LPF dan Bali Lax

Bukan nama partai politik atau organisasi deh pokoknya. Cuma LPF ini adalah “pelajaran” baru yang kudapatkan hari ini. Singkatan dari Low Pass Filtering. Mau tau isinya apa? Silakan baca wikipedia di sini yah. Soalnya aku juga tidak ngerti hihihi.

Jadi ceritanya kamera DSLR Nikon D-80  kami (yang lungsuran dari bapak mertua) itu ternyata kemasukan kotoran di lensa bagian dalamnya. Aku sadarnya waktu aku bawa ke Jakarta waktu mama meninggal Februari lalu. Setiap memotret pasti ada titik noktah hitam yang tidak bisa hilang meskipun sudah diganti lensa atau dibersihkan lensa luarnya. Hmmm pasti butuh servis nih. Apalagi waktu aku pakai untuk memotret sakura di Taman Inokashira waktu itu, kehadiran noktah itu amat sangat mengganggu. Sayang keindahan sakuranya jadi berkurang banyak, meskipun sudah aku usahakan hapus dengan photoshop.

Waktu kutanya bapak mertuaku, ternyata memang sering terjadi seperti itu, dan tinggal bawa saja ke service center Nikon, yang ada di Ginza atau di Shinjuku. Karena rumahku lebih dekat ke Shinjuku, pagi tadi kubawa kamera itu ke Nikon Plaza di Gedung L Tower, Shinjuku. Aku beritahukan masalahnya, dan oleh petugas aku diberi kertas order servis dan bisa diambil pada jam 1 (waktu itu pukul 11:30). Wah cepat juga. Dan tertulis biayanya 1500 yen (150.000). Murah! Aku sudah takut saja kalau biayanya mahal.

Sambil menunggu servis selesai, aku janjian makan siang dengan Tina adikku dan temannya, di sebuah restoran Indonesia di Shinjuku. Bukan di restoran  Jembatan Merah, tapi di restoran Bali Lax. Hmm aku baru pertama kali ke sini. Oleh Tina disarankan ke sini karena semua lunch menu setnya seharga 980 yen dan sudah termasuk salad bar, minuman, dessert dan sup. Tina sukanya karena bisa makan sayur sebanyak-banyaknya di sini. Well memang sih salad pumpkin yang digiling dengan cream cheese nya enak!

Penampakan nasi campurnya 😀

Kami memesan Nasi Campur, yang terdiri dari sate daging, ayam bumbu, bakmi goreng, acar, kerupuk dan ikan goreng tepung. Semuanya jumlahnya sedikit (untung juga karena pasti tidak habis). Supnya sup thailand semacam Tom Yan. Dessertnya irisan orange, nanas dan coktail buah. Ada kopi dan teh juga (Aku tak tanya kopinya kopi apa. Tapi yah kalau menurutku rasa masakannya jauh dari masakan Indonesia, meskipu mungkin cocok untuk lidah orang Jepang. Tapiiii di sini suasananya bagus. Ada kolam-kolaman dengan hiasan-hiasan Bali. Di pintu luar tertulis sih kalau dinner, setiap orang dicharge 525 yen selain pesanan makanan dan minuman.

Menu yang kami pesan: Nasi Thanpuru!

Salah dua yang menarik adalah penulisan Nasi Campur dalam alfabeth yang aneh! Padahal tulisan dalam katakananya sudah benar Nashi camupuru, eeeeeh kok alfabethnya jadi Nasi Thanpuru 😀 Selain itu koki dalam bahasa Inggrisnya menjadi shef. Lucu jadinya. Yang lainnya adalah sebuah “sayur” yang baru kukenal. Namanya Romanesco. Cuma kok kelihatan grotesque ya?

Sayur baru, Romanesque yang terlihat grotesque 😀 Rasanya sih enak loh

Setelah makan (salada sebanyak-banyaknya) dan bercakap-cakap, Tina dan temannya harus kembali ngantor dan aku juga harus mengambil kameraku. Nah baru saat aku mengambil kembali kameraku itu aku membaca di papan digital bahwa Low-pass itu memakan waktu 1 jam. Ya pembersihan lensa dalam itu dengan cara yang diberi nama Low Pass. Sebetulnya bisa sendiri, karena waktu aku googling ketemu caranya di Youtube ini. Tapi kok aku takut coba-coba (awalnya juga tidak tahu sih) padahal kalau bisa sendiri, kan tidak usah keluar 1500 yen. But still leave it to the pro’s. Lebih afdol a.k.a lebih mantap! Betul kan?

Sebelum dibersihkan dengan LPF

Setelah dibersihkan dengan LPF, langit di Tokyo sore ini dilihat dari apartemenku

Iklan

29 comments on “LPF dan Bali Lax

  1. Aku kok selalu takjub liat foto2 bunga-bungaan. Apalagi sambil bayangin jalan diantara sakura yg mulai berguguran, sambil gandeng tangan suami. Hiiiyyy romantis. Hihihiih 😀

  2. Romanesque nya cantik sejenis brokoli berujung lancipkah? Nasi lauk bakminya Indonesia banget duo karbo. Selamat berburu gambar dengan lensa yang tlah diservis. Salam

  3. sama mbaaak! kemaren juga sensor kamera gw kotor. jadinya ada bintik item di arah jam 11. Gue minta tolong SN bersihin sendiri dia gak mau. soalnya kalo salah, bisa-bisa sensornya yang rusak. Jadi akhirnya dibawa ke nikon deh. murah juga, cuma $26 (hampir sama lah ya sama di jepang). Tapi akhirnya malah gratis gara-gara pas dicoba lagi, SN liat masih ada dot di bukaan f/22. tapi gak bisa dibersihin & kata orangnya gak significant…jadi digratisin deh 😀

  4. maaf mbak kayaknya yang diwiki ituh LPF untuk rangkaian elektronik..

    trus kayaknya lagi LPF itu bukan cara untuk membersihkan lensa tetapi merupakan jenis lensanya .. jadi lensa jenis LPF..

    http://en.wikipedia.org/wiki/Fourier_optics#Lens_as_a_low-pass_filter

    jadi sesuai dengan video di youtube itu.. yang dibersihkan kaca sensor dari camera (manual) bukan dengan metode LPF..

    tapi seladanya “romantesquenya” mantabb..

    waaah terima kasih koreksinya, abis ngga ngerti apa-apa kenapa ada tulisan katakana ro-pasu di papan situ hehehe.
    EM

  5. *lap iler dulu*

    kenapaaaa…
    kenapa harus poting makanan seperti ini mbaaaa…
    *lirik dapur yang isinya cuman indomie doang*

    sekarang kameranya udah bener ya mba…
    yang waktu ituh dibawa kesini bukan yak?
    bukan ama aku lhooooo…hihihi…
    *langsung defensif*

  6. Setealah lihat linknya di Youtube, kayaknya tidak begitu susah cara membersihkanna ya Mb. Hanya perlu ketelatenan, dan kehati-hatian. Yang penting punya perlatan yang dibutuhkan ….:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s