Hubungan Riku dan Pa’ Mali

Tanggal 22 Malam (selasa) aku ditelepon papaku dari Jakarta. “Mel, Riku ulang tahun kapan? ” “Oh masih lama, Jumat tanggal 25 kok”. Rupanya mama yang menyuruh papa telpon dan meyakinkan diri bahwa memang tanggal 25. Mama itu hebat, dia selalu ingat tanggal-tanggal ulang tahun orang. (Tapi… pas tanggalnya lupa, karena tidak tahu hari/tanggal ๐Ÿ˜€ )

Yang mau berulang tahun sendiri, si Riku sudah hitung-hitung hari ulang tahunnya sejak sebulan sebelumnya. “Ma, aku tinggal tidur 20 hari lagi ulang tahun ya?” “Iya…. ”ย  (huh kalau masih kecil rasanya senang ya menghitung HUT, kalau sudah tua maunya sih jangan cepat-cepat bertambah tuanya :D)

Dan aku memang tanya kepada Riku, bagaimana dia mau melewati hari ultahnya tahun ini. Tahun lalu dia gagal memanggil teman-temannya ke rumah, jadi apakah tahun ini mau panggil teman? Kalau memang mau, lebih baik diadakan hari Kamis, sehari sebelumnya. Pertimbangannya tentu saja waktu.

Kami cuma bisa memanggil anak-anak untuk datang sendiri kerumah kami sampai dengan pukul 4:30 sore. Selama winter bel kelurahan yang menyuruh anak-anak SD pulang akan berbunyi pukul 16:30. Silakan baca di sini untuk keterangan bel kelurahannya. Padahal kelasnya Riku selesai sekitar pukul 3 siang. Jadi hanya ada waktu 1,5 jam saja. Kalau hari Jumat, pas di hari ulang tahunnya, Riku harus pergi ke les Inggris dari jam 3:30 sampai 4:30. Jadi tidak mungkin diadakan pas hari ulang tahunnya. Tapi aku tanya dulu pada Gen, apakah pamali mengadakan pesta HUT sebelum harinya. Kalau orang Indonesia pamali, tapi akuย  pribadi tidak jadi masalah…. hehehe (Tidak begitu percaya pamali-pamalian)

Nah, supaya kesalahan seperti dulu tidak terulang, aku membuatkan surat undangan kepada ibu dari teman-teman dekatnya Riku yang ingin diundang. Riku mau mengundang 3 teman laki-lakinya, jadi aku membuat 3 lembar. Dan tak lupa aku tulis, “Pesta kecil ini hanya makan pizza dan kue tart, jangan membawa apa-apa”. Soalnya orang Jepang tidak bisa datang dengan tebura ๆ‰‹ใถใ‚‰ใ€€(tangan kosong).

Dan sebetulnya ada satu lagi kebiasaan merayakan ulang tahun di Jepang yang agak aneh. Kalau di Indonesia, yang berulang tahun merayakan pesta dengan biaya dari yang berulang tahun kan? Sedangkan kalau di Jepang biasanya yang berulang tahun tidak mengeluarkan biaya apa-apa. Semua disediakan oleh teman-temannya yang menyelenggarakan pesta. Makanya aku sering bilang, kalau aku ulang tahun kita pakai cara Jepang ya. Kalau kamu ulang tahun pakai cara Indonesia :D.

Jadilah hari Kamis, 5 temannya Riku datang ke rumah. Loh kok 5? Hehehe, bertambah 1 teman perempuan dan 1 teman laki-lakinya, jadi total 4 laki dan 1 perempuan. Bahkan si cewe ini sudah membuat program pelaksanaan pesta HUT Riku. Kapan main ini, kapan main itu, kapan makan dsb… Dan memang si cewe ini pintar dan agak cerewet euy. Aku sempat diinterogasi olehnya. Such as, Kapan datang ke Jepang, belajar masak dari mana, dsb dsb… Huh dasar cewek …cerewet hahahaha.

Pesta untuk anak-anak itu tidaklah perlu menyediakan makanan mahal. Buktinya yang laku dari yang aku sediakan (Pizza, ayam goreng, kentang Mac D) adalah French Friesnya Mac D….weleh…tahu gitu kan aku beli aja yang banyak :D. Apalagi anak laki-laki, tidak begitu makan yang manis (kecuali anakku ๐Ÿ˜€ RIKU, kalau Kai juga tidak begitu suka manis). Kue tartnya kebanyakan tidak dimakan. Yang membuat mereka asyik adalah meniup balon yang kalau dilepaskan akan putar-putar sambil berbunyi. Selain itu mereka senang waktu boleh menarik tali cracker… yang mengeluarkan bunyi seperti petasan dan mengeluarkan pita-pita kertas. (Itu loh yang biasa dipakai untuk tahun baruan :D)

Tiada yang lebih menyenangkan dari melihat tawamu nak!

