Sepuluh Pagi

Apa yang kalian lalukan sekitar pukul 10 pagi? Kalau bekerja di kantoran pasti sedang bekerja ya? Tapi ibu-ibu rumah tangga Indonesia biasa sedang apa tuh kalau pukul 10 pagi? (Please jangan bilang sedang nonton sinetron yah hehehe)

Hampir semua ibu RT di Jepang biasanya mengerjakan pekerjaan rumahnya, karena toko-toko baru buka pukul 10 pagi, jadi belum bisa belanja. Meskipun aku sering bertemu “antrian” di depan supermarket sekitar 10 menit sebelum pukul 10 pagi… mungkin ada barang-barang khusus yang dijual murah begitu toko dibuka. Ibu-ibu itu tahu saja deh.

Bagaimana mereka bisa tahu di supermarket itu ada jual barang tertentu yang murah? Nah itu ada hubungannya dengan kegiatan ibu-ibu RT sekitar pukul 10 pagi, yaitu baca koran! Pinter ya ibu-ibunya hehehe. Tapi memang aku merasa banyak pula tujuan ibu-ibu berlangganan koran sebetulnya untuk melihat orikomi ๆŠ˜่พผใ€€yang sebetulnya artinya lipatan, tapi biasanya merefer pada lipatan pamflet/kertas untuk iklan-iklan. Orikomi ini diselipkan di lipatan koran sehingga namanya shimbun orikomi.

Harga sayuran di salah satu supermarket. Kalau dirupiahkan mahal kan?

Lipatan dalam koran berupa kertas iklan itu amat bermanfaat bagi ibu-ibu. Ada iklan supermarket memuat barang-barang sale pada hari tertentu. Atau baju-baju musiman yang dijual murah oleh toko baju. Komputer/AC/TV murah dari toko-toko elektronik. Dan juga penjualan rumah/mansion di daerah sekitar tempat tinggal kita. Bukan hanya barang-barang, ada pula iklan lowongan kerja, sekolah bimbingan belajar, kursus ini itu…. bermacam-macam. Hanya dengan melihat orikomi saja, ibu-ibu bisa membandingkan harga, hari ini mau membeli terong di supermarket A, karena lebih murah 20 yen dari supermarket biasanya. Hemat dengan BBM = Berburu Barang Murah deh. Atau bahkan bisa memikirkan menu masakan hari itu dari barang-barang murah yang dijual di supermarket.

Iklan kursus dan iklan mansion diselipkan dalam lipatan koran

Ya, pengelolaan surat kabar juga sangat tergantung pada pengadaan orikomi ini. take and give. Surat kabar menerima uang iklan, sedangkan perusahaan pemasang iklan tidak perlu menyewa orang untuk membagikan kepada masyarakat, tinggal menyerahkan hasil cetakan kepada distributor koran. Ada hari-hari tertentu untuk pamflet iklan lowongan kerja, dan yang paling banyak orikominya biasanya akhir minggu, karena perusahaan mengharapkan keluarga-keluarga akan menghabiskan week-end mereka di toko-toko/galeri mereka.

Selama hampir sebulan ini, aku tidak mengajar di universitas. Sebagai imbas gempa Tohoku, tahun ajaran tahun 2011 yang biasanya dimulai April, jadi mulai bulan Mei. Setelah mengantar Kai ke TK antara pukul 8:30 -9:30 aku pulang dan membereskan rumah, dan kadang- kadang aku membaca koran dan melihat orikomi yang terselip di koran. Begitulah kegiatanku sekitar pukul 10 pagi akhir-akhir ini dan sebentar lagi akan berakhir. Aku sedang menikmati menjadi ibu rumah tangga full-time nih.

Iklan

20 comments on “Sepuluh Pagi

  1. Jam 10 pagi, selesai meeting, telpon-telpon .. internetan, kalau sempat ..
    Kerja berikut menanti .. makan siang …

    Wah itu koran sama dengan kawan kawan di amriki ya berguna untuk dapat potongan harga berbagai jenis barang .. kalau pandai memanfaatkan sangat berguna untuk penghematan

    Tapi bukan dipakai untuk bukti mendapat potongan loh, hanya iklan saja bahwa ada penjualan murah
    Jarang sekali “potongan sekian persen untuk pembawa pamflet ini”, atau gunting di sini untuk mendapatkan diskon.

