Satu Desa Satu Produk

Pernah dengar program ini? Aku tidak tahu apakah sudah ada di Indonesia, tapi kalau googling dengan istilah yang sedikit berbeda, di Malaysia sudah diadakan program ini yang disingkat SDSI Satu Daerah Satu Industri. Bahasa Inggrisnya One Village One Product dan gerakan ini bermula dari Jepang! Bahasa Jepangnya Isson Ippin Undou 一村一品運動. Ini merupakan gerakan yang dipelopori Morihiko Hiramatsu gubernur Perfektur Oita pada tahun 1980. Jadi setiap desa diharapkan memilih satu produk dan mengembangkannya sebaik-baiknya. Tujuannya dari desa ke dunia! Atau paling sedikit level negara. Ada sekitar 300 produk yang dipilih oleh masing-masing desa, dari jamur, paprika, sampai daging sapi. Ini digalakkan untuk mengembangkan pendapatan daerah. Dan gerakan seperti ini juga meluas ke negara Thailand, Kamboja, Vietnam dan lain-lain. Alangkah baiknya jika dilaksanakan juga di Indonesia (mungkin sudah atau sedang, aku tidak tahu)

Memang bukan program dari Isson Ippin, tapi ada beberapa daerah yang memang terkenal dalam menghasilkan sesuatu (dari dulu). Misalnya Yamagata menghasilkan cherry dan Ehime menghasilkan jeruk. Jadi kalau kita mengatakan : cherry, semua orang Jepang tahu langsung daerah penghasilnya Yamagata. Atau jika ditanyakan Yamagata menghasilkan apa, semua orang Jepang langsung menjawab Cherry. Ya mungkin seperti Salak Pondoh, Apel Malang dll (bukan produk hasil jadi tapi produk hasil bumi ya).  Nah daerah tempat tinggalku, Nerima (salah satu kelurahan dalam kota Tokyo) ternyata terkenal dengan daikonnya. Daikon adalah lobak, tapi lobak Jepang memang putih besar, dan tidak begitu pahit.

Sebagai bagian dari pelajaran di sekolahnya, sekitar bulan September, Riku dan teman-teman kelas 3  menanam daikon di ladang yang disewa sekolahnya. Dan tadi siang Riku panen daikon. Murid kelas 3 memanen daikon yang ditanamnya, kemudian dibawa pulang. Herannya daikon yang ditanam Riku itu jauh lebih besar jika dibandingkan dengan daikon teman-temannya. Dan cukup berat, sampai waktu membawa pulang dia dibantu oleh seorang ibu yang membantu panen. Kebetulan ibu itu rumahnya melewati rumah kami dan naik sepeda. Jadilah daikon Riku naik sepeda. 😀 Dan tadi makan malam Riku langsung mencoba makan daikon hasil panennya untuk salada.

Riku dengan daikon yang ditanamnya

Apakah daerahmu menghasilkan satu produk hasil bumi yang terkenal?

Iklan

23 comments on “Satu Desa Satu Produk

  1. waaah hebat Riku!!!
    bagus banget ya program ini, di Indo dah ada belum ya, jd penasaran hehehe…
    kalo aku dari Sleman, Yogyakarta bu Imel, memang terkenal dg Salak pondoh.. berkah tanah subur muntahan gunung Merapi…
    Ada juga tuh yg terkenal “jeruk pontianak”, “jeruk medan”, “mangga probolinggo” 🙂

  2. Hai Riku, daikonnya sukses, pertumbuhan lurus panjang antara 40-50 cm ya, ditaksir dari proporsi tangan Riku, selamat ya. OTOP konsep Jepang, sukses diadopsi Thailand, Taiwan dan Filipina. Di Indonesia diadopsi dengan pendekatan kawasan melalui disain Agropolitan, perlu kerja keras disain dibarengi dengan kebijakan dan kesungguhan melaksanakannya, semoga ya. salam

  3. Agak mirip di daerahku, mbak. Tiap desa menghasilkan produk mebel yang berbeda. Desaku pusat pembuatan almari ukir. Jadi ya hampir di tiap rumah ada “showroom” almari meski hanya berisi 1-2 pcs saja. Di desa sebelahku penghasil aneka kursi sofa dan kursi telpon, sebelahnya lagi aneka kursi jok yang dijual per-set. Sedikit lebih jauh pusat pengrajin gebyok. Jadi memang jika ingin mebel murah di Jepara, butuh pemandu yang tahu dimana lokasi pengrajin yang tepat. Kaitannya dengan jumlah gaji borongan tukang karena tiap desa beda standar pembayarannya juga, sih.

