Kebiasaan Baru di Musim Panas

Musim panas telah tiba, meskipun pihak Japan Meteorological Agency 気象庁 belum menyatakan musim hujan atau tsuyu 梅雨 di Tokyo sudah lewat. Hari-hari panas dan lembab sudah mulai menghadang kegiatan. Terkadang cuaca berawan tapi lembab sekali sehingga terasa jauh lebih panas dari suhu maksimum hari itu. Terus terang saja, sudah tidak bisa konsentrasi untuk mengajar dan belajar. Untunglah kuliah bahasa Indonesia untuk dua universitas tempatku mengajar sudah selesai minggu lalu dan tinggal menguji minggu depan.

Di musim panas Tokyo yang memang tidak ngenakin, tahun ini aku mau santai, ngga mau ngoyo masak. Bayangkan masuk dapur, belum nyalain api saja sudah keringetan. Bela-belain masak, kalau lupa masukin lemari es setelah 2 jam aja jangan harap bisa dimakan lagi… busuk tuh makanan. Jadinya malas juga makan yang berat-berat, sehingga paling makan soba atau soumen (mi dingin) kalau di rumah. Makan tahu sutra mentah yang dingin juga enak! (apalagi kalau ada bir dingin + edamame ya hehehe). Sedangkan di kampus aku cukup makan roti saja. Jadi aku biasanya kalau mengajar, pulangnya sekalian belanja masakan jadi, tinggal masak nasi.

Nah di musim panas ini aku juga mempunyai kebiasaan baru, yang tidak kulakukan tahun-tahun sebelumnya. Pertama kebiasaan membawa thermos berisi air dingin. Karena aku sempat beberapa hari sakit kepala, kupikir mungkin aku kurang minum air, selain juga tidak tahan AC (kalau udah uzur biasa nih cepet masuk angin karena AC hahaha). Thermos (500ml) ini agak mahal sekitar 2000 yen (200 ribu) sehingga aku mikir juga waktu beli. Aku beli 3 buah, untuk aku, Gen dan Riku. Kai biasanya ikut aku, dan sekarang setiap hari aku membuat kopi panas pahit untuk Gen sehingga bisa menghemat uang membeli kopi kaleng. Lalu setiap pagi aku mengisi thermosku dan Riku dengan es batu dan air dingin, sehingga kami tidak usah membuka lemari es untuk mengambil air minum. Bisa hemat listrik selain itu airnya dingin terus kan.

thermosku berwarna merah, sedangkan Riku biru, dan Gen coklat…cocok dengan isinya yang pasti kopi.

Satu lagi kebiasaan baruku adalah mencuci tangan. Setiap tiba di kampus, mampir ke wc, cuci tangan. Demikian pula waktu istirahat dan pulang. Kok jadi rajin? Ya karena airnya dingin….lumayan menyegarkan loh kalau cuci tangan sering-sering. Sayang aku bermake up jadi tidak bisa mencuci muka sering-sering, kalau di rumah sih enaknya tinggal shower saja 😀 Selain menyegarkan cuci tangan itu juga mencegah ketularan penyakit perut. Biasanya di musim panas begini sering mewabah penyakit perut di Tokyo, yang disebabkan bakteri e coli O157.

Kadang-kadang kupikir, untuk membuat hidup lebih berwarna lagi kita juga mesti membuat kebiasaan-kebiasaan baru sehingga hidup tidak membosankan bukan? Lebih bagus lagi kalau menjalankan hobi baru yang berguna.

Apa kebiasaan atau hobi barumu kawan?

