Enam belas

Kalau kakak Riku waktu masih kecil sering mengucapkan juuhachi (delapan belas) untuk pengungkapan banyak atau susah, atau apa saja yang membutuhkan angka, maka Kai memilih angkat enam belas. Aneh ya? Si 18 a.k.a Riku waktu usia 5 tahun (2008)

Aku heraaaaaan banget deh, Riku suka sekali dengan angka 18.

“mama, si ryo punya lebah 18 ekor loh”

“mama, si hiro giginya ada 18 yang copot…”

“mama, besok beliin coklat ya…18 biji….” dst dst

heraaaaaaaaaan banget deh, lalu tadi aku tanya sama dia,

“Riku kenapa sih kamu suka banget sama juuhachi (18)?”

“Hmmm kenapa ya…ngga tau kenapa tapi sepertinya angka itu menarik. ada dua angka kan ju (10) hachi (8). Kata papa itu angka beruntung.”

“Mama suka angka 8 dari dulu, tapi delapan bukan delapan belas…. Kalau orang Cina/Jepang suka angka 8 karena kanjinya bagus”

Sedangkan si Kai yang suka 16 (juuroku) sering mengatakan juuroku metoru (16 meter ) atau punya teman 16 orang (tapi kalau ditanya siapa saja, dia tidak bisa menjawab :D). Tapi yang lucu kemarin waktu kami makan malam bersama di hotel Akazawa Hotspring. Kami memesan satu botol nihonshu  日本酒 (sake jepang) dengan tiga choko お猪口 (gelas kecil), lalu tiba-tiba Kai berkata:

“Aku juga bisa minum sake nanti kalo udah besar. Tunggu 16 tahun lagi”

Aku sampai bengong, kok dia bisa hitung….. tapi

“Ngga dong Kai, sekarang eh besok kan kamu umur 5 tahun, jadi 15 tahun lagi. Kalau kakak Riku 11 tahun lagi”

(Ibunya Gen) “11 tahun? waaah sebentar lagi tuh. Kalau aku masih hidup (sekarang 69 th) kita bisa minum bersama ya”

“Ngga nanti 16 tahun lagi aku bisa minum sake….” Kai masih ngotot… dan aku biarkan.

Aku pernah tanya kenapa sih dia suka angka 16, dan tidak seperti kakaknya, dia tidak memberikan jawaban yang jelas. Tapi kupikir mungkin saja karena dia tahu dan ingat bahwa ulang tahunnya tanggal 16 Juli.

Ya, kemarin 16 Juli 2012 tepatnya pukul 10:00 pagi, my baby, (still) my koala Kai Miyashita  menjadi usia 5 tahun. Waktu Riku usia 5 tahun, dia diajak traveling ke Okinawa sendirian (tanpa mama papanya) hanya dengan kakek neneknya sebagai hadiah ultahnya. Tapi karena sekarang neneknya sudah semakin tua dan merasa kewalahan mengurus Kai jika pergi sendiri, maka dia mau merayakan ultah Kai dengan mengundang kami sekeluarga menginap satu malam di Pemandian Hotspring yang dekat, yaitu di daerah Izu, kira-kira jaraknya 160 km dari Tokyo (kalau bermobil lancar 2 jam-an). Cerita tentang hotspringnya nanti menyusul ya, tapi yang pasti tanggal 15 malam kami makan malam mewah dengan kaiseki ryori(masakan disajikan berurutan, mulai dari appetizer, makanan mentah, direbus, disteam, digoreng dsb dsb) untuk dewasa, dan anak-anak mendapat menu sendiri. Karena sudah capai Kai sempat tertidur menunggu kami selesai makan, tapi waktu kami bangunkan untuk meniup lilin , dia langsung melek dan gembira karena dia pikir baru esok harinya akan mendapat kue ulang tahun.

Satu-satunya foto bersama yang diambil staf hotel. Untung bagus heheheh

Kami memang minta pihak hotel menyediakan kue ultah. Tapi karena kami semua sudah kenyang sekali, kami tidak bisa makan di situ, dan mau membawanya ke kamar (pikir kami kan tinggal masukkan ke kotaknya lagi). Eh ternyata pihak hotel memikirkan bagaimana cara kami makan di kamar, sehingga mereka memaksa untuk mengantarkan ke kamar berikut piring kecil dan teh panas! Benar-benar hebat pelayanan staf hotel di situ.

