Mengawali Tahun

Waktu aku membaca tulisan sahabat blogger, Arman, dia mengatakan bahwa mereka punya tradisi memulai tahun baru yaitu dengan makan yang enak-enak sehingga diharapkan selama tahun itu bisa makan enak-enak terus… sebuah tradisi yang amat sangat bisa dimengerti. Karena aku juga berpikir tradisi Jepang juga begitu, yaitu dengan menyediakan masakan khusus tahun baru yang namanya osechi ryori, yang menurutku itu memang mewah! (Tentang osechi, bisa baca di sini)

Kemewahan di awal tahun baru bukan hanya soal masakan, tapi juga kemewahan untuk mendapatkan waktu libur, benar-benar libur, khusus untuk makan, minum (sake) dan TIDUR! Benar-benar kemewahan bisa tidur kapan saja selama 3 hari awal tahun, karena biasanya tidur pun bagi orang Jepang merupakan hal yang sulit didapatkan. Bukan rahasia lagi kalau waktu tidur orang Jepang adalah yang terpendek diantara 17 negara maju. Padahal kalau melihat rata-rata orang Jepang tidur 6,8 jam sudah cukup. Tapi dibanding negara Perancis misalnya yang tidurnya 7,2 jam, beda 49 menit itu amat besar gap nya. Pada kenyataannya orang Jepang “umum” (pekerja) hanya tidur 5 jam per hari.

Tapi orang Jepang mempunyai beberapa tradisi yang dilaksanakan untuk mengawali tahun baru. Hatsumode (sembahyang pertama), Hatsuuri/fukubukuro (penjualan pertama dan kantong keberuntungan) , Otoshidama (angpao), hatsuyume (mimpi pertama), hatsu hinode (melihat matahari terbit pertama), kakizome (tulisan kaligrafi pertama) dll. Banyak yang sudah pernah aku tulis tahun lalu (dan lalunya).ย  Kalau mau mengetahui dengan detil, silakan klik term di atas.

Tanggal 1 Januari 2011 deMiyashita dilewati dengan bermalas-malasan. Hmmm sebetulnya tidak untukku, karena anak-anak sudah bangun sejak pukul 8 pagi, jadi aku harus menyiapkan sarapan untuk mereka. Biasanya kami makan makanan osechi mulai sarapan, tapi karena papanya belum bangun, aku siapkan makanan lain dulu, sambil aku mempersiapkan osechi ryori. Tahun ini aku yang harus menyiapkan semuanya sendiri karena untuk pertama kalinya kami tidak menginap di rumah mertua di Yokohama. Kata mereka (ibu mertuaku) , “sekali-sekali kita pisah-pisah menyambut tahun barunya yuk, mau istirahat tahun ini”. Dan ternyata menyambut tahun baru sendiri di rumah sendiripun (bukan rumah mertua) bisa kok mengikuti tradisi Jepang… sapa dulu dong ibu RT nya hihihi. cihuuuy.

Sekitar jam 11 siang aku mendapat telepon dari tante Christine, koordinator komunitas Indonesia yang bergereja di Meguro. Memang biasanya tahun baru, kami tidak mengadakan misa, tapi karena tahun ini banyak pastor di Tokyo, kami sepakat untuk berkumpul dan makan-makan sederhana. Tante Christine membuat mie bakso dan nasi kuning. Nah, kupikir aku mau memasak ayam panggang saja untuk lauknya nasi kuning. Jadi mulai jam 12, aku membumbui ayam dan memanggangnya.

Jam 5 sore aku berangkat sendiri dengan Kai ke gereja untuk mengikuti misa pertama. Riku menemani papanya di rumah. Tanggal satu diawali dengan bukan hatsumode (sembahyangnya di Kuil) tapi hatsu misa (sembahyangnya di gereja). Jalanan sepiiiiii, jadi aku bisa sampai dalam waktu 45 menit (yang biasanya 1 jam). Berdua Kai di mobil, dia bercakap-cakap layaknya orang gede aja. Aku menikmati sekali waktu itu.

