A +

Sebuah percakapan di chat :

Imoe : sore mbak
aku     :  soreeeee  Kai sejak minggu demam tadi baru periksa semua, ternyata kena (gejala) pnumonia
Imoe : waduhhh
aku     : batuk terus
Imoe : sekarang gimana kondisinya ?
aku     : skr lumayan sih udah turun demammnya dan udah mau makan
Imoe : gak sekolah dong
aku     : iya lah sejak senin
Imoe : peluk aja terus, pelukan membawa ketenangan
aku     : iya tidur kan sama aku terus sampe aku jg ketularan
Imoe : heeehehehe biasa itu, mkn karena se golongan darah

waaaahhhh aku cukup kaget karena baru kali ini ada orang yang mengatakan tertular karena golongan darahnya sama. Dan aku memang belum tahu apa golongan darahnya Kai. Apa memang benar sama denganku.

Pagi ini aku ada janji ke dokter anak untuk Kai pukul 9:45. Karena aku lumayan berat flunya (kemarin ngajar sambil srat srot deh) aku tidur lagi begitu Gen dan Riku pergi ke kantor/sekolah. Kupikir aku ada waktu 1 jam, lumayan lah sebelum ke dokter. Aku pasang alarm jam 9:15, dan tidur berduaan Kai. Tiba-tiba pas aku terbangun lihat jam…. wah! sudah pukul 9:50! Gimana dong.

Kai juga sudah bangun, dan aku ajak pergi ke dokter cepat-cepat. Masih nungguin Kai sarapan dulu sambil aku ganti baju. Akhirnya kami sampai di dokternya (jalan kaki dalam hujan) pukul 10:20. Tidak ada pasien di ruang tunggu 😀 Pasiennya malas berobat dalam hujan mungkin yah 😀
Jadi meskipun terlambat aku disegera dilayani, masuk ke ruang periksa. Kai memang sudah tidak demam sejak Sabtu kemarin, tinggal batuknya saja yang masih tinggal. Jadi dapat obat tambahan dan surat keterangan sudah sembuh untuk diberikan pada TK nya. Di sini memang harus membawa “Surat Sembuh” untuk penderita penyakit yang menular, dan Mycoplasma ini termasuk menular. Sepuluh hari Kai tidak masuk nanti tidak dihitung absen jadinya.

Kertas hasil pemeriksaan golongan darah Kai

Dan aku juga mendapatkan kertas kecil bertuliskan A (+) hasil dari pemeriksaan laboratorium darah hari Kamis yang lalu. Aku memang minta khusus karena aku belum tahu apa golongan darahnya Kai selama ini. Heran deh di sini  waktu lahir bayi tidak diberitahu apa golongan darahnya. Apa karena ada kemungkinan berubah? Yang pasti setiap aku tanya dikatakan nanti saja diperiksa jika perlu ambil darah sekalian. Jadi selama 3 th 10 bulan Kai hidup di dunia ini aku baru tahu sekarang bahwa dia SAMA golongan darahnya denganku.

Dan sambil bercanda dengan dokternya aku katakan, “Wah dok dia sama dengan saya. Padahal menurut saya dia yang lebih murni golongan darah A nya. Karena dia bersihan/teliti, kalau saya pasti salah tuh golongan darahnya :D.” Dokternya berkata, “Kalau begitu nanti suruh Kai saja yang bersih-bersih yah :D”

Ya di Jepang orang percaya sifat menurut golongan darah A, AB, B dan O. Jika berkenalan pasti sering ditanya kamu golongan darahnya apa. Biasanya senang jika bertemu orang yang golongan darahnya sama, atau dalam percakapan golongan darah ini bisa menjadi tema pembicaraan yang menarik.

