Langkah Baru

Akhiiiirrrrrnyaaaaa libur musim semi sejak tanggal 25 Maret yang lalu berakhir. Tanggal Jumat, 6 April Riku pergi ke sekolah untuk memulai tahun ajaran baru sebagai murid kelas 4. Aku baru tahu loh bahwa ternyata, sekolah negeri di Jepang selalu mengadakan upacara masuk sekolah pada tanggal yang sama, yaitu tgl 6 April itu. Kecuali jika jatuh pada hari Sabtu/Minggu, diundur ke hari kerja sesudah tanggal 6 April.

Tapi perginya cuma untuk “melapor” karena pada hari itu juga ada upacara penerimaan murid baru kelas 1 di SDnya. Jadi mereka hanya berkumpul sebentar, menerima pengumuman tertulis, taruh sepatu dalam (uwabaki上履き) kemudian pulang. Rupanya gurunya Riku ganti, biasanya guru perempuan mulai tahun ajaran baru ini menjadi guru laki-laki, pindahan dari sekolah negeri lain. Biasanya di sekolah negeri, satu wali kelas (tannin 担任 ) memegang kelasnya selama dua tahun, jadi kelas 1-2, 3-4 dan 5-6.  Namun karena kelas 3 Riku bermasalah dengan guru (orang tua murid menganggap guru itu tidak bisa menguasai murid-murid yang nakal) jadi diganti. Padahal Riku sudah berkata padaku, bahwa guru dia yang dulu itu baik kok, dan dia tidak masalah belajar dengan guru itu. Tapi memang kalau aku dengar dari ibu-ibu lain, dia kurang tegas/wibawa kepada anak-anak, sehingga kelasnya ribut dan tidak memperhatikan pelajaran terus. Sekali memang Riku pernah mengeluh bahwa dia tidak bisa belajar tenang dalam kelas karena teman-teman lainnya ramai. Well, aku harap dengan guru baru ini, kelas 4 bisa mengejar ketinggalan mereka.

Kai menjadi murid Nenchu...TK B di halaman TK yang penuh dengan bunga sakura! Musim semi memang sudah tiba!

Untuk TK nya Kai, dia mulai hari ini, Senin tgl 9 April. Karena Kai sudah TK B (kelas menengah) – FYI TK di Jepang terdiri dari 3 kelas yaitu Nensho (usia 3 th), Nenchu (usia 4 th) dan Nencho (usia 5 th) – maka Kai disuruh datang sebelum pukul 8:40 bersama orang tua. Untung saja meskipun semalam dia tidur larut, dia mau bangun pukul 7:20… dibangunin Riku… dan mau bersiap-siap memakai baju seragam TK nya. Lucu sebetulnya si Kai ini, dia selalu menolak pakai seragam karena katanya : celananya pendek! malu! hahaha. Untung saja hari ini mamanya pintar memuji “Kai cakep deh…” “Kai sudah besar ya, sudah ada adik kelas loh…” dan “Kalau Kai pergi hari ini, pulangnya mama belikan es krim deh ” **loh hihihihi***

Jadi dengan membawa tas besar berisi segala peralatan TK Kai, aku membonceng Kai dengan sepeda. Untung kakiku tidak begitu sakit dipakai untuk mengayuh, karena kalau jalan kaki pasti makan waktu lama untuk sampai, karena kaki agak pincang jalannya. Untung juga cuaca cerah sekali hari ini bahkan kabarnya hangat, mencapai 24 derajat. Memang orang Indonesia itu banyak untungnya! Dan kami sampai di TK nya sebelum pukul 8:40 dan langsung menuju ke kelas barunya : Momo gumi (Kelas Peach). Kelas baru, teman-teman sebagain baru dan guru baru… cukup membuat ciut hati Kai. Jadi waktu kami orang tua harus pergi berkumpul ke aula, dia menahanku dan sudah hampir menangis. “Mama harus pergi dulu ke atas untuk bayar, tapi mama ada di sini terus, dan kita pulang sama-sama”. Mungkin dia ingat bahwa dia juga sudah naik kelas, dengan muka menahan tangis, dia merelakan aku pergi. Aku cukup was was apakah dia akan nangis lagi seperti kejadian setahun yang lalu. Ternyata tidak.

Ternyata anak-anak dibawa oleh guru mereka masing-masing ke aula sambil berbaris, dan bersama dengan orang tua mengikuti sambutan dari kepala TK sekaligus mengikuti perkenalan dengan guru-guru yang lain. Ternyata dua guru yang pernah mengajar Riku waktu TK sudah berhenti (karena menikah), tapi guru Kai yang sekarang sudah 6 tahun bekerja di TK tersebut. TK ini memang TK swasta, dan aku benar-benar kagum dengan kurikulum dan sumber daya manusia TK ini. Hebat euy. Kepala sekolahnya sudah sepuh sekali (mungkin sekitar 70 tahun…. sudah 40 th lebih bekerja di situ) tapi masih tajam daya ingatannya dan baik sekali. Dia masih ingat namaku setelah 4 tahun loh!

Satu minggu ini TK cuma belajar sampai pukul 11 untuk penyesuaian. Juga ada kunjungan guru ke rumah untuk mengetahui kebiasaan sang murid. Belum lagi ada pertemuan orang tua murid dan guru. Padat sekali jadwalnya, dan itu membuatku cukup pusing mengatur jadwalku sendiri karena minggu ini aku juga mulai mengajar di universitas. Belum lagi dipadukan dengan jadwal Riku juga….. Aku yang harus membuat jadwal untuk 3 orang! UNTUNG cuma 2 anaknya, kalau LEBIH? mampus deh aku hihihi ( Ya sudah pasti tidak bisa bekerja kalau punya anak lebih dari 2orang…ini aja udah pusing!)