Dalam misa yang dihadiri 30-an orang kami tidak lupa berdoa untuk negara Indonesia yang selama tahun 2010 banyak dilanda musibah. Bagaimana kita bisa mendapatkan berkat Tuhan kalau kita tidak berdoa memohon padaNya? Jadi aku sangat setuju sekali kebiasaan bersembahyang di awal tahun, baik itu hatsumode atau hatsumisa, apapun namanya. Dulu kami (waktu masih single) sering pula mengadakan misa tengah malam, sehingga pergantian tahun justru dirayakan di gereja.

warga Indonesia yang datang ke misa tahun baru di Meguro tgl 1 Januari

Selesai misa, tentu saja kami langsung menyerbu mie bakso buatan tante Christine. Yang maunya sederhana tapi ternyata ada saja yang membawa makanan buatannya sendiri. Makanan berlimpah. Bihun goreng, salada udang, ayam panggang + nasi kuning, roast beef dll. Belum lagi ada tiramisu buatan Lisa….wah pokoknya yummy deh. Kai adalah satu-satunya anak kecil yang hadir di pertemuan itu, sehingga menjadi obyek “pelecehan” a.k.a. godaan para dewasa. Tapi meskipun begitu dia sangat berkonsentrasi terutama waktu makan mie baso, karena mie memang makanan favorit dia. Mamanya sampai mengambilkan mie baso 3 kali mondar-mandir untuk dia. (Asal jangan dipikir itu buat mamanya aja deh….hihihi. Mamanya cuma makan satu porsi kok ๐Ÿ˜€ **beladiri.com** )

Seperti yang Kai bilang waktu kami makan siang di hari pertama, “Kazokutte ii ne, Kazoku daisuki!” (Keluarga itu asyik ya…. aku suka sekali “keluarga”). Mengawali tahun baru dengan kebersamaan keluarga dan kebersamaan manusia dengan Tuhannya, deMiyashita menyambut deretan angka cantik 1-1-11 dengan penuh semangat dan keceriaan.

Akemashite Omedetougozaimasu (Selamat Tahun Baru)

Desain nengajo, atau kartu tahun baru deMiyashita yang baru jadi tgl 3 Januari hihihi

Iklan

30 comments on “Mengawali Tahun

  1. Ada bajaj di kartu tahun barunya ๐Ÿ˜€
    Hampir sama dengan orang Batak, kalau tahun baru, tengah malam tanggal 31 itu kita semua kumpul, berdoa bersama plus makan makanan enak. Harapannya juga sama, biar tahun yang akan kita jalani selalu memberikan kebahagiaan.
    Biasanya kami berkumpul di rumah orang yang paling dituakan.

  2. memang paling enak tuh kumpul-kumpul bersama keluarga…karena keluarga itu sumber kehangatan dan buat hati semakin plong…kalau udah ketemu….sayangnya saya ga punya tradisi apa2 kecuali malam tahun baru barbekyu sambil nungguin kembang api di sekitar rumah

  3. Tahun ini aku mulai dengan doa di gereja juga, Kak. Lanjut dengan bbq-an, terus main capsa sampai pagi, hehehe…

    Wish all the best for this year for you and your family… ๐Ÿ˜€

  4. Wah, saya tahun baru kemarin mulai dengan memperbaiki komputer yang rusak lantaran listrik yang tidak setabil. Moga saja tidak keterusan terjadi sepanjang tahun 2011.

  5. Selamat tahun baru ya jeng,semoga kesehatan,kesejahteraan dan kebahagiaan selalu menyertai anda sekaluarga.
    Aku tahun baru gak masak apa-apa, tetap T2-tahu-tempe aja he he he he.

    Salam hangat dari Surabaya

  6. Imel,
    Selamat Tahun Baru….
    Lihat gambar makanannya…jadi lapar, terasa enak …..
    Dan kartunya lucu…ada gambar Kai naik bajaj…
    Saya menikmati tahun baru dengan tiduur….karena kemarinnya lembur sampai dini hari..bukan lembur kerja tapi suara petasan dan kembang api menggelegar terus menerus..asyik juga, si mbak malah nongkrong di atap rumah…Jakarta terlihat indah dimalam hari dengan kembang api.

  7. seru, mbak imelda. hari pertama di tahun 2011, juga bermalasan-malasan mbak, tapi siangnya mesti berhadapan dengan komputer. deadline thesis sudah menunggu. Serasa tidak liburan akhirnya ๐Ÿ˜€

  8. tradisinya jepang harus ditiru tuh… bagus! hehehe.
    wah asiknya ngumpul2 di gereja sambil makan2… gak heran kai sampe nambah 3 kali. saya juga mau tuh.. huahahha

  9. Denuzz sendiri tak ada perayaan istimewa untuk menyambut tahun baru ini… ๐Ÿ˜ฆ

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  10. selamat tahun baru!!!! ๐Ÿ™‚

    waaa..orang Jepang tidurnya cuma lima jam ya? kalo tidur jam 10 malem berarti jam 4 udah bangun dwunk

    bener hihihi, tapi biasanya ngga ada yang tidur jam 10. Gen aja baru sampe rumah jam 10 ๐Ÿ˜€
    selamat tahun baru juga ya yessi
    EM

    • Sebetulnya orang Indonesia yang bekerja di perusahaan swasta, BUMN tertentu juga sangat kurang tidurnya, bahkan sering tidur di kantor.
      Saat saya masih aktif, rata-rata pulang jam 11 malam, itupun dipaksakan karena kalau ngikuti kerjaan belum selesai juga. Akhir pekan, jika tak ada acara keluarga juga digunakan menyelesaikan pekerjaan.

