Tomat dan Stroberi

Akhir-akhir ini aku sering membeli stroberi, karena kebetulan toko sayur – yaoya 八百屋 tempat aku biasa membeli sayuran menjual stroberi dengan harga murah. Tahun-tahun lalu aku “pelit” sekali dalam soal membeli buah-buahan karena mahal, tapi tahun ini aku cukup royal. Satu kotak plastik bisa berisi sekitar 24 biji stroberi berukuran sedang seharga 200-250 yen (20rb-25rb rupiah). Dan kemarin toko sayur itu mengatakan bahwa setelah GW tidak akan menjual stroberi lagi karena musimnya sudah selesai.

 

Untuk tomat, terus terang aku juga jarang membeli. Apa sebab? Aku kurang suka tomat Jepang. TIDAK MANIS! Perasaan dulu waktu di Indonesia, aku sering makan tomat dan manis rasanya. Oleh ibuku sering dibuat sebagai “snack” tomat yang dipotong dadu lalu diberi gula pasir. Jadi buatku tomat adalah buah 😀 karena manis. Sedangkan tomat Jepang tidak ada rasanya. Biasanya dimakan untuk salad, setelah didinginkan di lemari es. Sedangkan kalau aku akhir-akhir ini sering membuat appetizer tomat dengan mozzarella chesse dan bumbunya lada, garam dan olive oil (Kalau suka basil bisa diberi basil, tapi aku ngga suka sih :D).

 

Kok aku menulis Tomat dan Stroberi untuk judul? Sebetulnya aku ingin bertanya menurut teman-teman Tomat dan Stroberi itu termasuk kategori “sayur 野菜” atau “buah 果物” ?

Setelah makan malam beberapa hari yang lalu, aku mengeluarkan dessert stroberi, hanya dicuci begitu saja. Biasanya Riku dan Kai akan “mencolek” stroberi itu pada susu kental manis (kalau ada) atau gula pasir. Sedangkan papa Gen selalu makan begitu saja. Nah saat itu, tiba-tiba Kai bertanya padaku,
“Mama, mama tahu stroberi itu apa? sayur atau buah?”
“eh? Buah kan?”
“BUKAN! Stroberi itu sayur loh!”
“Masa sih? Kok bisa?”
“Iya, kan nih liat masih ada rantingnya”

Lalu Riku menimpali, “Iya betul. Stroberi sama dengan tomat dan semangka, juga waluh termasuk sayur loh. Cuma karena manis aja maka ditaruh di tempat buah.”

Nah loh… aku langsung googling dengan bahasa Jepang イチゴは野菜?くだもの? dan ternyata memang (menurut orang Jepang) stroberi itu termasuk sayur. Karena pohonnya tidak tinggi (alasannya kurang jelas sih dan memang masih merupakan polemik). Jadi memang di Jepang Stroberi dan Tomat itu termasuk kategori “sayur”.

Tapi jika cari dengan bahasa Inggris akan bertemu jawaban lagi yaitu stroberi itu bukan termasuk buah, karena dia adalah pseudofruit (bijinya di luar). Polemik “sayur” atau “buah” itu muncul karena ada perbedaan pendapat antara “kuliner” dan “botanis”, atau antara yang membuat tumbuhan itu dan pemakai tumbuhan itu. Persepsinya berbeda.

Apapun kategorinya, stroberi itu memang enak yah hehehe.

Stroberi yang kami petik di kebun stroberi setahun yang lalu

Kembali lagi ke Kai dan Riku yang memberitahukan aku bahwa Stroberi adalah sayuran. Setelah aku googling, lalu aku berkata pada Kai dan Riku….
“Eh bener loh ternyata stroberi itu sayur! Terima kasih ya sudah kasih tahu mama. Mulai sekarang bukan hanya mama yang ‘mengajar’ Kai dan Riku tapi sebaliknya mulai sekarang kalian juga “mengajar” mama yah

Dan, persis sehari setelah itu aku menemukan dua buah pepatah  bahasa Jepang yang diperkenalkan dalam acara NHK kids, yaitu:

聞くは一時の恥、聞かぬは一生の恥

Kiku wa ittoki no haji, kikanu wa isshou no haji

Waktu bertanya itu mengalami rasa malu saat itu, tapi kalau tidak bertanya maka akan malu seumur hidup.
(Ya mungkin hampir sama dengan Malu bertanya sesat di jalan, tapi penekanannya berbeda. Di pepatah bahasa Jepang yang ditekannya rasa malunya. Ah memang orang Jepang berbudaya malu. Malu kalau tidal bisa! Malu kalau tidak berhasil sesuatu dsb dsb)

稽古とは 一より習ひ 十を知り 十よりかへる もとのその一 (千利休)

Keiko to wa ichi yori manabi ju wo shiri ju yori kaeru motono sono ichi (Sen no Rikyu)

Latihan itu belajar dari urutan pertama, sampai mengetahui urutan ke sepuluh, kemudian dari urutan ke sepuluh kembali lagi ke urutan pertama.
(Maksudnya jika kita berlatih dari awal sampai pada tingkat penguasaan maksimal, kemudian kembali ke awal, kondisi kita berbeda  dengan waktu pertama kali sekali kita berlatih. Jika manusia merasa sudah menguasai dan merasa cukup, maka manusia itu berhenti sampai di situ saja. Tidak benar-benar menguasai ilmu tersebut. Jadi sampai kapanpun harus terus belajar dan berlatih)

Sebetulnya aku ingin menuliskan tentang pepatah ini kemarin, pas hari Pendidikan Indonesia, tanggal 2 Mei, tapi biasa deh tertunda sampai sekarang. Silakan menghubungkan sendiri cerita Tomat dan Stroberi serta kedua pepatah di atas. Intinya tentu saja BELAJAR TERUS ya.

