Kemarin

Ya, kemarin tanggal 1 November, angka cantik ya… karena kalau ditulis angka saja jadi 1.11.11 Dan biasanya aku menulis “Hari ini hari apa” di status FB ku, tapi kemarin sengaja aku lewatkan. Tahu kenapa? Buanyaaaaak peringatannya hehehe. Padahal aku sibuk jalan-jalan kemarin sehingga aku juga tidak bisa posting di awal November ini. Pulangnya sudah teler booo….

Kemarin ini menurut i-googleku adalah hari peringatan (bukan hari libur loh):

1. Hari Peringatan Pengukuran. Mulai dilaksanakannya UU pengukuran baru tahun 1993, dengan menyesuaikan dengan Stantad International (SI, dan di Jepang hal-hal pengukuran ini diurus oleh JIS (Japan Industrial Standard). Aku pribadi masih kurang nyaman memakai ukuran untuk tanah/rumah, misalnya dalam iklan ditulis tanahnya 30 tsubo, 1 tsubo itu adalah ukuran 2 tatami atau sekitar 3,3 meter persegi jadi aku ingat-ingat saja 30 tsubo kira-kira 100 meter persegi. Jarang sekali ditulis dalam m persegi.

2. Hari Mercu suar, karena tahun 1868 pertama kali Jepang mempunyai mercu suar ala eropa yang dibangun di Kannonzaki. (Duh padahal kami sering ke dekat sini, tapi belum pernah melihat dari dekat …sayang sekali! Nanti kalau ke situ lagi harus berfoto nih)

3. Hari Jietai (Pasukan bela diri Jepang) Sebetulnya hari pendiriannya tanggal 1 Juli 1954, tapi diperkirakan bulan Juli sampai Oktober ada banyak kejadian yang membuat Jietai harus bergerak, sehingga dipilihlah tanggal 1 November, karena diperkirakan cuaca yang paling stabil untuk mengadakan upacara dll adalah 1 November. (Kalau di Jawa nih pindah-pindah hari harus ruwetan dulu yah hihihi)

4. Hari Kesusastraan Klasik. Ternyata tanggal 1 November th 1008, pertama kali disebutkan nama Murasaki Shikibu dalam forum resmi sebagai pengarang Hikayat Genji (Genji Monogatari). Aku? tentu saja belum pernah baca buku ini secara lengkap, hanya garis besar… padahal (katanya loh) banyak cerita esek-eseknya loh hihihi. Ada nukilan dari Hikayat Genji ini yang sering dihafalkan anak-anak SD, dan Riku sudah bisa menghafalkannya.

5. Huruf Tunanetra Jepang yang disebut Tenji (็‚นๅญ— = huruf titik). Tanggal 1 November tahun 1890, Ishikawa Kuraji yang dikenal sebagai Bapak Huruf Tunanetra Jepang, berhasil membuat tulisan “braile” khusus bahasa Jepang dengan merubah dari 12 titik menjadi 6 titik.

6. Hari Anjing. Ini hanya karena gonggongan anjing di Jepang adalah “Wan wan wan!” jadi 1-11 kan hehehe

7. Hari Shochu dan Awamori, keduanya adalah minuman beralkohol, yang shochu dari daerah Kyushuu dan Awamori dari Okinawa.

8. Hari Sushi, karena awal bulan November memakai beras hasil panenan padi yang terbaru, jadi pasti enak!

9. Hari Furniture , ini tidak ada keterangannya mengapa dijadikan hari Furniture.

10. Hari Pendidikan, menjelang hari Budaya tanggal 3 November (hari libur nasional) hampir setiap Komite Pendidikan di tiap daerah menetapkan tanggal 1 sebagai hari Pendidikan.

Aku tidak bisa tulis posting baru kemarin karena kami jalan-jalan keliling Tokyo, dan pulang sudah malam. Capek bin teler, dan aku sedang menulis laporan jalan-jalan kemarin (belum selesai) tapi yang bisa aku laporkan sekarang adalah, Jika sampai kemarin tgl 31 Oktober hiasan di toko-toko dan departemen store adalah Halloween, mulai kemarin sudah mulai berhiaskan pohon Natal! Weks…. natal yang kecepatan tapi senang juga bisa melihat hiasan dan lampu-lampu itu cukup lama yaitu sampai tgl 25 Desember. Karena begitu tanggal 26 Desember hiasan akan berganti dengan hiasan tahun baru di Jepang yaitu bambu dengan pinus, tali tambang dsb.

 

Iklan

21 comments on “Kemarin

  1. waduh, itu klo dijadiin status di fesbuk panjang nian yak ๐Ÿ˜€

    eh udah pasang properti untuk natalan?
    bagus dong, biar cepet2 belanjain hadiah2 natal hehehe

    panjang kan? Makanya aku cuekin kemarin hahaha.
    hadiah Natal? hmmm udah banyak permintaan tuh dari anak-anak ๐Ÿ˜€
    EM

  2. Wah banyak bangt harinya mbak.. mengenai pengukuran termyata setiap negara punya ukuram masing2 yak.. aku aja skrg msh asing dengan hitungan feet dan mil.. apalagi jepang yg ngejelimet iu yak.. hehehe..

    Dan hari.sushi? apakah ada bagi2 sushi gratis pada hari itu? hehehehe *maunya

    Maunya sih aku juga ada bagi-bagi sushi gratis….tapi ngga ada tuh ๐Ÿ˜€
    EM

  3. angka cantik 11111 kalau istilah IT itu yes yes yes yes yes hehehehe…
    buanyak bener peringatannya ya mbak…

    kalau buat mbak imel sendiri yang special di kemarin adalah kedatangan tamu dari indonesia.

  4. jadi anjing Jepak itu gonggongya nggak guk..guk…guk…:D

    kalau ayam ...? kukuruyuk atau kongkorongok? he..he..bunyi suara bintang aja bisa diinterpretasikan beda2 ya

  5. Aku suka kalo Mbak Imel menulis peringatan ttg apa di Jepang setiap harinya, jadi menambah pengetahuan, kadang-kadang hari-hari liwat begitu saja kita lupa apa yg terjadi beberapa , puluhan, bahkan ratusan yang lalu. walaupun aku berkunjung ke Jepang tidak lama, aku masih ingat suasananya Tokyo saat itu, tepat dibulan ini juga November ๐Ÿ™‚

  6. Adaaaa saja peringatan hari di Jepang ya mbak. Mungkin untuk menandai suatu hari atau memotivasi? Herannya mbak Imelda kok ya tahuuuu… saja. Kasih tahu kepekannya dong mbak……

  7. 1 11 11 memang angka bagus….sebentar lagi juga ada yg bagus juga 11 11 11…malah sepupu saya maksa menikah di tanggal segitu….*bikin repot karena udah jauh di luar kota, jatuhnya ga hari leibur* apakah memang harus kali yah buat sesuatu yg spesial di tanggal spesial?

  8. iya angka cantik,,
    tadi nya mau ngerayain hari kemarin dengan nulis surat buat seseorang..
    tapi gak jadi,, ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    nanti juga tangal 11, itu tanggal cantik,,11-11-11

  9. Wah …
    banyak juga ya perayaan yang jatuh pada tanggal 1 November …
    (postingan seperti ini mengingatkan saya pada postingan-postingan kamu yang dulu)(hehehe)

    Wah yang kedua adalah …
    Rupanya masyarakat jepang sudah mulai menyambut natal nih

    Disini … saya belum melihat situasi tersebut

    Salam saya EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s