan dewasa, dan tenang….

    Riku dan Kai sangat berbeda karakternya ya, tapi saling menyayangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s