  4. Kalau ndak salah ada juga mbak program ini di tanah air, tapi aku lupa baca di mana. Kupikir tadinya mbak EM mau bahas kejadian di tanah air he.. He.. Rupanya program asal Jepang toh

    Riku dan lobaknya memang berjodoh ya, sama2 tinggi besar

  5. daikon teh lobak ya mba?
    dijadiin selada gimana?
    dari dulu ga pernah doyan sama lobak 😦
    ga tau yah, mungkin salah masak atau apa, tapi bau khas lobak itu lho yang ga nahan
    makanya jadi penasaran klo banyak yang suka hehehehe

    btw, itu gimana nanemnya, kok bisa Riku dapat lebih besar dari teman2ny??? Beda pupuk atau beda kasih sayangnya hehehe

    *) mba tolong komen yg di atas itu dihapus, entah bagaimana bisa ter submit padahal lom kelar ngetiknya 😦

  6. KAlau di kampung ku yang paling banyak POHON KELAPA dan yang jadi favorit adalah minyak yang dibuat dari buah kelapa itu, enak banget kalo di makan bersama SAMBA LADO MUDO heheheh

  7. Haha. Tahu lobak pertama kali dari komik Doraemon, Bu. Langsung tanya ke Ibu, eh beliau bilang tidak pernah masak lobak karena tidak biasa di sini.

    Dengar kata daikon, langsung pula teringat komik Doraemon yang itu. Haha.

    Sudah ada satu-dua kepala daerah yang mengarah ke situ sih, Bu. Cuman ya itu, belum merembet ke daerah-daerah lain.

    Ya, paling paling lobak dipakai untuk Soto Bandung 😀 atau untuk lalapan
    EM

  8. waaah :O lobaknya besar banget :O
    ditempatku kayaknya yang terkenalnya waduk Jatiluhur deh yang malah lebih terkenal dibanding kotanya sendiri 😦 eh itu mah bukan produk bumi ya, berarti kalau produk bumi kayaknya gg ada yang terkenal dari Purwakarta 😦

  9. Waaahhh,, besar banget mbak lobaknya, hehehe.. Kalau di Pontianak apa yak? Mungkin terkenalnya jeruk Pontianak kali yak, tapi mah sebenarnya bukan dari Pontianak juga jeruknya, tapi dari sambas, hehehe

  10. Saat ekstensifikasi (perluasan lahan) sudah tidak memungkinkan, inilah saatnya melakukan diversifikasi (penganekaragaman tanaman). Kalau memang tanahnya cocok ditanami satu jenis tanaman, mau apa lagi. Ayo kita berkebun…!

  11. mgkn program spt ini blm ada di Indonesia ya mbak… tp secara otomatis hasil2 bumi tertentu memang banyak tumbuh di daerah tertentu jg kan, tergantung tanah dll… misal kentang dari Dieng, trus bawang merah yg bagus dari Brebes,, atau Jagung dari Gorontalo dan Palu…

    btw, lobaknya Riku besar sekali! hebat! 🙂

  12. sepertinya di Indonesia udah ada mbak.. saya pernah liat iklannya di TV.

    daerah saya? hm.. kalo jogja lahan untuk sawah, ladang, kebun udah minim banget… jadi nggak ada sepertinya…
    tapi kalo di sleman masih ada… daerah Turi terkenal akan buah salak-nya…

  13. Daikon nya Riku besar ya…
    Program ini belum pernah dengar di Indoensia, tapi kalau tiap daerah harus punya, memang harus disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Dulu, tiap daerah punya tanaman unggulan, seperti daerah Probolinggo dan sekitarnya, tanaman mangga…kemudian ada daerah kopi (Kediri ke atas).

    Yang jelas, jika kita pergi ke daerah, ada ciri khas, entah berupa makanan, kain tenunnya, hasil kerajinannya. Setahu saya, masing-masing daerah punya kerajinan tangan sendiri-sendiri yang berbeda satu dan lainnya…biasanya Pemda yang menggalakkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s