Usia Harapan Hidup orang Jepang tertinggi dalam sejarah

[Pindahan Multiply]

Usia harapan hidup orang Jepang bagi pria 78,56 tahun sedangkan wanita 85,52 tahun, tertinggi dalam sejarah. Demikian diumumkan Kementrian Kesehatan dan Perburuhan Jepang tanggal 1 Maret lalu berdasarkan survey tahun 2005. Mengenai perbandingan lapisan demografi, penduduk berusia 0 – 14 tahun 19% untk pria dan 17,5 % untuk wanita, sedangkan lapisan berusia diatas 65 tahun 19,8% pria dan 25,2 % wanita.
Kalau mengingat lansia, aku selalu teringat seorang nenek yang selalu aku temui sedang berjalan ke arah stasiun, mungkin untuk belanja. rutin setiap hari pada waktu yang kurang lebih sama yaitu sekitar jam 10-11. Sambil mendorong tas beroda yang juga berfungsi sebagai tongkat. Orang setua ini mungkin kalau di Indonesia sudah disuruh tinggal di rumah oleh anak cucunya. Tapi memang orang tua di Jepang masih bersemangat untuk keluar rumah.

Semakin banyak Lansia di jepang membuat masalah sosial yang tidak sedikit. Tanggungan ekonomi lapisan pekerja bertambah karena harus “menghidupi” kaum lansia ini. Dan itu dibayarkan melalui pajak dan asuransi. Sekarang saja pajak konsumsi sudah 5%, dan mungkin dalam waktu dekat akan menjadi 10%. Bagaimana bisa menabung atau menikmati hidup? Atau bahkan bagaimana bisa mempunyai anak, karena beban tanggungan keluarga akan menjadi lebih besar. Mana ada tunjangan anak? bullshit. Pendidikan hanya dijamin sampai SMP. Dan setelah itu? Orang tua harus rajin-rajin menabung supaya bisa menyekolahkan anaknya ke SMU dan Universitas. Untuk mendapatkan tambahan penghasilan pekerja harus lembur. Karena kebanyakan lembur, badan capek, pulang ke rumah hanya untuk tidur, dan paginya pergi kembali ke kantor. Dan ini menimbulkan lagi masalah. yaitu sexless. Pasangan Jepang sekarang banyak yang tidak melakukan sex dan tanpa sex tentu saja tidak ada angka kelahiran. Menurut survey baru-baru ini, pasangan nikah berusia belasan – 40 an tahun yang tidak melakukan sex dalam jangka waktu sebulan lebih ada sekitar 34,6% dan angka ini bertambah jika dibandingkan survey yang diadakan 2 tahun sebelumnya.

Kalau berbicara dengan orang Indonesia, banyak yang mengatakan “aku biarpun capek, kalau mau ML ya ML aja”. Duhh masalahnya bukan capek seperti orang Indonesia aja sih. Orang Jepang memang terkenal sebagai workaholic. Dan memang kalau menurut saya pasti ada juga masalah dengan rasa cinta di antara pasangan itu. Mungkin kadar kecintaan mereka hilang oleh stress dan rutinitas. Entahlah….

14-03-2007

 

Komentar:

 

lucysteven
lucysteven wrote on Mar 14, ’07
Wah…gak asyik dong kl umur panjang tapi gak hepi.
Gak seimbang rasanya…
Eh TFS 🙂

emimyst
emimyst wrote on Mar 15, ’07
bener lucy… memang bahagia itu tergantung banyak faktor ya, bukan hanya ekonomi. Menurut penelitian seorang ahli di Inggris mengenai kadar kebahagiaan, Jepang hanya menempati nomor 90 dari 178 negara. Dan dari hasil survey sebuah majalah Asia, terhadap pertanyaan “Apakah Anda bahagia?”, orang Filipina atau Indonesia 90% lebih menjawab “Ya”, sedangkan jepang hanya 60% yang menjawab ya.

kawaichouchou
kawaichouchou wrote on Mar 15, ’07
wah..kl kita2 yg dijepang ini gimana ngejawabnya dung yah mbak,,heheehehe..
ehemm..:D

emimyst
emimyst wrote on Mar 15, ’07
aku sih bahagia aja biar ngga ada duit …hehehhe. how about you? Karena pada dasarnya kan kita org Indonesia juga ..bahagia dimanapun kita berada. taelah….

kawaichouchou
kawaichouchou wrote on Mar 15, ’07
emimyst said

aku sih bahagia aja biar ngga ada duit …hehehhe. how about you? Karena pada dasarnya kan kita org Indonesia juga ..bahagia dimanapun kita berada. taelah…. 

hehehe..ishou..siawase dawa..:D..gw ketawa baca tulisann mbak yg alinia terakhir thu..hemm ML,,,hehehe

pmanurung
pmanurung wrote on Nov 14, ’07
Buset 35%.

pmanurung
pmanurung wrote on Nov 14, ’07
Unik ya.

Panjang umurnya orang Jepang ini, tapi banyak yang bunuh diri dan gak happy.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s