Kedutan

Dua hari ini aku lagi tegangan tinggi. Rasanya syarafnya kering ketularan si kulit yang mengkeret karena dingin. Mau dibilang sakit kepala juga ngga. Sakit perut juga ngga. Malas dan kedutan!

Menurut KBBI daring : ke·dut n gerak jaringan krn tarikan urat;
ber·ke·dut v bergerak krn tarikan urat;
ke·dut·an v bergetarnya urat-urat pd kelompok mata dsb (yg dianggap sbg alamat atau pertanda)

Biasanya kedutan itu kan hanya sebentar, dan konon itu merupakan reaksi syaraf sekitar mata yang tegang. Kalau cari di primbon ya ada macam-macam artinya. Kelopak mata kiri akan bertemu saudara/kekasih, kelopak mata kanan akan kehilangan. Ada juga yang bilang itu pasti mau nangis. Ya iyalah emang pasti nangis karena syarafnya kan tegang terus di sekitar mata. Obatnya? Dinangisin atau tidur…hehehe.

Menurut situs-situs kesehatan tempat aku browsing, kedutan itu bisa terjadi karena :

1. stress…. iya sih menjelang akhir bulan, akhir tahun begini banyak sekali pengeluaran. Seorang ibu rt pasti stress buka dompet terus.
2. kurang tidur…… Hmmm sebetulnya ngga juga, karena aku tidur lumayan cukup kok. Tapi mungkin tidurnya dangkal.
3. Mata lelah …. kebanyakan menghadap komputer. Ya pastilah, seorang blogger, fb-ers, twitterian, anggota dumay (dunia maya) + mengerjakan terjemahan dan editing pakai komputer.
4. Kebanyakan kafein dan alkohol… Ah ngga juga kok, masih dalam batas yang wajar nih.
5. Mata kering.… ini ada hubungannya dengan dompet kering ngga ya? hehehe.
6. Tidak seimbangnya nutrisi… waduh sepertinya cukup deh, tapi ngga tau juga apa balance atau tidak. Jangan-jangan aku ini beri-beri bukannya gemuk hahaha.
7. alergi…. NAHHHH ini mungkin ya. Aku kan memang alergi. Tapi perasaan alergiku sudah keluar di bersin-bersin. Dan biasanya kalau alergen nya banyak mukaku gatal juga. Kali ini hanya kedutan saja.

Well, akhirnya tadi aku paksakan untuk siesta…tidur siang selama 2 jam. Sebelumnya juga sudah nangis sepuas-puasnya. Hasilnya? masih tuh hehehe. Malah ini sambil ngetik masih cenat-cenut aja. Jangan dikiran aku sedang main mata yaaaa…

Bagaimana teman-teman sering kedutan ngga? Bagaimana penangannya jika kedutan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s