 

NB: oh ya jumlah komentar sudah mencapai angka cantik lagi 23456 nih, dan diraih oleh Ni Camperenique. Selamat ya Ni… nanti aku bawain hadiah khusus deh hehehe

Iklan

29 comments on “Kebiasaan Baru di Musim Panas

  1. Kebiasaan baru sih gak ada, nechan.. Tapi, kalau kegiatan baru ada, yaitu jadi trainer e-marketing, haha.. 😀 Gara-gara kegiatan baru ini, volume pkerjaan semakin meningkat dan meninggalkan rumah semakin sering.. Ampun deh… 🙂

    Wah.. Nique dapat angka cantik lagi nih..
    Selamat ya Nique… 🙂

    asyik jadi trainer …yg penting banyak pemasukan juga ya
    EM

    • iya Da, ada hikmahnya bermalas2, sekalinya rajin bisa mborong komen banyak2 sampai tau2 dapet angka cakep hehehe

      hahahaha emang kamu udah perhitungan kan? ayooo ngaku aja hihihi
      EM

  2. waaa trmos nya bagus ya mbak !! saya juga punya mbak termos buat air panas bentuknya juga kaya di gambar itu harga nya sih murah hehehe 🙂 tapi lebih simle yaa klo punya termos segede gni ,,..
    termos ini biasa aku bawa klo aku lagi liburan .. ukuran nya pun pas di tas dan ga berat juga bawa nya !

    iya thermos ini mahal dan bener deh tahan lama. es batunya bisa tahan lebih dari 12 jam
    justru kalau panasnya ngga begitu tahan
    EM

  3. Di Malang malah lagi musim dingin yang kering.Banyak yang terkena radang dan bener lho mbak..di daerahku lagi mewabah muntaber yang konon katanya disebabkan e.coli.

    Kebiasaan baru kami karena udara dingin jadi beli kopi instant yang banyak..kalo malam suka minum kopi.sayang aku ga boleh jadi lebih suka teh susu…

    kalau musim dingin di sini bukan bakteri e.coli tapi virus, namanya noro virus yg menyerang perut juga dan cukup lama sembuhnya. spt flu perut
    EM

  4. Hobi baru… apa ya?
    Oh ya… hobi baruku tuh main Nit**do Wii heheheh
    kayak anak kecil yach.. 😦
    Tp biarlah.. yg penting bisa gerak, sambil olah raga hehehe

    salam saya,

    waaaah kalau wii emang bagus, sayangnya aku tidak bisa (mau) pasang karena kami apt lantai 4, kalau terlalu pakai kaki dihentak-hentakkan bisa dilaporin polisi sama yang tinggal di bawah kita 😀
    EM

  5. Ketika kemringet, salah satu solusi paling gampang adalah cuci tangan…
    Cuci tangan bisa dikatakan mandi mini
    Nggak tau mengapa, tapi kalau sudah cuci tangan berasa dapat kesegaran.
    Memang tak sesegar mandi, tapi itu sudah cukup mewakili.

    jadi pak eM setuju ya kalau cuci tangan itu menyegarkan hehehe
    EM

  6. Kebiasaan baruku….mulai usaha baru, seperti yang saya ceritakan pada Imel…
    Waduhh, namanya hal baru…cuapek, tapi seneng…blognya jadi kacau balau deh, tiap hari keluar terus, pulang malam…dan belum menghasilkan ..:P
    Kalau sempat nulis, nggak sempat bw…hehehe…

    bagus bu usaha baru itu kan memberikan semangat baru lagi, apalagi kalau bisa bawa uang baru masuk dompet hehehe
    EM

  7. di sini cuma punya 1 termos begitu mbak, warnanya coklat, dan emang suami doang yang pake, diisi kopi buat dia. tapi dia bikin sendiri sih hehehehe
    buatku? cukup galon saja 😀 air biasa, tidak dingin tidak panas.
    emang niy cuaca panas gini maunya minum yg dingin2 hehehe

    cuci tangan? sekalian cuci muka, gampang sih klo aku, gak make up an soale hehehe

  8. Suhunya bisa mencapai berapa derajat, Bu?. Gak bisa ngebayangin kalau tinggal di daerah yang memiliki musim panas. Musin kemarau di Jawa saja sudah bikin gerah.
    Oh ya, selamat buat Mbak Niq!