 

Iklan

26 comments on “Tomat dan Stroberi

  1. ooh strawberry itu sayuran ya kak, harus kasih tau pascal nih. aku sampai sekarang masih suka tuh makan tomat dipotong dadu pakai gula kalau malas aku gigit begitu saja tomatnya

  2. Kalau tomat sih, waktu sekolah memang diajarinnya sayur. Cuma stoberi sayur juga? X_X Semangka juga? Yang ini baru bener2 tau lho, hehehe 😀

  3. Wah, aku malah suka tomat chery-nya Jepang, Kak. Rasanya mirip ‘cimplukan’, menurutku.
    Baru tau lho kalau stawberry termasuk sayur. Kalau tomat termasuk sayur memang sudah tau. Wah, Kai pintar ya. Memang, belajar bisa dari mana saja. Tidak selalu murid saja yang belajar dari guru, tetapi guru pun seringkali belajar dari murid-muridnya.

    Selamat hari Pendidikan. (k’Em postingnya sekarang, jadi aku ngucapinnya juga sekarang 😀 )

  4. makin hari akan semakin banyak yang diajarkan Kai dan Riku kepada Mama.. 😀

    # juga baru tau klo strawberry itu sayur
    # strawberry adlh ‘buah sayur’ yg tampilannya paling cantik.. dan suka pamer juga, bijinya aja ditaroh di luar.. hehhe 😛

  5. kirain aq juga strawberry itu termasuk kategori buah
    kalau tomat memng termasuk sayuran…

    tapi apapun itu aq suka keduanya
    kalau tomat aq sering juice sm wortel dimakan pagi hari
    lumayan kenyang

    kalau strawberry jadi inget Ciwidey
    setiap kesana pasti selalu petik strawberry di kebun orang
    hihihi….

  6. Sayur dan buah merupakan klasifikasi tumbuhan berdasarkan pemanfaatannya. Klasifikasi yang semacam ini memang rawan menimbulkan perbedaan persepsi. Karena tidak menutup kemungkinan satu spesies mempunyai dua jenis pemanfaatan. Pun bisa terjadi pemanfaatan di satu wilayah dengan wilayah lainnya akan berbeda sehingga spesies tersebut akhirnya terklasifikasikan berbeda.

  7. Aku juga baru tau dari posting ini kalau stroberi termasuk sayur… kirain buah hehehe…
    Di sini banyak perkebunan stroberi yang bisa dikunjungi tamu yang ingin merasakan sensasi panen stroberi sendiri… 🙂

  8. oo gitu ya. kalo menurut saya juga stroberi dan tomat itu buah. 😀
    tapi ya emang mau buah atau sayur, yang penting enak ya mbak.. haha.

    stroberi emang sekarang2 ini lagi musim, disini juga murah mbak. 🙂

  9. andaikan aku hidup di Jepang, bahagia sekali pasti yah bisa puas2in makan stroberi pas musimnya. sedangkan disini, waktu ke Bali kemarin mampir ke kebun stroberi, metik sendiri, udah semangat tingkat tinggi, sekilonya 30rb pun dijabanin eh gak taunya asyeeeeeeeeeeem gak ketulungan.

    klo di jakarta, stroberi asem aku celupin ke madu, jadi gak kebuang, atau di jus. lah klo kemarin, gimana coba? akhirnya suami aja yang nyemilin.

    setiap ke toko buah aku tersiksa sekali mbak, karena ada tuh stroberi impor yang besarnya ampun2, kayak 2-3kali dari stroberi lokal, dan yang pernah ku beli itu manissssss cuma mahalnya bikin kecut juga hahahaha 70rb/kotak kecil. di dalamnya paling banyak juga 20pcs. paling banyak lho itu, klo gak kurang malahan.

    pepatah itu di mana aja sama adanya ya mbak, emang sih, pas banget itu, malu bertanya sekali itu saja, kalau besok2 kan sudah tau. sedangkan klo gak nanya? hiks …

    senang ya ada anak2 yang bisa nambahin ilmu juga 😀

  10. Kalau aku akan menjawab dengan keras bahwa stroberi itu buah. Habis, kan tidak pernah bikin sayur pakai stroberi.. Tapi benar juga sih, belajar memang bisa kapan saja tidak peduli sudah tua atau masih muda… Selamat menikmati sayur stroberi yah.. ^_^

  11. Stroberi sayuran juga tah, Bu? Wah, baru tahu saya kalau stroberi juga termasuk yang diperdebatkan ikut golongan mana. Kalau tomat sih sudah tahu dari dulu memang selalu dipertanyakan ia masuk sayur apa buah.

