And You Were Born

“Mama kenapa itu perut mama? ” kata Kai sambil menunjuk jahitan bekas operasi di perutku.

Kami berdua sedang tidur-tiduran di tempat tidur. Capek setelah bekerja, dan kadang aku bermain dengan mengangkat Kai dengan kakiku sehingga dia bisa bermain “kapal terbang”. Tapi sekarang dia juga mulai berat sehingga bermain begitu bisa menimbulkan sakit punggung.

“Ini? Kai keluar dari sini loh!

“Heh??? ”

“Iya. Kai masih sekecil ini. Kai sudah mau cepat-cepat lahir, padahal belum waktunya. Jadi dokter keluarin Kai dari perut mama lewat sini. Dokter gunting perut mama, dan ambil Kai. ”

“Hiii sakit kan?”

“Waktu digunting ngga sakit karena dokter suntik obat supaya mama bisa tidur. Waktu mama bangun ya sakit sedikit (banyak sih sebetulnya), tapi bisa ketemu Kai. Mama senang sekali bertemu Kai.”

“Honto? Kai juga senang ketemu mama” dan dia memelukku.

“Iya Kai… mama juga sayang Kai. Kai keciiiil sekali waktu itu. Sekarang sudah besar. Kai musti tinggal di RS selama 1 bulan”

……dan dengan terpaksa (karena masih mau leyeh-leyeh) aku bangun mengajak Kai melihat foto-foto waktu dia lahir.

Lahir dalam usia kandungan 32 minggu, berat 1933 gram. Satu bulan harus hidup di inkubator.

Lahir prematur membuatku sedikit risau tentang kesehatannya, tapi syukur pada Tuhan bahwa sampai hari ini Kai tidak pernah sakit berat. Dan tidak pernah minum obat. Dia paling susah untuk diberi obat, karena tahu rasanya beda.

Belum satu tahun

Meskipun tidak dapat ASI (karena tidak keluar), daya tahan tubuhnya kuat dan cukup gemuk untuk usianya.

Setelah usia 1 tahun juga mesti setiap hari ke Penitipan Himawari, karena mama bekerja setiap hari Kamis dan Jumat. Berlainan dengan kakaknya, Kai cukup senang pergi ke penitipan setiap harinya, sehingga memudahkan aku yang mengantarnya.

Ulang tahun ke dua, ke tiga dilalui dan hari ini Kai berulang tahun yang ke 4. Dan untuk ulang tahun kali ini dia minta dibuatkan kue berbentuk mobil patroli polisi. Karena udara panas setiap hari, aku malas sekali membuat kue. Tapi rasanya kasihan juga jika bangun pagi di hari ulang tahunnya lalu tidak ada “kejutan”. Jadi deh aku buat kue sejak pukul 6 pagi dan selesai pukul 8 pagi, termasuk membeli whipping cream dan coklat-coklat untuk hiasan. Sepanjang pagi dia bernyanyi terus “Happy birthday Kai… Happy Birthday Kai…” geli rasanya mendengarnya.

Kai dengan kue ultah buatan mama. Permintaan khusus: mobil patroli polisi!

Happy Birthday dear Kai,

Tadinya mama anggap kamu berbeda dengan mama. Lebih mirip ke papa, tapi ternyata mama semakin melihat “ketelitian” dan “kecerewetan” kamu mendekati mama. Mama senang setiap Kai membantu mama menyediakan sumpit dan piring-piring. Atau membuang sampah dan mematikan semua lampu/listrik yang terpakai, padahal bukan Kai yang pakai listriknya. Mama juga senang setiap kamu mengatakan, “Ayo mama cepat! Nanti terlambat loh”, atau langsung mematikan TV begitu mama bilang “Ayo pergi!” atau “Ayo bobo”. Bahkan dengan “kurang ajar”nya kamu selalu memarahi Riku yang belum sikat gigi, atau nonton TV terus, atau belum mandi ๐Ÿ˜€ Duuuh Kai, kamu itu benar cerewet, tapi mama tahu kamu meniru mama, dan ingin juga turut berperan dalam kehidupan keluarga deMiyashita. Mama mengucapkan terima kasih. Dan satu lagi…. meskipun kamu sekarang sudah tidak mau mencium mama, dan tidak mau dicium mama (apalagi di tempat umum), mama tetap sayang kamu…. sampai kapanpun. Muach…muach ….. muach….