    EM

  2. ckckck…
    lagi lagi aku jadi tahu sedikit rahasia tentang wanita jepang…
    yang belum pernah terkuak di dorama jepang…hihihi…

    Kalo jam segituan sih biasanya…
    lagi nungguin Kayla pulang sekolah…
    *pake jemputan komplek*
    sambil beres beres ala kadarnya dan dengerin acara musik di TV…

    pindah pindah chanel ke acara gosip juga siiiiih…
    *emak emak yang selalu haus akan gosip*..

    yang penting bukan sinetron kan mbaaaa…
    *membela diri*

    padahal nonton gosip sama nonton sinetron sama nista nya ya mba…hihihi..

    Kalau di Jepang jam 10 biasanya belum ada drama atau acara infotainment di TV. Biasanya isinya kelas masak deh hihihi. Eh tapi ngga tau juga ya, soalnya aku ngga pernah nyalain TV untuk nonton sendirian. Biasanya TV dimonopoli anak-anak dan suami. Ngga pernah nonton drama juga. Aku ya beresin rumah tentu nyambi blogging, komputer + internet ku nyala terus sejak aku bangun sampai tidur hehehe
    EM

    EM

  3. kalo di indo, jam 10 kayaknya bukan nonton sinetron mbak, tapi nonton infotainment! huahahaha…

    btw kalo ada promosi di supermarket gitu, emangnya sampe harus ngantri sebelum buka gitu ya mbak? karena quantity nya terbatas gitu?
    kalo disini, rata2 (ya gak semua sih) kalo sampe barang yang lagi promo itu abis stok nya, kita boleh rain check. jadi ntar dikasih catatan dari kasir, kalo ntar barangnya dateng lagi, walaupun masa promo udah abis, kita tetep bisa dapet harga promo.

    Gitu ya, aku ngga tahu TV Indo isinya apa aja sih… Ngga pernah nonton TV juga kalau mudik ๐Ÿ˜€
    Ya biasanya quantitynya terbatas, jadi misalnya cuma 200 orang pertama. Kan barang yang dijual itu produk mentah atau dapur/rumah deh. Bukan promosi barang baru loh. Kalau promo barang elektronik biasanya diberi tahu buat 5 orang pertama, dan ada yang bisa pesan lewat telepon. Ngga ada catatn dari kasir gitu. Kalau di amazon kan malah bisa pesan sebelum barangnya masuk pasar (untuk barang-barang tertentu). Seperti dvd nya Michael Jackson yang “This Is IT” aku pesan jauh sebelum dijual bebas, tentu dengan harga promo

    EM

  4. orikomi itu mulai ada di sini mbak,
    tapi jarang2 juga sih, dan yang sudah mulai pakai cara itu setahuku baru yang dagang antena TV, minimarket

    oh sudah mulai ada ya? Tapi mungkin untuk daerah2 tertentu ya?
    EM

  5. Haha. Kalau lihat dari dorama-dorama atau anime, memang lucu juga ibu-ibu di Jepang itu. Kalau ada diskonan, pasti langsung berkerumun di depan toko. Berbaris sih biasanya. Begitu toko dibuka, langsung deh tuh ibu-ibu pada nyerbu masuk, langsung ke bagian yang diskon gede-gedean, ampe rebutan segala. ๐Ÿ˜€

    Di sini juga sebetulnya gitu juga. Emang ibu-ibu, lihai melihat peluang diskon. Hoho. ๐Ÿ˜€

    Yang baris di Jepang sebelum toko buka juga bukan hanya di depan supermarket loh. Di depan Pachinko juga banyak. EM

  6. Jam 10 pagi? Tergantung hari mbak ๐Ÿ˜€ kadang jam 10 ngemil, kadang internetan tapi seringnya dikasih kerjaan ama pak bos *yaiyalaaah Ka!* ๐Ÿ˜€ hihihi
    Selain Jepang kayaknya bbrp bagian US ada yang pake kupon gitu.. (liat di tipi siy mbak hehehe)

    Ini bukan kupon loh, hanya selebaran iklan
    EM

  7. pkl 10 itu jamnya kelaperan kalo pagi gk sarapan..
    jadi pkl 10 itu waktunya bikin POP Mie atau ngemil makanan kalo pas di kantor..
    tapi sering2nya pkl 10 itu waktunya sibuk.. Kesibukan di kantor, rapat2 biasanya dimulai pkl. 9.