Tamu cuma 5 orang, udah gitu kira-kira cuma 1,5 jam, tapi aku merasa capeeeek sekali deh. Soalnya aku harus meyakinkan mereka tidak bermain yang berbahaya, dan langsung pulang ke rumah masing-masing tepat waktunya (agak telat sih, tapi karena masih terang, diperbolehkan). Yang lucu si cewe ini waktu pulang minta pada Riku untuk mengantarkan sampai ke taman depan sekolah. Baru dari sana mereka pulang ke rumah masing-masing. Tapi Riku bilang, “Engga ah, kan kamu sama si A, B dan C mereka semua tahu jalan kok sampai sekolah. Aku males. ” Ya ampuuun Riku! Ngga gentle ahh (tapi emang iya sih, wong bebareng teman-teman lain, ngapain juga Riku musti anterin hahaha)

Dan pas hari HUTnya yang beneran, Jumat. Hanya diawali dengan potong kue di pagi hari sebelum pergi ke sekolah, dan aku tidak masak apa-apa. Buat dinnerpun makan seadanya hihihi. Tapi buat Riku HUT tahun ini berkesan karena dia bisa bermain bersama temannya, dan mendapatkan game DS baru Inazuma Eleven (sepak bola-sepak bolaan deh). Tuh sampai Sabtu siang saat aku menulis ini pun dia masih main. Well Riku tahun depan udah ngga bisa main-main loh. Menjadi kelas 3, semakin banyak yang harus dipelajari dan semakin sulit.

Happy Birthday our Crown Prince Riku Miyashita!

Iklan

26 comments on “Hubungan Riku dan Pa’ Mali

  1. Pertama, aku juga gak percaya dengan semua omongan dari pa’mali. Gara-gara pa’mali ini aku sendiri sempat bersebrangan dengan keluarga besarku. bagiku terasa biasa, tidak begitu bagi orang lain).
    kedua, ikut mengucapkan selamat ulang tahun untuk Riku Mitashita. Semoga bisa menjadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tuanya.
    ketiga. aku gak suka ketang goreng. Lebih baik makan ayam tapi yang ayam kampung ๐Ÿ˜†

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  2. Selamat Ulang Taun untuk Riku…
    Anak saya juga barusan ulang taun Bu…
    Tgl 12 Februari.
    Tapi karena dirayakan ala Indonesia, maka biayanya full dari saya.
    Ada sekitar 30 teman2 anak saya minta ditraktir Bakso…
    Mereka teman waktu SMA, jadi ya murid saya juga…
    Lalu di kos2an dilanjut pesta bakso lagi…
    Kali ini dengan teman2 kuliah.
    Biayanya tetep dari saya lagi… ๐Ÿ˜€

    Paling enak kalau April…
    Saya, Istri Saya & Anak sulung saya ultah berdempetan…
    Dirayakan?
    Iya dong.
    Biayanya?
    Nah yg ini dari anak saya, karena dia sudah punya penghasilan sendiri… ๐Ÿ˜€

  3. happy birthday riku!!!
    semoga tambah ganteng, tambah pinteeeerrr (soalnya sekarang aja udah pinter ya hehe), selalu sehat, dan panjang umur ya!!

    mbak, itu anak cewek nya naksir riku kali.. makanya minta riku nganterin segala. huahahaha… ๐Ÿ˜€

  4. .
    ..
    selamat Ulang Tahun Dik Riku..
    semoga panjang umur dan sehat selalu..

    pesennya jangan sering2 maen DS mulu, maen bola beneran dong..
    biar agak kuyusan.. hehehe..
    ..

  5. wah,tanggal lahirnya sama ma anak saya. dirayakan dengan tiup lilin (yang niup papanya) dan nyanyi selamat ulang tahun saja. maklum baru 1 th jadi anaknya sendiri belum tahu apa maksudnya, hahaha….. Selamat ulangtahun kakak Riku, semoga sehat selalu dan senantiasa ceria….

  6. selamat ulang taun Riku..

    namanya juga anak2.. ulang taun itu bener2 ditunggu ๐Ÿ™‚ menghitung hari ya mbak..hihihi..
    beda kalo udah gede.. dewasa, tua.. heheh… kalo mau ulang taun malah gimanaaaa gitu…

    dan saya setuju mbak Imel,
    ulang taun anak gak perlu mewah, dirayakan gpp.. agar dia juga merasa special, bahagia.. menjadi center of attention untuk moment yang istimewa… ๐Ÿ™‚

    sekali lagi, selamat ulang taun riku ๐Ÿ™‚

    ohya, foto riku yg kolase (pojok kanan atas)
    kok kayak bule gitu yaa? lucuuu

  7. Wuih, ulang tahunnya meskipun yang datang cuma beberapa orang, tapi kelihatan banget ramenya. Dan, si Riku juga nampak enjoy tuh. Hmmm, gak sabar rasanya menunggu ultah anak pertama saya yang pertama. Lho? Iya, jagoan kecil saya baru 9 bulan sih. ๐Ÿ˜€

  8. Baca ulang, cari cerita sesuai judul….”Hubungan Riku dan Pa Mali”…..hehehe….rupanya pamali, atau di Indonesia yang disarankan tidak dilakukan, merayakan ultah sebelum waktunya.