 

 

 

Iklan

28 comments on “And You Were Born

  1. anak laki2 memang begitu kali ya mba, klo udah gede ga mau dicium atopun mencium
    makanya klo si abang sesekali mau mencium pipi ini, surprise sekali hehehe

    Kai gedenya pasati ganteng, kiyut banget sih masih kecil juga hehehe
    siap2 aja Mama klo Kai diantri cewe2 nanti hahaha

  2. KAI…!!! Selamat ulang tahun ya! Aduh gemes banget lihat foto Kai sejak masih bayi sampai gede. Hihihi… Jadi kangen deh!

    Sebentar lagi ketemu kok tante ๐Ÿ˜€
    EM

  3. happy bday ya Kay smoga menjadi anak yang baik. sama kak aku punya pengalaman yg mirip sewaktu lahir Pascal harus dirawat dulu bayinya

    pascal prematur juga ya?
    EM

  4. aduh, kai senyumnya manis sekali…. ^_^ selamat ulang tahun ya, semoga sehat selalu dan panjang umur. btw, mbak imel, itu cara ngebentuk kue ultahnya gimana ya? boleh nih ditiru, hehe….

  5. aduh, kai senyumnya manis sekali…. ^_^ selamat ulang tahun ya, semoga sehat selalu dan panjang umur. btw, mbak imel, itu cara ngebentuk kue ultahnya gimana ya? boleh nih ditiru, hehe….

    heheheh gampang kok tresna…aku ngga pernah masak susah ๐Ÿ˜€
    Buat kuenya di loyang yang kotak. Belah memanjang dan bagian atas buat spt jajaran genjang. Baru hias. Udah gitu aja kok. Pakai loyang yang ada aja. Tadinya aku mau bikin rumah-rumahan tapi dia mintanya mobil patroli sih. Soalnya dia liat foto wkt kakaknya 5 th juga aku buatin mobil patroli. Dan menurut aku sih jelek, tapi Kai itu dengan bangganya bilang, “Lihat…mama buat mobil patroli untuk aku!” Seneeeeeeeeeeng banget dengernya
    EM

  6. happy birthday ya kai!!!
    semoga panjang umur, selalu sehat, tambah pinter dan tambah cakep… ๐Ÿ™‚

    duh pas lahir baru 32 minggu, kecil banget ya mbak bb nya aja gak sampe 2 kg ya… ๐Ÿ™‚

  7. ..
    met ulang tahun buat koala..
    semoga selalu sehat dan nurut sama mama..
    wah sekarang udah jarang gendong, berarti bukan koala lagi dong.. ๐Ÿ™‚
    jadi kayak burung yang cerewet..hihihi..
    ..

  8. Kai, selamat ultah sayang … ๐Ÿ™‚
    Wah, Kai waktu lahir kecil sekali, tapi begitu besar lucu sekali. Itu foto yang ke dua dikasih watermark, takut dicuri untuk iklan bayi ya Mbak? ๐Ÿ˜€ memang lucu sekali sih, cocok untuk iklan pampers ๐Ÿ™‚

    Iya, karakter Kai memang beda dengan Riku ya. Ah, ah … Kai nggak mau lagi dicium? Hiks hiks … apalagi sama saya ya? Tapi nggak papa deh, cium foto Kai aja ๐Ÿ˜€

  9. Kaii…
    Selamat Ulang Tahun ya…..
    Ingat Kai masih kecil, diajak ketemuan di American Grill jl. Sudirman….duhh Kai menggemaskan sekali…

    Kai,
    membaca cerita mama Mu ini, Kai memang makin mirip Mama ya….teliti, kalau cerewet sih nggak ya, kan maksudnya baik, untuk mengingatkan….

    Kai,
    Semoga sehat selalu ya, jadi anak baik, menjaga Mama bersama kakak.
    Tak sabar menunggu ketemu Kai di Jakarta….bukber ya Kai….