Secara garis besar, golongan darah A dikatakan : orangnya bersihan, teliti, detil (yang tidak cocok untuk diriku 😀 ) bijaksana, mudah bekerjasama/akrab dengan siapa saja.  Selain itu golongan A dianggap perfeksionis. Sedangkan Gen dan Riku sama-sama golongan darah O, yang katanya: sifatnya spontan dan tidak mau kalah.

Dikatakan yang cocok menjadi leader kebanyakan adalah golongan O, sedangkan A cocok menjadi pembawa acara.

Dalam penyakit golongan A sering terkena flu, sedangkan golongan O dianggap bisa hidup panjang. Alasannya tidak mudah stress,  daya tahan terhadap penyakit menularnya juga kuat, tapiiiii mudah menjadi botak tuh 😀

Yang aku rasa lucu waktu membaca soal sifat menurut golongan darah ini, yang disukai orang dalam pertemanan adalah pria bergolongan darah O dan wanita bergolongan darah A. Tapi yang paling tidak sukai untuk dijadikan teman adalah golongan darah B. Karena golongan darah B ini suka bicara blak-blakan, padahal di Jepang biasanya kita tidak berbicara blak-blakan, harus lihat sikonnya dulu. Golongan darah B juga suka bertualang sehingga kemungkinan selingkuhnya tinggi. Tapi kebanyakan mahasiswa Universitas Tokyo yang terkenal itu memang bergolongan darah B!

Well, aku tidak percaya pada pembagian sifat menurut golongan darah. Masak sekian milyar penduduk dunia bisa dibagi hanya menjadi 4 golongan. Pembagian menurut bulan kelahiran saja yang 12 bulan (menurut horoskop) banyak yang tidak cocok, apalagi berdasarkan golongan darah? Tapi seperti yang aku lakukan dengan ramalan bintang, aku hanya melihat yang baik untuk lebih dikembangkan, dan yang jelek supaya bisa dikurangi. Dan sepertinya soal mudah tertular penyakit aku perlu hati-hati dan mengikuti saran untuk lebih banyak istirahat (dan olahraga).

Dan semoga kelak Kai yang bergolongan darah A (+) bisa mendapat banyak nilai A di sekolahnya 😀

Jadi, apa golongan darahmu? Pernah perhatikan sifat teman yang segolongan darah?

Di pagar rumah di tengah perjalanan ke RS aku menemukan ini. Botol diisi air (dengan tutup) diatur sepanjang pagar. Selain di pagar juga ada di tiang listrik. Kegunaannya? Mengusir kucing supaya tidak mendekat dan kencing di situ.

Iklan

34 comments on “A +

    • Wuih!
      Ternyata kita draw.
      Bu eM pertamax ditempat saya dan saya balas pertamax disini.
      Kalau tenis ini servis yang nggak terjangkau musuh dan langsung jadi poin.

      iya loh pak. Sebetulnya psting baru bapak belum masuk ke feeder saya. Tapi lihat di twitter sudah ada, jadi loncat dari twitter 😀 Kadang twitter lebih cepat dari FB (Networked blog) dan blogspot.

      EM

  1. Selalu ada hal mengejutkan di sini. Botol air untuk mengusir kucing dan mencegah mereka pi? Hoho.. bisa ditiru disini.
    Susi pernah baca juga sih kita lebih mudah tertular jika golongan darahnya sama. Seperti jika tengah menguap, kita yang sefolongan darah lebih mudah tertular menguap. Katanya, sih.

  2. iya ya kok gak diperiksa golongan darahnya dari lahir ya. mestinya golongan darah kan gak mungkin berubah mbak…

    btw baru tau saya kalo ada sifat2 berdasarkan golongan darah. tapi sedikit banyak kayaknya bener juga tuh. 🙂
    saya gol darah A dan cukup perfeksionis makanya jadi gampang stress. hahaha. dan gampang kena flu!
    esther gol darah O, dan emang lebih spontan dan lebih gak gampang stres. hahaha.

    btw thank God ya kai udah membaik… mgoa2 batuknya cepet ilang.. dan moga2 mbak imel juga sehat2 ya…

