Picasso

Di TV NHK education ada sebuah acara mini yang memberikan 3 pertanyaan terhadap suatu hal. Tapi yang lucunya jawabannya sudah disediakan dulu. Jadi anak-anak tinggal menjawab kata yang sama untuk ketiga pertanyaan itu. Tadinya kupikir aneh sekali acaraitu. Tapi hari ini aku merasa, yes, ini adalah salah satu cara pintar untuk mengajarkan anak-anak tentang suatu hal, secara tidak langsung. Tidak menggurui! (Aku memang suka benci jika penyampaian sesuatu dengan cara menggurui, meskipun memang benar dia itu guru 😀

Dan kurasa itu cukup berhasil. Bahkan aku pun jadi tertarik untuk menyimaknya. Yang disimak bukan lagi jawaban, tapi justru pertanyaannya yang aneh dan di situlah letak informasinya. Tadi pagi jawabannya adalah “PICASSO”. Dan salah satu pertanyaan yang tetap melekat di kepalaku sampai saat ini adalah nama picasso yang begitu panjang. Meskipun aku tidak hafal, ini menstimulasiku mencari informasi tentang Pablo Picasso dan … tararara… ketemu nama panjangnya Picasso yaitu :

 Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Crispiniano de la Santísima Trinidad,

kesannya remeh tapi setiap info yang masuk di kepala itu sebetulnya berguna… ini keyakinanku.

Cara ini mungkin bisa diadaptasi untuk acara anak-anak. Sediakan jawaban yang harus disebut anak-anak, sementara kita mempersiapkan pertanyaannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s