    Dulu saya tak suka tomat dan stroberi, karena ada rasa asamnya. Dulu suka yang manis penuh soalnya. Kan saya manis? 😀

    Sekarang mah apa aja hayok. Hampir tidak ada pantangan makan sayur dan buah. Hanya memang masih tersisa sedikit “pilih kasih”-nya. Masih kurang suka sawi.

    Kalau stroberi kan sering tuh jadi bahan buat bikin kue. Di shortcake, dsb. Kalau tomat, adakah? Saya belum pernah nemu tuh tomat dijadikan kue.

  12. Riku dan Kai menjadi bagian dari tim pembelajar dalam keluarga ya Jeng EM.
    Dalam rumpun hortikultura, tomat dan stroberi memang dikelompokkan sbg sayuran. Apapun namanya rasanya menyegarkan, kandungan vit C tinggi.
    Salam

  13. 1. Bagi saya, stroberi ya tetap buah ( ngeyel.com) karena aku belum pernah makan sayuran stroberi.
    2. Tomat Jepang gak ada rasanya, demikian pula rumput Jepang. Kalau rumput fatimah kayaknya ada yang suka.
    3. Buah-buahan asing yang pernah saya makan adalah Nongko Londo. Pasti jeng Imel gak tahu buah itu.
    4. Saya suka sirup stroberi jeng, kalau dimakan gitu saja belum pernah.
    5. Ngemeng2, rambut jeng Imel gayabaru ya…..Apapun gaya rambutnya dan makanan kesukaannya, yang penting pipi tetap ada dekiknya.

    Salam sayank selalu dari Surabaya

  14. jadi strawberry itu sayur menurut orang Jepang ya Mbak EM ?
    hehee…sekali2 bu guru belajar juga dr anak2nya yang pinter .. 🙂
    ilmu itu memang bisa datang dr mana saja ya Mbak,
    tak terkecuali dr orang yg jauh lebih muda …..
    jadi..terus belajar , belajar dan belajar …………….
    salam

  15. iya memang sikit polemik..tp ga terlalu ….yg penting manfaatnya ya mam…
    kalau orang jepang memandang stroberi sebagai sayuran dengan alasan pohonnya tidak tinggi..sama halnya dengan melon, semangka…..tapi yg terakhir ini disebut buah..

  16. 3 hal mbak…

    1. tomat itu waktu saya KKN di desa ada 2 jenis mbak.. Tomat Buah dan Tomat sayur..
    yang tomat buah rasanya agak manis.. yang tomat sayur rasanya memang masam..
    jadi yang dibuat untuk jadi bahan masak sayur adalah tomat sayur .. tomat buah ya dimakan kayak buah saja..

    2. menurut definisi diatas : Stroberi itu buah . karena gak pernah tau ada stroberi dibuat masak sayur.. hehehe..

    3. demikian terima kasih..

    ** pokoknya tercapai 3 hal sesuai resep om NH.. 🙂

  17. Tomat Indonesia memang manis loh… tapi buah apa sayur ya…? saya juga baru tahu nih kalau strawberry itu sayur…

    Kita juga harus bisa belajar dari siapa saja sebenarnya termasuk dari anak sendiri… saling memberi.. Artikelnya bagus nih…

  18. aku baru tahu juga kalau stroberi itu sayur. 😀
    di sini stroberi seringnya asem. aku sih kurang suka kalau dimakan gitu aja. kalau dijus aku suka. kan ada manisnya gula atau madu hehe. katanya kalau stroberi yg organik, lebih manis. katanya sih. tapi belum pernah nyobain juga.

    kalau tomat, aku sukanya dimakan gitu aja. paling suka kalau dibuat salad. seger deh. dulu waktu kecil juga suka makan tomat ditaburi gula. tapi lama-lama lebih suka rasa tomat asli.

  19. Wehehehe, kalo orang Indonesia yang ditanya strowberry itu sayur atau buah, saya yakin 99% bakalan jawab buah, Mbak.

    Kalo tomat, masih separo-separo deh kemungkinan jawabannya, ada yang memasukkannya ke dalam sayuran, ada yang menganggapnya buah-buahan. Saya sendiri menganggapnya sayuran. 😀

  20. Oh, buah atau sayur ya? Lucu juga karena di Jepang dianggap sayur. Saya suka buah stroberi tapi kalo stroberinya jadi selai, susu, atau campuran cokelat saya kog ga suka ya, hehehe

  21. Wah cantiknya ketika memetik buah stroberi….
    Foto-foto makanannya itu buatan sendiri atau ambil di internet?
    Kalau buatan sendiri keliatannya enak banget… bagi resepnya dong… *ngiler

  22. Wahh…aku baru tau jg ternyata stroberi masuk kategori sayuran ya..
    Dan sepakat nechan, harus belajar terus. menurutku, orang yg berhenti belajar itu sok tau bgt deh hihihihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s