Kanji of The Year : 2011

Setiap menjelang akhir tahun, tepatnya di Hari Kanji yang diperingati setiap tanggal 12 Desember diumumkan KANJI of the Year, kanji yang populer tahun ini yang diumumkan di kuil Kyomizudera, Kyoto. Kanji tahun ini adalah 絆 きずな (kizuna) yang berarti ikatan, hubungan, sebuah kanji yang bagus menurutku, terutama terasa sekali setelah terjadi gempa bumi Tohoku tanggal 11 Maret lalu. Dengan ikatan, hubungan sebagai orang Jepang mereka saling bantu membantu, gotong royong, semua warga Jepang mempererat hubungan mereka demi membangun kembali daerah yang menjadi korban.

Diambil dari kanjijiten.net

Kanji kedua dan ketiga masih berhubungan dengan gempa bumi yaitu 災 さい sai (bala, bencana)  dan 震 しん shin  (gempa).  Untung saja yang terpilih adalah kizuna ya, kalau tidak kok kesannya muram sekali. Tahun sebelumnya 2010 adalah kanji 暑 あつい (panas), dan tahun 2009 kanji 新 しん・あたらしい (baru).

Kanji ini terpilih dari 496.997 surat pilihan yang masuk, dan dipilih sebanyak 61.453 pemilih. Pemilihan Kanji of The Year dilakukan oleh Asosiasi Sertifikasi Kemampuan Kanji Jepang 日本漢字能力検定協会, yang dimulai sejak tahun 1995, seteah terjadinya Gempa Bumi besar di Kobe. Dan tahun itu terpilih 震 Shin, dan untung saja di tahun ke 17 ini Kizuna dirasakan lebih berarti daripada Shin sehingga tidak sama dengan 17 tahun yang lalu.

 

Kanji tahun 2011

 

Memang dalam bahasa Indonesia tidak  terdapat kanji, tapi mungkin bisa dipilih kata populer, Indonesian Words of The Year: 2011. Pasti deh yang terpilih : SBY alias Sesuatu Banget Yah hehehe. Bagaimana menurut kamu?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s