Kue dan teh yang diantar ke kamar oleh staf hotel.  Perhatikan di termos ada tulisan peringatan “hati-hati panas”.

Tapi untuk Kai yang paling menyenangkan waktu dia menerima hadiah dari kami yaitu Nintendo DS 3D. Sebetulnya aku tidak mau membelikan untuk Kai, tapi…. Riku yang memohon supaya Kai dibelikan. Tentu saja karena selama ini jika Kai mau bermain DS, dia meminjam DS nya Riku, sehingga seriiiiinng sekali bertengkar. Riku sendiri sering sekali sabar menghadapi Kai dan meminjamkan, tapi Kainya yang sering cerewet dan mengganggu Riku belajar dengan tanya ini itu dsb. Jadi deh mereka berdua berkelahi “online” dengan DS mereka. Kai yang tadinya sudah tidur, jadi melek dan bersemangat deh 😀 Hari ini aku menetapkan jadwal bermain DS, sesudah bermain, kedua DS harus dikumpulkan ke aku, dan akan aku berikan jika kupikir mereka bisa bermain dan dibatasi maximum 30 menit. Ancamannya, “Kalau tidak taat aturan, DS akan mama hancurkan!” rasain…. mama galak kan? (Tapi Riku bilang, “Mama baik, kalau mama orang Jepang jauh lebih galak hehehe”)

 

Speaking the truth, Ibunya Gen khawatir kalau dengan bermain game begitu, otaknya terganggu. Karena dia mendengar soal penyakit otak “Game Brain Damage” yang akan mengarahkan penderitanya ke alzheimer. Tapi waktu aku cek di google, memang banyak pro kontra tentang penyakit baru itu. Masih banyak yang perlu dibuktikan, bahkan ditentang oleh para ilmuwan sendiri. Yang pasti disitu diberi data bahwa jika seorang anak usia balita s/d mahasiswa, bermain game 4 kali seminggu selama 2 sampai 7 jam, akan menderita penyakit itu. Tanda-tandanya, anak itu tidak mau ke sekolah bla bla bla…. 

Aku kemudian mengirim email kepada ibunya bahwa Riku sendiri punya jadwal padat setiap harinya. Dia pulang sekolah pukul 3-4 sore, langsung kumon atau bermain di luar dengan temannya sampai 5:30. Lalu pukul 6:30 dia ada acara TV yang pasti ditonton selama 30 menit- 1jam.  Lalu Riku akan tidur pukul 8:30/9 malam dan bangun pukul 6 pagi. Ke sekolah pukul 7:50 setelah menonton TV pendidikan. Jadi, waktu untuk bermain game pun sebetulnya amat sangat terbatas di hari biasa. Hari minggu pun dia harus ke gereja dan sekolah minggu sampai jam 12. Sesudah itu jam 5 sore mulai menonton acara “permainan kata” Rakugo, Chibi Maruko, dan Sazae san. Lalu kami makan malam dan tidur. Padat kan? Begitulah aku menjelaskan pada ibu mertuaku. Kasihan kalau waktu untuk bermain yang dia suka pun tidak kami berikan kan? Semakin lanjut pendidikannya waktu bermain juga otomatis akan berkurang banyak sekali …. 

Iklan

28 comments on “Enam belas

  1. sekali lagi met ultah wat prince Kai..
    #16 tahun lagi Kai boleh pacaran..^^

    kayaknya ada kecendrungan utk menyukai angka yg merupakan bagian tgl ulang tahun kita.
    soale aku begitu.. aku suka bulan juni.. suka angka 6 dan juga 9

  2. Ibunya suaminya Mbak Imelda, 69 tahun tapi masih keliatan seger gitu deh mbak…
    Happy birthday ya Kai!
    Aku suka angka 18 kayak Riku… soalnya watashi wa juuhassai desu. *plak*
    Hihihihi…

  3. juuhachi ..

    Ahaaaaa … Thats Me …
    My Fave Numbah …

    heheheh

    eniwei .. again … Selamat Ulang Tahun Kai
    Semoga sehat dan berbahagia selalu

  4. happy birthday kai!!!
    semoga selalu sehat, panjang umur, tambah pinter, tambah cakep!!! 🙂

    dulu andrew pas kecil kalo ngomong sesuatu yang banyak bilangnya two hundred a million mbak. huahaha. aneh banget ya. udah two hundreds, pake a million lagi. apa coba maksudnya. hahaha.

    wah iya hotelnya perhatian banget ya mbak, sampe dibawain piring, cangkir segala.. hebat!

    tentang game, iya asal dibatasi waktunya mestinya gpp ya. yang gak bagus kalo 24 jam main game terus sampe gak mau belajar atau melakukan aktifitas lain…

  5. Dulu waktu SD malah aku jaraaaang banget maen game, Kak. Playstation aja yang main malah sepupu, akunya mah sibuk les ini les itu, hehe.