    Iya, setelah dipikir mungkin krn anakku dua-duanya prematur ya? Jadi kasian mau diperiksa darahnya kali 😀
    Secara garis besar emang bener sih. si Gen jarang stress, aku stress mulu (meskipun ngga diperlihatkan)
    EM

  3. Wah Mba Imel ide org Jepang dan botol air utk cegah kucing buang air boleh juga tuh… *baru tau*

    Mba, aku jg gak terlalu percaya pembagian sifat berdasar gol darah… kan sifat genetik juga…
    mnrt ku sih, gol darah lebih ngaruh ke metabolisme kali yah?

    abis klo percaya gol darah mencerminkan sifat,… buktinya aku yg O gampang stress juga… hehehe… dan…. suamiku gol darah B…! wah bagaimana nasibku dong Mba Imel? huhuhu…

    • saya juga mau coba botol diisi air nih mba.. dirumah banyak banget kucing yang suka main.. malah kadang berantem di rumah saya juga.. mudah2an manjur caranya orang jepang neh

  4. Hehe.. jadi inget obrolan panjang kali lebar tentang sifat dilihat dari sisi perbintangan 😉
    Hidup Capricorn hehehhehe,,
    *mampir baca sekalian mau bilang K IMELLLLLL, AKYUUUU KANGENNNNNNNNN*
    hugggssss n kissssessss

  5. hahaha…aku pikir tadi A+ judul tulisan ini adalah nilai Kai disekolah
    ternyata golongan darah ya Mbak Em 🙂

    kalau gitu golongan darah kita sama dong, aku juga A+ 🙂
    sama dgn Mbak EM, aku juga gak percaya dgn cerita ttg sifat orang yg dinilai melaui horoskop atau golongan darah .

    Semoga batuknya Kai segera pergi dan Mbak EM juga selalu sehat ya Mbak 🙂
    salam

  6. sayapun pernah dengar tentang penularan penyakit itu yg lebih mudah karena golongan darah sama itu, dan kisah di atas ternyata menjadi salah satu buktinya. hehehe…

    Golongan darah B kemungkinan selingkuhnya tinggi
    whuahahahaha…. untung, untuuuung sayanya bukan itu.

    Pernah perhatikan sifat teman yang segolongan darah?
    pernah, dan sama² keras kepala

    Saya? AB, pria tulen. hehehe…

  7. Baca artikel ini menarik sekali. Trimakasih infonya jadi tahu lagi deh kebiasaan orang2 jepang yang unik2.
    Goldar saya A dan saya sering jadi pembawa acara. cocok dong 🙂

  8. Ternyata pengetahuan Imoe soal anak luas sekali. Aku pun nggak pernah terbersit soal itu. Malah baru tau lewat tulisan ini (andai percakapan dengan Imoe dan pembahasan sakitnya Kai tidak dirawi dalam bentuk tulisan seperti ini, niscaya aku takkan pernah tau 😀 )

    Jadi, apa golongan darahmu?
    Golongan darahku, hmm-hmm-hmm… 😉

    Pernah perhatikan sifat teman yang segolongan darah?
    Pernah. Rasanya memang iya. Ada kemiripan. Tapi aku nggak percaya. Mungkin saja itu penilaian personal secara kebetulan belaka. Hehe.

  9. Kucing? Biar takut karena melihat bayangannya sendiri menggelembung, yak? 😀

    Wah, ternyata kita segolongan, Bu. Saya juga A. Dan memang lebih sering terkena flu. Tidak tahan angin, terutama malam.

    Kalau saya orang Jepang, pasti bakal bilang: “Senangnya… Bertemu dengan orang bergolongan darah sama… Mohon bantuannya.” 😀

  10. mbak…kirain tadi soal nilai…hehehe

    (jadi mau mengamati nih, ada pengaruhnya soal sifat n gol darah…qiqiqi)

    Soal air di botol itu, saya pikir itu buat cadangan air yang sengaja ditaruh di luar, buat jaga2 kalo kondisi darurat (gempa).