    Kak, kalo di Jepang bangun pagi itu standarnya pkl berapa si kak?
    Kalo toko2 kebanyakan buka pkl.9 atau 10. Dan kegiatan2 lain ky’nya jg dimulai pkl segitu. Trus, bangun paginya itu pkl berapa si kak?

    wah bangun paginya jam berapa ya? Mungkin jam 6-7 an. Karena peak nya rush hour kereta jam 8 pagi. Anak-anak sekolah mulai jam 9 pagi. Jangan lupa bahwa orang Jepang kerja sampai malam, dan mereka menurut penelitian rata-rata tidur 5 jam sehari ๐Ÿ™‚

    ada artikel yang bagus tapi dalam bhs Jepang. Ntar kalau ada wkt aku coba tulis (ngga janji tapi hehehe)
    http://www.hito-rhythm.com/circadian_rhythm/column09.html

    EM

  8. jam 10 pagi..? hmmm.. kalo lagi nggak ditempat kerja, biasanya main sama anak klo dia lagi nggak sekolah, berkebun, atau blogging… hehe…

    wah,… makasih sharing ceritanya ttg ibu2 RT di Jepang… ๐Ÿ™‚

    hehehe ibu-ibu RT yak. hmm bisa jadi cerita lagi nih kalau soal ibu rt ๐Ÿ˜€ musti bikin tag baru kayaknya
    EM

  9. Jam 10 saya di kantor.. maklum belum punya anak ^o^ tapi Mama saya jam segitu sedang masak, belanjanya subuh karena murah

    hehehe memang yang office lady lain lah.
    EM

  10. Aku kalo lagi off jam segitu pasti sedang berjibaku dengan cucian segunung Mbak Imel, tapi sementara cucian lagi dimuat di mesin cuci aku online…he…he…

  11. Jam 10 pagi, menidurkan si bungsu, Tio ๐Ÿ™‚
    dan kebablasan ikut tidur, sampai musti dibangunin sekitar jam 11 untuk jemput Kayla di sekolah.
    Itu juga kegiatanku sejak fulltime di rumah.
    Kalau di Indonesia, lipatan berupa kertas iklan itu kadang-kadang saja, misalnya perusahaan A sedang promo besar-besaran terhadap produk barunya.
    Yang rutin sih, malah dari minimarket-minimarket, pegawainya sering membagi-bagikan kertas iklan untuk produk minimarketnya, yang sedang diskon.

  12. jam 10-an di rumah? kadang ngenet, kadang masih berkutat dg kata-kata dan kamus, kadang tidur untuk membalas tidur yang semalam karena begadang.

    tapi kadang jam 10-an blogwalking, Mbak… kaya ngunjungi TE pagi ini hehehehe…

  13. Jam 10 pagi …
    biasanya banyak yang menjemput anak-anak sekolah EM
    (setau saya …)
    Karena anak kelas 1 dan 2 biasanya pulang sekitar jam 11 an

    salam saya

  14. Jam 10 pagi…biasanya sedang set up meeting….kalau ga di kantor sediri atau di kantor orang. Maklumlah prajurit itu khan kudu mobile. Tapi kalau ga mobile….menyelesaikan urusan administrasi yang bertumpuk…..

  15. Pekerjaanku yang tidak full time terasa menyenangkan, bahan kerjaan bisa dikirim lewat email, nanti tinggal di print oleh sekretaris untuk bahan meeting. Saya berangkat jam 9 pagi, dan mendekati jam 10 pagi sudah ada dipintu masuk Mal karena kantorku menyatu dengan Mal..

    Menikmati Mal yang baru mau buka, melihat para pekerja membersihkan kaca, mengepel lantai, bau harum terasa segar. Jika belum sempat makan, saya mampir dulu di kedai di lorong Mal, beli teh tarik panas dan sandwich…nanti oleh pegawainya dikirim ke kantor.

    Iklan yang diselipkan di koran juga banyak di Jakarta, malah kadang berupa majalah. Dan juga banyak yang dilempar ke halaman rumah…lumayan juga karena kita jadi tahu jenis makanan yang bisa dipesan untuk di antar (ketahuan males masak ya?)

  16. Hmmm.. Asyik juga ya, banding2in harga.. Catet2 agenda..
    Aku sih suka, tp kl dibayar ๐Ÿ˜€ kl bwt kgiatan sehari2, aku jd mrasa g aman kl g hasilin duit sndr hehehe
    Jam10.. Trgantung anaknya umur brp kn.. Kl msh kcl, mgkn jam10 ud slsai dr TK kan.. Kl ud gede, malah mamanya bs bebas bgt sesiangan
    Hmmm.. Aku bakal jd ibu RT ga yaaah ๐Ÿ˜€ males ah

    ~LiOnA~

  17. Jam 10 pagi ya…biasanya nonton TV, sama komputeran, mimikin si Tsaqif..eitt…tapi aku suka nonton NHK sama Arirang TV Korea lho…so emak emak gini tetap turn off to sinetron…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s