Hari Makanan

Heboh deh pokoknya hari ini! Semua “merayakan” hari yang katanya extraordinary dan istimewa   itu paling sedikit dengan menulis status di FB/Twitter dsb dsbnya. Bagiku, hari ini sama saja dengan hari lainnya…. well agak istimewa deh 😀

Di Jepang hari ini penuh dengan peringatan. Dan kebanyakan adalah peringatan tentang makanan. Seperti kutulis di status FB ku:  ‎”Itadakimasu” Saya mau makan “kiritanpo”, “Bakmi”,”Pocky”,”Toge”, “Salmon”,”Peanuts”, “Keju” sambil menonton “Sepak bola” yang merupakan pertandingan 11 orang lawan 11 orang memperebutkan 1 bola :D….

1. Hari itadakimasu. Itadakimasu adalah sapaan orang Jepang sebelum makan. Semacam “Bon appetite”nya orang Perancis, dan arti harafiahnya “Saya menerima (makanan ini) terima kasih”. Alasannya? 11-11 seperti sumpit yang berjajar. Tapi hari ini baru tahun ini ditetapkan.

2. Hari bakmi. Ya, bakmi kan panjang-panjang tuh, jadi cocok untuk tanggal 11-11. Ditetapkan oleh Asosiasi Pengusaha Bakmi tahun 1999.

3. Hari Pocky dan Pretz. Ditentukan oleh pabriknya Glico, sejak 1999 seperti yang telah kutulis di postingan Pocky, Keju and White .

4. Hari kiritanpo. Lihat bentuknya saja sudah tahu deh alasannya.

Kiritanpo, cara lain mengawetkan nasi. Banyak didapat di daerah utara Jepang yang suhu mencapai minus di musim dingin. Gambar diambil dari rakuten.co.jp

 

5. Hari Toge… Siapa sih tidak tahu sayuran yang terbuat dari kacang kedelai dan bervitamin ini? Bentuknya juga panjang kan?

6. Hari Salmon. Nah kalau ini alasannya lebih karena tulisan kanjinya. 鮭 di sebelah kanji “ikan” terdapat kanji 11 dua kali. Jadi cocok diperingati pada tanggal 11 bulan 11.

7. Hari kacang (peanut). Alasannya? Dalam satu biji terdapat dua belah, jadi seperti angka 11…(duh ada-ada saja alasannya heheheh)

8. Alasan yang sama anehnya untuk Hari Kaus kaki. Alasannya satu pasang kaus kaki seperti angka 11, jadi cocok untuk membelikan kaus kaki untuk pasangan (couple) pada hari ini…(Bilang saja…beli kus kaki dong!)

9. Hari geta (sandal kayu – kelom Jepang). Alasannya sedikit banyak seperti kaus kaki. Jejak langkah geta seperti angka sebelas.

10. Hari cermin. Alasannya 11 ditulis kanjinya 十一 dan kalau di cermin 十一 十一 terlihat sama ……

11. Alasan yang sama dengan nomor 10 lebih bisa dimengerti untuk Hari Batere. 十一 十一 karena batere memng terdiri dari plus minus.

12. Hari Sepakbola karena 11 orang bertanding melawain 11 orang! Dan hari ini kesebelasan Jepang melawan Tajikistan MENANG 4-0.

13. Hari origami. Karena kertas origami yang bujur snagkar itu terdiri dari 4 sisi seperti angka 1.

14. Hari cerobong asap. Ya kalau dilihat kan cerobong asap memang seperti angka 1 (tapi tidak ngerti kenapa harus 11-11 ya? heheheh)

15. Hari copy writer. Karena bolpen itu seperti angka satu…..

16. Hari magnet. Alasannya mendekati batere, mempunyai plus minus (utara dan selatan)

17. Hari Keju. Dari latar belakang sejarah perkejuan di Jepang, diketahui bahwa keju dibuat pertama kali tahun 700 bulan november. Dan untuk memudahkan dipilih tanggal 11.

18. Hari perawatan (kaigo). Dipilih tanggal ini karena bisa dibaca sebagai Ii hi いい日

19. Hari perhiasan. Latar sejarah bahwa pada tanggal ini pada tahun 1909, pertama kali digunakan satuan karat.

20. Hari Nishijin Ori (tenunan dari Kyoto). Karena latar nishijin ori adalah Ouni no ran (perseteruan Ouni) yang terjadi tanggal 11-11-1467, maka ditentukan tanggal ini sebagai hari peringatan Nishijin Ori.