  11. Hmm.. yaa.. O

    Yang paling penting katanya O itu bisa makan makanan jenis apa saja, jadi saya senang-senang saja dengan golongan darah saya. Kalo misalnya saya dilarang makan sesuatu hanya gara2 golongan darah tertentu, ow ow ow.. :p

  12. wah jadi tambah informasi nih…aku golongan darah A, Mel, tapi aku kok beda sama Arum yang juga golongan darah A ya ? Arum malah seperti bergolongan darah O….smg Kai cepat smbuh.

  13. Saya juga nggak percaya dengan pembagian karakter berdasarkan golongan darah. Tapiiii… kalau yang botak itu kayaknya bener deh. Hihihi, aku merasa kok.

    Oww, jadi buat ngusir kucing itu caranya begitu ya…

  14. O nggak mau kalah? hehehe….Jangan-jangan benar ya, soalnya kalau ada anakku yang lagi stres, menyemangatinya dengan…”ayoo semangat, perjuangkan mimpimu, walau sampai tetesan darah terakhir, sepanjang masih bisa bangun…” Lebay ya….hahaha

    Di rumah cuma saya yang O, lainnya B (suami dan anak-anak).
    Katanya memang ada sifat menurut golongan darah, ada makanan yang cocok untuk golongan darah tertentu….mungkin selain benar, ini juga jadi bisnis ya….bisnis membuat buku, paling tidak…

  15. Mbak EM, Kai dan Adrian golongan darahnya sama! 😀 Soal teliti dan bersihan itu bener banget hahaha
    Aku goldarnya B mbak, and yes seneeeeng banget berpetualang (tapi amit-amit soal selingkuhnya *ketok meja*)

    Oh jadi Kai kena pneuomia ya mbak? Adekku dulu juga kena itu (dia goldarnya O padahal)

  16. Oh… saya O… kok semuanya benar ya.. 😀
    Saya kadang suka gak mau kalah. :mrgreen:
    Juga, Mbak Imel tahu kan, jidat saya nong-nong…. Tapi saya gak botak dan gak mau botak! 😡

    😆

  17. Hehehehe sejak kemaren kemaren mau comment tapi tak tau apa yang di commenin, soalnya tiba tiba chatingan aku muncul di postingan bagus ini wahhhhh. Stttttt saya dapat ilmu kalau segolongan darah itu gampang menular dari ponakan saya stttttt jangan bilang bilang ya ….

    hahaha…tahunya dari ponakan toh…
    Tapi setelah aku telusuri memang setiap Kai sakit, aku ikut sakit, padahal Riku dan Gen biasa aja 😀
    EM

  18. Wahhhhh A ya, aku lupa, ntar kita bisa saling donor kalo gitu hehehehe. Hmmmm *sambil mengingat….kalo gak salah siy saya A juga hehehe

    Iya kan kita juga deketan ultahnya 😀 **loh apa hub nya ya?**
    EM

  19. ih ternyata dolo blom komen dimarih yak 😀
    padahal aku ya gol darahnya ya A+ juga lho mbak
    samaan kita yak hehehe
    iya mbak, aku juga gak percaya sepenuhnya
    tapi mungkin itu ya … unsur2 yg diprediksi itu dominan, terus dikombinasi sama hal2 lainnya jadi deh pribadi masing2 hehehe

  20. spontan dan gak mau kalah….?? gawat…ny, mas tok, anak2…O semua mbak, pantesan rumah ny rame mulu ya? wkwkwkwkwk

    ngomong2, masak iya kucing “sungkan” sama botol air itu mbak? kucing jepang kali ya? kucing nenny malah nekad, tambah acak2an deh rumah, abis botol2 nya dijadiin mainan…hahahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s