      Justru ini yang membuat orang harus tetap aktif jika sudah pensiun, terutama dalam olah pikiran, bukan dari segi fisik…agar tak terlalu kaget.

  11. Mbak,
    Selamat Natal dan Tahun baru ya. Salam buat keluarga.
    Kalau aku di sini mengawali tahun baru terus terang tidak ada libur yang panjang karena kan Indonesia tidak ada libur bersama untuk tahun baruan, kecuali bagi yang ingin cuti. Dan aku sendiri juga tidak bisa berlama2 libur karena awal tahun memang pasti banyak yang harus dikejar… alias langsung ngebut hehee..
    Tidur 5 jam sehari apakah cukup mbak? Tapi dengar2, kalau siang hari, pekerja di Jepang dikasih waktu untuk tidur 10 menitan? Benarkah? Kalau iya sih lumayan juga karena tidur yang singkat itu bisa recharge energi yang lumayan.

    tidak ada peraturan tidur 10 menit kok, kalaupun ada itu mungkin kantor tertentu saja. Kalau mau tidur 10 menit ya musti ambil dari jatah makan siang 1 jam itu… cukup kok makan 5 menit, 10 menit bobo ๐Ÿ˜€

    EM

  12. Kartu tahun barunya keren n personal sekali,, bagus mbak.. ๐Ÿ™‚
    dengan cerita ini, aku merasa ikutan tahun baruan di keluarga mbak imel, asik banget, apalagi sajian tahun barunya itu, Ehhhmmm… bener2 bikin ngiler.. hehehe…

    met tahun baru mbak..
    moga selalu bahagia…

    hihihi, lain kali langsung bertandang ke sini aja. Selamat tahun baru juga ya Ihya
    EM

  13. Saya tersenyum …
    Setengah Lucu … setengah kasihan …
    Kai jadi Object Pelecehan …

    hahaha

    Kasihan anak itu … pasti pipinya abis di cubitin …

    salam saya EM
    Selamat Tahun Baru
    Semoga Sukses Selalu

    hihihi iya pipi tomat semakin merah krn musim dingin
    Selamat Tahun Baru juga mas
    EM

  14. Selamat Tahun baru, Mbak Imelda. Semoga tahun ini kita bisa meraih mimpi-mimpi yang belum teraih.

    Hm..tahun ini salah satu harapanku ๐Ÿ™‚ bisa mencicipi masakan Mbak Imelda.

    bisa bisa…. nanti diatur ya…
    EM

  15. Salam Mbak EM,

    kunjungan pertama di 2011 (perasaan dah lama banget yach aku gk berkunjung ke sini)

    tahun baru yach..

    selamat membuat resolusi 2011, happy new YOU!!

    salam,
    broneo

  16. wuiiihhh sudah lama sekali saya g mampir kemari…terasa sdh bertahun-tahun
    pakabar mbak Imel?
    mo ngucapin selamat taon baru buat mbak Imel dan smuanya, smoga lebih baik dari taon sblmnya.
    malam pergantian taon kemaren, saya cuma tidur dari jam 11… kecapean kerja tutup buku hehehehe…

    salam, ^_^

  17. Meski sudah telat, tapi tak ada salahnya aku ucapkan Selamat Tahun Baru ya Nechan… Semoga tahun mendatang dapat kita jalani dengan lebih baik lagi…

    Awal tahun ini kutandai dengan perjalanan panjang ke Sumatera, hehehe… ๐Ÿ™‚

  18. Mbak, thanks ya kartunya ๐Ÿ˜€ Riku dan Kai koq makin ganteng aja.. Selamat Natal & Tahun Baru, semoga tahun ini mbak Imelda tambah sukses. Jesus bless you mbak. Amin

  19. 6.8 jam @.@
    5 jam per hari @.@
    mana tahan booo

    ahahaha Kai… kau merasakan menjadi anak yang imut. (soalnya gw uda ngrasain… ehehehe. emang gw imut??? PD dueh)
    ntar rasain kmu kl ud gede pun, jd cowok keren byk yg nakseeeer. (soalnya gw jg uda ngrasain. wkkkkk. PD abeeeezzz)

    ~LiOnA~

    • eh, lupa nambahin
      memang merayakan hari2 besar itu ga ada duanya dibanding dengan orang2 yang asyik dan saling mengasihi (ini intinyaaa)
      priceless, indeed

      ~LiOnA~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s