Nah, bagaimana? Karena banyak peringatan  tentang makanan, tepat kan jika aku katakan hari ini hari makanan? hehehe

Tapi untuk keluarga Miyashita, hari ini cukup istimewa. Istimewanya, karena Gen ambil libur pengganti hari Sabtu-Minggu lalu yang lalu, tapi dipakai untuk santai sendiri di rumah, karena mama Imelda. Riku dan Kai masing-masing pergi mengajar dan belajar. Nah sesudah kami pulang, tiba-tiba mendapat telepon dari ibu dan bapak mertua yang ingin mencoba ber-skype-an dengan kami. Jadi deh kami ber-telepon video lewat skype antara Tokyo-Yokohama untuk pertama kali. Kami cukup menikmati kemajuan teknologi canggih lewat skype ini.

So, hari ini istimewa tidak untuk teman-teman? 😉

 

 

 

 

 

 

Iklan

16 comments on “Hari Makanan

  1. Hahaha semua dibikin hari peringatan ya di Jepang…. bukti bahwa negara ini sangat dukomentatif, Mel.

    Semua hari adalah istimewa. Eh kenapa tak kau jadikan hari itu sebagai hari Skype bagimu dan mertuamu? 🙂

  2. dari sekian itu, saya pilih hari kaos kaki aja deh mba, saatnya membeli kaos kaki yang baru hahaha *bilang aja mo belanja*

    wah wah seru sekali bisa skype-an sama mertua, jadi bisa lucu2an dong 😀
    mertua saya blom rikwes, jadi masih puas dengan tilpunan ajah hehehehe

  3. Bagus sekali pemaknaan setiap peristiwanya. setiap orang yang terlibat dalam proses penyediaan makanan menjadi diistimewakan.
    Kiritanpo, cara lain mengawetkan nasi . . . . menarik sekali tekniknya.
    Selamat berakhir pekan bersama keluarga. Salam

  4. Wah, orang Jepang kok kreatif sekali ya. Banyak hari, banyak ide dan banyak makanan pula.
    Saya pernah diundang main golf bersama orang Jepang. Juaranya macam dan tntu setiap juara daoat hadiah. Misalnya pukulan paling dekat dengan kolam, pukulan terjauh, pukulan terbanyak masuk sandbox, dll. Alhasil hampir semua peserta mendapakan hadiah. Ini cara orang Jepang menyenangkan sahabat2 nya.

    Hal-hal yang positif mestinya bisa kita tiru agar hidup ini diwarnai dengan persahabatan dan kedamaian

    Salam hangat dari Surabaya

  5. siapa aja yang boleh menentukan hari peringatan?
    harus resmi permerintah atau bisa aja produsen?

    tapi hari2 peringatan ini nggak harus dihafalkan kan? nggak keluar di ulangan kan?
    kasihan Riku kalau harus menghafal sebanyak ini … ha..ha…

    kalau kemarin itu rasanya cuma ada acara pembukaan SEA Games, dan
    hari pengantin baru, karena banyak yang pilih tanggal itu untuk menikah

  6. Terlihat sekali setiap hari adalah hari yang layak untuk dikenang ya mama sensei…. 🙂

    Hari ini juga bersejarah karena ada bebek makan bakmi alasannya 12 = angka 1 adalah bakmi dari jepang angka dua biasanya diajarkan sebagai dasar menggambar bebek untuk anak-anak… 🙂

  7. Tanggal 11 kemarin hari istimewa buatku mbak, karena Oni mengajak makan padang di restoran yg menurut kami masakannya enak hahaha! Oiya, kalau disebut hari kacang (peanut), kayaknya sekarang perlu agak dikoreksi deh. Kini ada produk kacang garing yg kacangnya isinya 3 dalam 1 belah. Kabarnya sih memang kacang2 itu sengaja dibuat begitu. Entah bagaimana caranya.

  8. bermacam2 hari peringatan ini di Jepang, gak harus jd hari libur khan Mbak EM?
    kalau iya, banyak banget liburnya ya…. 😀 😀 😀
    kayaknya orang Jepang tuh kreatif banget , segala hal bisa ada hari peringatannya … 🙂
    salam

  9. Ada 20 jenis peringatan di hari yang sama?
    Ini hari pas kepulangan di tanah air, dari ibadah haji….jadi kemungkinan tak terlupakan.

    Teknologi sangat membantu ya, mendekatkan yang jauh…..bapak ibu mertua bisa mendengar suara cucu-cucu nya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s