Solar Term

Kebetulan salah seorang komentator yang bernama Mata Sapi di postingan WINTER ingin mengetahui tentang penghitungan atau kalender matahari yang menentukan istilah-istilah musim di Jepang. Namanya Nijuusekki 二十節気 (24 posisi matahari). Mumpung masih ingat dan sempat menerjemahkan aku tulis di sini ya.

Dalam kalender lunisolar Asia Timur, satu tahun dibagi menjadi 24 posisi matahari berdasarkan pembagian ekliptika (lintasan yang dilalui matahari seperti terlihat dari bumi) menjadi 24 bagian dengan jarak bujur 15°satu sama lainnya.  Dalam pembagian satu tahun menjadi 4 musim, setiap musim dibagi menjadi 6 posisi matahari yang masing-masing lamanya 15 hari.  Setiap posisi matahari diberi nama yang melambangkan fenomena alam dan musim. Sistem ini berasal dari Cina dan juga digunakan di Korea, Jepang, dan Vietnam ( memakai kanji).

Bujur

Terjemahan

Istilah Jepang

Tanggal

+ – 1 hari

Keterangan

315°

Awal Musim Semi

立春
risshun

Feb 4

330°

Air hujan

雨水
usui

Feb 19

Lebih banyak hujan daripada salju

345°

Bangunnya serangga

啓蟄
keichitsu

Mar 6

Secara harafiah berarti bangunnya serangga yang tidur.

Equinox musim semi

春分
shunbun

Mar 21

Pusat musim semi. Panjangnya malam dan siang sama.

15°

Bersih dan terang

清明
seimei

Apr 5

30°

Hujan gandum

穀雨
kokuu

Apr 20

Hujan membantu gandum tumbuh

45°

Awal musim panas

立夏
rikka

May 6

60°

Gandum penuh

小満
shōman

May 21

Gandum menjadi gemuk

75°

Jenggot gandum

芒種
bōshu

Jun 6

90°

Titik balik matahari pada musim panas

夏至
geshi

Jun 21

 solstice

105°

Sedikit panas

小暑
shōsho

Jul 7

120°

Banyak panas

大暑
taisho

Jul 23

135°

Awal musim gugur

立秋
risshū

Aug 8

150°

Sisa panas

処暑
shosho

Aug 23

165°

Embun putih

白露
hakuro

Sep 8

Kandungan air membuat embun putih

180°

Equinox musim gugur

秋分
shūbun

Sep 23

Panjangnya siang dan malam sama

195°

Embun dingin

寒露
kanro

Oct 8

210°

Turunnya embun es

霜降
sōkō

Oct 23

225°

Awal musim dingin

立冬
rittō

Nov 7

240°

Sedikit salju

小雪
shōsetsu

Nov 22

255°

Banyak salju

大雪
taisetsu

Dec 7

270°

Titik balik matahari pada musim dingin

冬至
tōji

Dec 22

Solstice (sejatinya musim dingin dimulai tgl ini)

285°

Sedikit dingin

小寒
shōkan

Jan 6

300°

Banyak dingin

大寒
daikan

Jan 20

Jadi kalau menurutsolar term ini Musim di Jepang seharusnya:

Musim semi : dari  Risshun  立春 4 Feb sampai 5 Mei

Musim Panas : dari Rikka 立夏 6 Mei sampai 7 Agustus)

Musim Gugur : dari Risshu  立秋  8 Agustus sampai 6 November

Musim Dingin : dari Ritto  立冬  7 November sampai 3 Februari

 

Tapi jika mengikuti astrology barat maka:

Musim Semi : dari 21 Maret sampai 21 Juni
Musim Panas : dari 22 Juni sampai 22 September
Musim Gugur : dari 23 September sampai 21 Desember
Musim Dingin : dari 22 Desember sampai 20 Maret

Jadi…. sekarang tanggal 8 Desember belum winter dong…. heheheh dan memang meskipun kemarin-kemarin pernah suhu minimum 4 derajat, hari ini kabarnya suhu max 12 derajat dan minimum 9 derajat. Masih belum stabil (dinginnya).

Aku meliburkan Kai dan diriku sendiri Selasa dan Rabu ini, sehingga bisa sembuh total dari batuk yang kami derita. Besok bisa siap belajar dan bekerja kembali….horreee!

Iklan

17 comments on “Solar Term

  1. lu ga ngerti Man? Palagi gw xixixi
    tp gpp, besok2 klo butuh info pan tinggal kemarih aje hehehe

    jadi udah sembuh niy mba ama Kai? Alhamdulillah … jadi bisa beraktivitas lagi ya 🙂

  2. Terimakasih Jeng EM, ijin copy ya tuk melengkapi sistem pranata mangsa kita. Namun akibat pemanasan global tatanan tersebut mulai bergeser baik di daerah tropis maupun subtropisnya. Selamat menkmati peralihan musim gugur ke musim dingin ya. Salam

  3. jadi teringat pada penanggalan jawa. dulu kakekku kalau mau tanam padi lihat kalendernya dulu, hari itu memang hari untuk tanam padi apa tidak. semoga cepat sembuh ya mbak em…

  4. (ah dasar trainer oon …)

    tadi waktu baca judulnya pertama kali …
    saya pikir ini cerita mengenai Bahan Bakar Bensin …

    (dzig dizg dzig …)

    salam saya EM

    Solar? buat truk? hihihi
    waktu datang ke Tokyo aku juga penasaran solar tuh namanya apa dalam bahasa Jepang. 軽油 Keiyu
    makasih ya mas
    EM

  5. jadi kalo mo liat salju januari ya mbak 😀

    mbak imel nih hebat bener deh…bisa bikin wiki begini tentang istilah2…salut!

    lah kan cuma tinggal nerjemahin aja kok 😀
    EM

  6. wah mbak, aku malah baru tahu itung itungan spt di atas, thanks ya

    di kampungku kemarin sempat turun salju, tapi tipis dan sebentar

    semoga lekas sembuh total ya batuknya

  7. Hehehe…saya sama dengan om trainer, tadinya saya pikir membahas tentang solar (energi)….

    Hmm tanggalan nya memudahkan untuk menata kehidupan ya…bagaimanapun negara empat musim memang harus mempersiapkan untuk menyambut setiap musim tsb.

  8. wow, ternyata kaya gini ya. Sangat mendetail ya deskripsinya. Saya baru tau ada sebanyak itu posisi2 matahari. Sangat menarik. thanks banget ya uda dicariin infonya 🙂 hehe.

  9. Ping-balik: PESONA SIMFONI ALAM | RyNaRi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s