  10. Selamat Ulang Tahun Kai..! Senangnyaaa… dapet kejutan kue mobil2an hhehehe…
    Vania juga dulu keluarnya sama dgn Kai… And ya… Sakitnya ya Tuhaaan banget2 deh…

    Selamat sekali lg utk Kai yah! Semoga tambah pinter dan tambah cerewet tentunya… hihihi… ^_^

    abis operasi caesar, jam 2 sorenya (sesudah 5 jam) aku mesti JALAN sendiri ke WC dan bezoek Kai di ruang sebelah. Waktu itu tanpa sengaja aku berpegang pada tiang infus beroda dan hampir jatuh. Saat itu HB ku cuma 7.5 …jelas puyeng terus deh ๐Ÿ˜€ Oh ya aku ngga boleh ditranfusi darah karena carier Thalasemia
    EM

  11. Aduh mba, kok cepet banget ya kai udah ngga mau dicium/mencium? Padahal aku masih inget postingan yg kai cium2/peluk2 mba imel terus ampe bikin mba imel “gerah”…huhuu…nanti si addney gitu juga dong ya…aih sedih…

    Btw, HAPPY BIRTHDAY Kai….makin sayang mama papa ya….

    Kuenya lucuuu….cepet banget bikinnya cuma 2 jam… :))))

    iyaaaaaaaaa makanya nikmati deh. Anak laki cepet malunya, tapi katanya sih, kalau mau bobo masih manja.
    Skr yang bikin aku sebel, dia suka bangunin aku yang sedang nyenyak tidur, minta diambilkan susu …. haduuuh
    EM

  12. Kai cakep banget, Mba… Wajahnya Jepang banget ya…hehe…
    Wajah dari papa
    Cerewet dari mama
    Komplit, deh…

    Happy birthday, Kai…

    haduh yang jelek dari saya ๐Ÿ˜€
    EM

  13. oh.. KAI… How lucky u r to have such a caring lovely mama..
    *menetes air mataku baca artikel yang ditulis dengan penuh kasih sayang ini* ‘”aroma cinta”nya tercium lho dari Jakarta, K imel hehe
    Happy belated birthday, kai.. Makin banyak limpahan kasih sayang dan berkah di umur yang baru yaa..
    Kiss-kiss dari Tante ๐Ÿ™‚

    Terima kasih tante
    EM

  14. Wah, ada jagoan yang Ultah.
    Pantesan blog ini beberapa hari ngga bisa diakses, rupanya ditutup sementara demi perayaan Ultah. ๐Ÿ˜›
    Selamat Ultah Kai ๐Ÿ˜€

  15. Selamat ulang tahun KAI, semoga panjang umur, selalu sehat,ceria dan pintar.
    Kenapa kok minta kue mobil patroli KAI ? Mudah tuh mbuatnya, kalau kue pesawat terbang mungkin agak sulit.
    Salam angat dari Surabaya

  16. waah, aku terlambat membaca ini. Selamat ULTAH, Kai.
    doaku : kamu selalu sehat, tambah pintar, dan selalu membuat Mama Papa bangga. Amin

    terima kasih tante
    EM

  17. Aku pun telat bacanya…
    Selamat ulang tahun ya Kai. Tak terasa ya, kayaknya kemarin itu baru berulang tahun, eh sekarang sudah ulang tahun lagi.
    Senang deh mendengar kecerewetan anak, berarti anak kita memang peduli ya. Mudah2an sampai besar tetap teliti dan teratur yaa…

  18. Waaah, happy brithday Kai…. imut sekali kau, Nak ๐Ÿ˜€

    Untung ya punya Mama dengan segudang akal, jadi apapun permintaan Kai, abrakadabraaaa semua tersedia….. ๐Ÿ˜€

  19. wahhh mbak….tulisanmu bikin terharu…
    kalau nanti aku punya anak aku juga mo koleksi foto2nya dari ultah setahun sampai dia besar…

    dan kai memang rajin, inget gak waktu di RD dia ikutan bantuin nyapu dan mungutin sampah…hehehehe jadi kangen dia ๐Ÿ˜€

  20. dan aku selalu ngefans sama kai… ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    kai itu lucu ..

    walaupun udah telat…
    tapi selamat ulang tahun ya kai..
    semoga yang terbaik selalu untuk kai…

    tante putri,,seneng deh prnah kenal kai..
    oh ya aku waktu itu kebagian cium kai gak ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s