    Riku udah besar ya…..dan betapa senangnya mengundang pesta teman-teman. Bagi anak-anak ,sebenarnya yang disukai permainannya, bukan makanannya….kalau udah besar, akan beda lagi. Kalau di Jepang, jika diundang pesta ultah bisa tekor ya…selain menyiapkan kado, juga bawa makanan. Atau mungkin makanan yang akan dibawa dikonfirmasikan dulu ya, biar nggak dobel.

    Selamat ulang Tahun Riku,
    Semoga tetap menjadi anak yang baik,
    Rajin belajar.
    Berbakti pada Papa Mama dan sayang pada Kai….
    Sukses ya Riku…

  9. hehehe. enak situ :p
    aku pilih paginya dikejutin, sediain makan2 kecil, terus malemnya saya yang traktir
    enak sana sini khan?!
    di Malaysia aku selalu dapet kejutan.. di Indo ga pernah.. & selalu ditodong
    nah, kl d Malaysia, ad yg tradisi bayarin tmn2, ad yg dibayarin tmn2. jd, aku kgt pas ad tmn yg UNDANG mkn2 tp bilnya byr sndr2 >.< kan kita uda kejutin siangnya..
    hhhhh. untung g pny anak cewek. tp Kai lmyn cerewet jg kn? eh, tp aku cerewetnya jg ky gt loooh. g jd ktm aj yah?! hehehe. ntar tante stress ngadepin aku
    waaah, pantes anak2nya cerdas.. nge-game siiih
    Riku bule sekali kecilnya… tapi emang keliatan endo yah?! banyak ma2nya neh.. (ma2nya yang pingins! kekekekeke)

    ~LiOnA~

  10. bahagianya riku bisa merayakan hari ultah dengan teman2…selamat hari lahir riku..semakin besar semakin pintar ya,,,
    seneng deh melihat perayaannya…sederhana dan berkesan…
    salam saya mbak em…^^

  11. Ada Tiga Hal EM

    #1.
    ” … kalau aku ulang tahun kita pakai cara Jepang ya. Kalau kamu ulang tahun pakai cara Indonesia …”
    Saya ngakak baca kalimat ini … hahha ada-ada aja …
    Yang jelas lain negara lain caranya ya EM

    #2.
    Oh ternyata ini tentang Pamali toh … saya juga sudah pernah dengar mengenai hal ini …
    kalau saya pribadi mungkin lebih suka setelahnya … satu – dua – tiga atau bahkan seminggu sesudahnya …

    #3.
    Last but not least
    Sekali lagi

    Riku Young Man …
    Selamat Ulang Tahun ya
    Semoga sehat dan bahagia selalu

    Salam saya

  12. Beyaaaa, Selamat Ultah yaa! Maafkan tante yang telat ngucapin ๐Ÿ˜ฆ bukan lupa, tapi baru sempat. Tiap mau ngucapin ada aja yg harus dikerjain, maaf yaa beyaa ๐Ÿ˜ฆ

    Semoga riku selalu dilimpahi berkah dan rahmat dan Selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Happy Birthday Beyaa!

    Wish you all the love and happiness in the world. Tetap semangat dan ceria ya! ๐Ÿ˜€

    terima kasih tante… nanti ketemu lagi kalau ke Jakarta ya
    EM

  13. happy birthday riku! semoga jadi makin pintar dan lekas tumbuh besar, wah dah kelas 3, cepet banget ya rasanya mbak mel kalo dah jadi orang tua. Tau2 anak tumbuh besar gitu aj..hehe..duh ga sabar juga menanti pangeran or putri kecilku muncul ke dunia..hehe

    waah iya, wkatu itu cepat. Waktu dia ulang tahun….weks udah 8 delapan tahun sejak aku melahirkan dia???? Rasanya baru kemarin. (Eh tapi ngga juga sih, wkatu aku peluk dia…duuuuh gede!!! Udah kayak peluk pacar…ups …pemuda hahaha)

    EM

  14. Whuaaaa…
    Riku ulang tahun ternyataaaaaa…

    Selamat Ulang tahun yaaaaa…
    semoga panjang umur dan menjadi anak yang berbakti ๐Ÿ™‚

    eh..eh..tapi enak lho…
    Ngadain pesta kok bisa ya ngundang nya sedikitan begitu…
    Jadi kan gak repot…

    Kalo disini mah susah euy mba…
    Kalo ngundang A, berarti harus ngundang B, C juga, D juga…
    Kalo ngundang nya pilih pilih,
    Bisa bisa bakal di omongin sama tetangga atau teman sekelas yang lain nya…
    Ribeeeeet…*curhat*

    Ya ya ya di Jakarta memang ada masalah begitu. Tapi karena rumah di Jkt luas, soal tempat tidak jadi masalah. Kalau di sini 6 orang aja udah sempit pit pit. Maklum rumah kelinci. Usagigoya hahaha
    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s