Karakter – Lambang – Simbol

Selama saya tinggal di Jepang, memang kagum dengan daya kreasi orang Jepang, yang sering membuat lambang/karakter untuk perusahaan  atau event atau kota tertentu. Kadang-kadang dengan hanya melihat lambang itu saja, kita langsung tahu nama perusahaan itu. Misalnya Penguin dipakai sebagai lambangnya SUICA, kartu chips otomatic yang dikeluarkan perusahaan Kereta JR. Kalau kita melihat gambar Tokyo Tower pasti tahu itu simbol dari kota Tokyo, seperti juga gunung Fuji sebagai lambang negara Jepang.

Nah hari ini saya baca tentang lambang Kota Nara. Namanya Sentokun …. Pendeta Buddha yang berbaring dengan tanduk Rusa… Memang sih Nara terkenal dengan Kuil Buddha nya,  yang didalamnya terdapat patung Buddha berbaring. Lalu Nara terkenal dengan Rusa yang ada di sekeliling Kuil, yang sangat nakal, sering makan kertas yang dipegang pengunjung, atau mengejar pengunjung yang mau memberi makan kerupuk. Kalau banyak kuil buddha tentu saja banyak pendeta Buddha…. tapi rasanya kok tidak ethis ya menggambarkan pendeta Buddha bertanduk. Apa pendeta Buddha di Nara tidak protes dengan karakter yang diciptakan itu ya? Kesan saya dan mungkin sebagian orang, manusia/wujud manusia bertanduk biasanya kan setan ya… yang buruk-buruk deh. Yah…ini hanya sekedar menuliskan rasa aneh melihat gambar karakter itu di layar komputer saya. Bagaimana ya?

Photobucket Photobucket

 

sokaradio1009
sokaradio1009 wrote on Apr 19, ’08
Banyak yang pro-kontra ngenai maskot ini ya… banyak yang bilang “ngga lucu”…. dengernya persatuan designer di Prefektur Nara sudah mulai memboikot….ribet banged!

munama
munama wrote on Apr 19, ’08
kl headshot yg mbak pake artinya apa mbak?

emimyst
emimyst wrote on Apr 19, ’08
hahahahah… kenalkan nama saya IKKYU…san seorang pendeta Buddha cilik yang cerdik, bisa menyelesaikan masalah-masalah pelik. Pernah beredar video betamaxnya sekitar th 80-an di jakarta.
suki suki suki ikkyu san

wennda
wennda wrote on Apr 19, ’08
iiiiiikkkyyyuuuu san!!! atama ii neeeee….

wennda
wennda wrote on Apr 19, ’08
emi chan…
kalu aku ya…
s/d saat ini terus2an mengagumi fantasy dan daya imajinasinya si kreator pokemon…
coba aja liat dari koleksi boneka pokemon,
koleksi boneka pokemon anakku Musashi yg di 3 nensei ya Allah udah banyaaaakkk banget,
dan model serta bentuk tubuh secara keseluruhan pokemon itu satu persatu ga ada yg sama,
dan terus berkembang ampe sekarang…
pusing aku liatnya…

emimyst
emimyst wrote on Apr 22, ’08
aku tadinya ngga suka sama pokemon. Ngga ngerti. Lama-lama pengaruh film Riku suka sama anpanman, lalu pokemon. Aku baru aja bisa hafal keluarga besar anpanman. Kalo suruh hafal pokemon, yang asli sama yang sesudah berubah aja beda duhhh. Itu mah pinter-pinternya perusahaan bonekanya suruh ortu beliin mainannya.

So…saa ureshii na ikiru yorokobi…:d/ (lagunya anpanman) Tapi kayaknya anpanman ngga dikenal di luar negeri ya.

mycita
mycita wrote on Apr 19, ’08
Hahahahaha……
lucu juga karakter-nya….
iya ya….. coba klo di Indonesia ada gambar karakter Pak Haji pake’ tanduk…. ????
pasti langsung ada demo dimana-mana… hihihihi

Webfetti.com

ibliskecil
ibliskecil wrote on Apr 19, ’08
Em kalo menurut gue sih lucu tuh gambarnya. Ngga mirip setan koq… manis rupanya koq:D

pmanurung
pmanurung wrote on Apr 19, ’08
wow KEREN 🙂 gue sih suka, jenaka sekali.

dhianhery
dhianhery wrote on Apr 21, ’08
Nara….indah banget ya Mba katanya….
lucu banget symbolnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s