  9. Yang namanya musim panas, pastinya panas.
    Dan kalau panas, pastinya keberadaan selimut nggak diperlukan
    Dari 2 premis tersebut bisa diturunkan konklusi: Jika musim panas tak akan ada musuh, apalagi “musuh dalam selimut”

  10. kayaknya masalah minum air dingin atau gak itu masalah kebiasaan juga ya mbak.
    dulu saya pas kecil, selalu harus minum air dingin. gak bisa kalo gak dingin.
    tapi trus entah gimana saya lupa, saya trus berubah jadi sukanya minum air biasa. dan itu keterusan sampe sekarang. bisa sih minum air dingin, tapi tetep prefer air biasa aja. 😀

  11. Kebiasaan baru? Barangkali sekarang-sekarang ini saya lebih sering melakukan perenungan, Bu. Salah satu perenungan saya adalah bahwa menjelang Ramadan ini, betapa uang semakin berkurang dan akan banyak berkurang. 😀

  12. Kebiasaan baruku sekarang:
    ❶. sampai di tempat kerja berdoa untuk kesuksesan kerja hari itu, lalu idupin pc dengerin lagu instrumental Kenny G : Forever in love dan Song bird,
    ❷. minum air putih satu gelas (± 250 ml) sebelum memulai aktifitas, karena perjalanan 18 km ke tempat kerja menggunakan sepeda motor ditengah musim panas Jakarta bikin tenggorokan kering.

  13. He3 saya dan anak-anak juga baru dibeliin termos oleh istri. Untuk saya yang warna coklat, utk kevin yg warna biru, utk thalita yang warna pink. Kalau harga kayaknya hampir sama mb, krn dr jepang juga…. 🙂

  14. kebiasaan baruku menyangkut cuaca gak ada. mbak Em
    krn bukik masih begini saja, hehhe..

    aku pernah baca bhw tantangan cuaca yang berubah drastis itulah salah satunya yg bikin penduduk yg negerinya 4 musim menjadi lebih inovatif..

    #coba klo bukik ada 4 musim aku jadi bisa berganti gaya fashion juga, mengikuti musim 😛

  15. Seger ya cuci tangan Imelda san?

    Bener banget, hobi baru bisa bikin hidup lebih berwarna. Karena sering BW akhir-akhir ini, jadi punya banyak cerita untuk dibaca dan ada beberapa temen baru, meskipun baru lewat blog dan dunia maya. 😀

  16. wah, termosnya cantiik! merah! 😀 😀

    aku suka pakai termos juga, tapi biasanya kupakai untuk air panas. karena belakangan kan suka batuk, paling enak kalau minum air hangat.

    kebiasaan baruku apa ya? rasanya nggak ada yang baru deh. aku masih seperti yang duluuuu… *malah nyanyi…*

  17. Kalau aku suka mencuci tangan karena rasanya tanganku kesat banget. Padahal sebenarnya sih karena terlalu dingin sehingga tanganku kering. Setelah cuci tangan baru deh dipakaikan lotion….

    Wah termos. Termos adalah sesuatu yang harus aku rem belinya karena seriiiing banget beli termos ini itu padahal akhirnya yang dipakai hanya satu dua saja.

  18. Thermos merah marun cantiik mbak, perubahan karakter musim panasnya kian terasa ya. Kebiasaan cuci tangan bermanfaat ganda nih menyegarkan dan menyehatkan.

  19. kebiasaan baru di musim panas ? menambah jam bersepeda mbak kalau bisa 3 – 4 kali sehari walau skrg hujan melulu di kampungku

  20. Termosku juga merah, BuEm, tapi ada gambarnya minnie mouse hehehehe….. Termos bekas punya Cantik yang sudah ganti termos yang lebih besar. Kedua malaikatku juga selelu aku bekalin air dingin di termos. You know lah BuEM, di Bekasi mana pernah dingin 😀

    Dan termos merah yang sudah penyok tutupnya menjadi milikku, setia kubawa ke kantor 😀

  21. wew.. kenapa aku gak kepikiran termoa itu utk air dingin yak? selama ini mikir buat air panas terus.. hehehehe…

    kebiasaan baru sekarang sore sore nyetel radio aja mbak em.. biasa nungguin adzan magrib buat buka puasa.. hihihi.. gak ngebayangin deh puasa di jepang.. pasti capek banget..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s