    Once again, otanjoubi omedetou, Kai-kun ^^
    16 tahun lagi rayain sweet21 😀

  6. Haha. Mungkin sama dengan anak-anak bilang ratusan kali yak. 😀

    Selamat 5 tahun, Kai!

    Kalau menurut saya sih, asal kegiatan di luar (bermain lari-larian, olahraga, dsb) seimbang, tidak terus saja main video game, gak masalah.

  7. Kaaaai, happy (belated) birthday ya, telat 2 hari nih gomen hihihi.
    Salaman dulu ah sama Riku, suka nonton si Chibi Maruko, sayang sekarang di sini udah ga ditayangkan lg 😦

  8. Dear Kai.. Selamat ulangtahun ya Nak..
    Sehat, pintar dan bahagia selalu bersama orang-orang terkasih, kami doakan.. 🙂

    Soal games, aku juga pernah dengar soal itu. Tapi, alasanku membolehkan anak-anak bermain games hampir sama dengan nechan, yakni memberikan refreshing buat mereka yang sudah padat sekali kegiatannya di sekolah. Dan itupun kami bolehkan hanya pada hari-hari libur saja.

    Semoga saja ikhtiar kita ini benar dan tidak berakibat buruk ya nechan.
    Namun, sejauh ini, aku justru melihat banyak manfaat yang diperoleh anak-anak dari games tersebut. Salah satunya adalah kemampuan bahasa inggrisnya yang lumayan bagus, sebab rata-rata games itu berbahasa inggris, dan tentunya perbendaharaan kata mereka menjadi semakin bertambah.

  9. Kai ulang tahun? Aduh tante ni kemana aja sih … gak tau2an 😀
    parah deh yaaa

    Met ulang tahun ya Kai
    tetep tempelin mama ya selagi bisa, ntar klo udah bujangan kan malu juga nempelin emak lama2 hehehe

    kayaknya ngikut Riku deh untuk angka cantik, 18 saja yang di tambahkan jadi 9, angka bagus juga kata orang Cina 🙂

  10. happy b’day buat kai 🙂 sehat slalu yaa 😀
    aku juga suka banget sama 8 selain itu bulan lahir aku angka delapan itu angka terbaik di sekolah juga xiixixi 😀

  11. Tak terasa Kai sudah 5 tahun…

    Selamat Ulang Tahun Kai….
    Semoga menjadi anak pintar, sehat, rukun dengan kaka Riku….

    Btw..tumben Imelda rambutnya panjang….hehehe…LOI

  12. Happy belated birthday buat Kai.
    Semoga sehat selalu, panjang umur dan banyak rejeki 😀

    16 tahun lagi Kai sudah punya banyak penggemar sepertinya ya? Hehehe..

    Jadi penasaran soal penyakit itu. Tapi dengan Mba Em sebagai Mama kayaknya bakalan terjaga kok Kai dan Riku. Membaca ceritanya sih. Hehehe.

  13. Pokoknya juuroku (16) ya Kai ….
    Meskipun sudah terlambat, Om tetap mengucapkan selamat ulang tahun buat Kai sayang.

    Saya jadi ingat luburan dengan anak-anak minggu yang lalu di lembang (bandung) makanannya benar-benar tradisional seperti surabi, mie tek-tek, sop ikan gurami, goreng singkong dan kalau malam minumannya jahe, wedang ronde, bajigur atau bandrek.
    Asyik deh Mb….

  14. Selamat ulang tahun, Kai, semoga makin pintar dan sehat selalu yaaa…..

    Wah, klo gitu Gantengku lebih gawat, BuEm. Bisa tahan lama kalau main game komputer, tapi gak selalu main sih. Kadang ngoprek macam-macam, aku aja kalah pinter 😀

  15. aku suka angka delapan.. soalnya bulan lahir aku delapan kali yak 😛

    tapi menurut aku angka.delapan itu paling wajar aja gt buat aku.. hehehehe..

    dan walopun telat banget.. selamat ulangtahun yak buat kai 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s