Tapi seiring dengan cuaca yang menghangat, sakura yang bermekaran, semangat dari murid dan guru baru, kami warga Tokyo menyambut tahun ajaran baru 2012 dengan penuh semangat. Memulai langkah yang baru, hidup yang baru, sama dengan Yesus yang bangkit pada hari Minggu kemarin, di hari Paskah. Selamat Paskah…..

Dan menjawab komentar Clara yang menanyakan kabarku: Yuuuuhuuuu aku di sini. Terakhir posting hari Rabu. Memasuki hari Trisuci Paskah aku kok jadi malas membuat posting baru. Kebetulan aku juga lagi sakit sehingga memakai waktu untuk istirahat dan membaca buku saja. Lumayan ada 3 novel bahasa Inggris (romance) yang bisa kubaca hehehe.

 

Iklan

23 comments on “Langkah Baru

  1. Wah, jadi membayangkan berjalan di bawah bunga Sakura. Selamat Paskah, Mbak!

    Riku dan Kai tambah pintar ya?! Senang mendengar Kai tidak menangis lagi menghadapi suasana yang baru.

    Tahun ini si Sulung masuk TK B, si Kecil masuk TK A. hm.jadi deg2an 🙂

  2. Lagi musim sakit memang, Bu. Saya juga sedang sakit.

    Ah, enaknya di sana, bisa melihat bunga sakura. Di sini yang dilihat palingan bunga pucuk merah. 😀

    Entah mengapa, kok membayangkan TK-nya Kai seperti TK-nya Sinchan. Haha. 😛

  3. Akhirnya… Kirain Mba EM sakit atau lagi jalan-jalan jauh, hehehe… Di sini mulai dingin, malah kebalik. Sekarang malas banget pake baju lengan pendek, maunya pake baju berlapis-lapis. Wah, Riku dapat guru cowo ya?

  4. di sana bulan april ya, dan setiap tanggal 6 april selalu di adakan upacara,,
    kalau di sini setiap senin di adakan upacara itu 🙂
    seneng ya udah pada sekolah lagi

  5. Virus males nulisnya sampe sini mbak. Sampe sekarang msi males nulis #hadehhh -_-

    Ga kerasa ya, riku da kelas 4. Bentar lagi jadi abege tuh 😀

  6. Selamat naik kelas Kai kun..
    Lucunya Kai…
    Hari ini mmg hangat ya kak, nyaman rasanya. Tapi begitu matahari terbenam, dingin lg deh…
    Kk cepat sembuh yaa…

  7. Hallo mbak EM, bagaimana dengan kakinya? semoga segera membaik sehingga menopang semangat Kai dan Riku memasuki kelas baru. Selamat menikmati mekarnya sakura musim semi, serta Selamat Paskah juga. Salam

  8. Tahun ajaran baru, semangat semangat!
    Buat mama Imelda juga…salut deh, kerja dan ngatur rumah tangga 🙂
    Semoga segera sehat, pulih, bisa beraktivitas dengan lancar

  9. yuhuuu….tahun ajaran baru, pasti seru sekali, tapi mungkin teman2nya masih teman2 dari kelas sebelumnya yaa….kenapa kakinya Mel, smg cpt smbuh yaa….aku senang banget lihat foto teman2 di FB bunga sakura mulai bermekaran dimana2 yaa….kapan bisa kesana pada momen seperti itu, pasti keren banget yaa

    selamat beraktifitas

  10. Disini juga lagi musim sakit..
    cuaca yang tak bersahabat..

    Aduh..jadi mau lihat bunga sakura, indah ya bertebaran di mana-mana..
    kaya di pelem gitu deh..hhe..

  11. Wah, tak terasa anak2 sudah tumbuh dengan pesatnya. Aku masih ingat sekali waktu Kai masih plontos.
    Btw, unik juga ya mulai tahun ajaran setiap 6 April. Apa pertimbangannya ya kira2? Kesannya nanggung. Kenapa kok nggak 2 Januari atau 6 Juli? He he….just curious.

    Salam saya, Ime-Chan

  12. Selamat Paskah ya…

    Hi..hi… keren Kai udah punya adik kelas
    Si bungsuku juga senang banget ketika naik kelas 2, karena dia udah bisa dipanggil kakak di sekolah

  13. tahun ajaran baru sibuk banget yak mbak dijepang.. klo disini kan masuk ya masuk aja.. gak ada istilah perkenalan dg guru.. bahkan ibu aku gak pernah kenal sm guru aku loh ~_~

  14. mba Imeeeeeel..
    indah sekali sakura nyaaaaa…
    serasa nonton drama Jepaaaaang…

    Ayo Kai…semangat di kelas baru yaaaa…

    dan selamat Paskah *yang telat* buat mba Imel sekeluargaaaaa 🙂

  15. Berarti kelas TK nya ada TK A, TK B dan TK C ya mbak…

    kalo anakku sekolahnya dari PG (Playgrup) A, PG B, baru TK A trus TK B..

    belum termasuk kalo mau sebelum Playgrup masuk Baby Smile School…
    capek deh..

  16. wuaaaaaaaahhh.. disana hubungan guru-walimurid bener2 intens ya mbak! keren euy! jadinya ortu bisa tau gimana perkembangan si anak, jadinya guru bisa tau gimana kebiasaan si anak di rumah, dsj, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s