(bukan) rahasia

Pagi hari, kami selalu memasang acara NHK Pendidikan untuk Riku sebelum dia berangkat ke sekolah pukul 8 pagi. Jam 7 dimulai dengan pojok “Syakkin” membuat kepala yang masih berat karena ngantuk jadi segar dan terbangun. Pemandu acaranya seorang anak perempuan dan teman-teman dengan acara permainan kata-kata atau pemberian nama-nama yang tepat untuk suatu benda. Setelah itu ada pojok bernama “Nihongo de asobu” -(Bermain dengan bahasa Jepang). Selain hayakuchi kotoba (kata-kata yang disebut dengan cepat) juga banyak memperkenalkan puisi/sajak atau peribahasa. Terus terang aku banyak belajar tentang puisi/peribahasa dari acara ini.

Suatu pagi ada peribahasa yang diperkenalkan yaitu 天知る地知る子知る我知る (てんしるちしるししるわれしる) Ten shiru, Chi siru, Shi shiru, Ware shiru. Sebuah peribahasa dari jaman Go-kan di China (25-250 M). Artinya meskipun maksudnya rahasia itu untuk berdua, tetapi pada kenyataannya Tuhan tahu, saya tahu, dia tahu jadi… banyak yang tahu kan? Kalau begitu bukan rahasia lagi. Tidak ada yang bisa dirahasiakan di dunia ini?

Tapi namanya manusia selalu ingin “menyembunyikan” sesuatu, baik itu perasaan yang tidak terlihat, atau barang yang bisa dilihat. Coba lihat tempat “rahasia” nya Kai:

Ini adalah laci rahasianya Kai. Di situ dia sering menyembunyikan remote control televisi, permen, kartu atau mainan kesukaan dia. Aku pertama kali mengetahui tempat  rahasia Kai itu waktu aku mencari di mana remote control TV. Kalau tidak ada remote control itu, sulit kan untuk memindahkan chanel. Lalu aku ingat dulu Riku waktu kecil juga sering menyembunyikan remote. Susahnya Riku tidak ada tempat yang khusus, sehingga pernah remote control itu “sembunyi” selama berbulan-bulan (jadi kalau mau mengganti chanel harus dari TV langsung). Tapi Kai memang terlihat orangnya lebih “rapih” dari Riku, dan benar waktu aku buka laci itu, ternyata dia menyimpan macam-macam di situ. Mau tidak mau aku tertawa melihatnya.

Ada banyak usaha untuk membuat tempat rahasia. Ada semacam kamus yang dijual padahal dalamnya tempat untuk menyimpan uang. Atau kotak khusus di dalam lemari atau meja yang sulit ditemukan orang biasa dan dipakai untuk menyimpan permata, uang atau surat berharga. Tapi karena aku tidak punya permata, uang atau surat berharga jadi tidak perlu deh kotak atau tempat rahasia itu. Paling-paling ada file berharga yang disimpan pada folder khusus dalam komputer hihihi. Bagaimana dengan teman-teman? Punya tempat rahasia? Eh…tapi kalau tulis di sini, sudah bukan rahasia lagi ya.

Iklan

26 comments on “(bukan) rahasia

  1. ahhaaa… pantesan waktu itu si riku sembunyiin permen, langsung ketahuan sama kai.. nda punya tempat khusus soalnya si ganteng itu.. hihihi.. tak sabar mauuu bertemuuu dengan merekaaaa 🙂 *kiss-kiss*

    Ah Riku itu ngga bisa sembunyiin barang. Sering aku yang sembunyikan buat dia. (Dan urusan rahasia juga dia selalu cerita ke aku…soal cewek hihihi …papanya aja ngga tau)
    EM

  2. Haha dulu wktu aku kecil jg punya laci rahasia kayak Kai. Isinya koin2, permen and boneka kertas yg bs ganti baju (dulu dilarang mamak soalnya main org2an gt hehe). Pa kbr mbak Em? I miss u

    Dulu rumahku jarang ada lacinya sih heheheh
    miss u too ka
    EM

  3. Kayaknya kok saya nggak punya tempat rahasia ya….?
    Saat kecil, paling diselipkan diantara buku….kayaknya ini paling aman deh, bukankah orang selalu menyimpan di balik lipatan pakaian atau lemek (hmm..apa ya bahasa Indonesianya..koran yang ditaruh dialmari sebelum diatasnya ditaruh lipatan baju).

    Ah ibu, mama saya juga begitu taruh uang di antara koran alas dan kayu lemari.
    saya palingan di pojok terdalam lemari pakaian aja kok bu heheheh
    EM

  4. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Tempat rahasia saya di mana, ya?. Keknya gak punya tempat khusus. Kecuali file2 penting dan rahasia.

    sama…. cuma file penting dan rahasia ditaruh di folder khusus
    EM

  5. aku gak punya tempat rahasia…
    tapi aku lebih nyaman kalo aku bertengger di atas genteng rumah pas sore hari…
    liat pemandangan dari atas bisa bikin perasaan jadi tenang ^_^

    bertengger? wah ngeri jatuh ah
    EM

  6. Rizky tuh hobbynya juga nyembunyikan remote…he…he…mana nyimpannya kadang dia lupa sendiri naruhnya. He..he…Anakku Rizky juga punya banyak tempat rahasia, ada tempat nyimpan DVD kesayangan, tempat nyimpan uangnya bukan celengan tapi kaleng bekas kue kering!

    Emang anak-anak suka bertualang ya mbak…. Asal jangan nyembunyikan pacar aja…. hehehe (nanti akan ada saatnya tuh, kita ibu-ibu harus siap-siap)

    EM

  7. hahaha, aku pernah punya tempat rahasia menyimpan uang. tau gak pagar depan rmhku. pagar itu terbuat dari bambu. aku gergaji sedikit (cukup untuk memasukan uang koin). jadi semacam celengan. orang2 gak bakal ngeh kalo disitu aku taroh semua “hartaku” hahaha
    suatu hari ayahku tahu secara tidak sengaja ada semacam celengan dibambu itu. pada saat beliau tidak punya uang untuk beli rokok, dibobok lah celengan rahasiaku.
    huaaaaaaaaa aku menangis sejadi-jadinya waktu itu hahahaha.

    hihihi
    waktu kami membuang mobil tua kami, dealer mobil itu bertanya apakah aku suka menyimpan/menyembunyikan harta di dalam mobil…rupanya pernah kejadian ada orang yang menyimpan hartanya dalam mobil, baru ketahuan waktu mobil itu dihancurkan 😀

    EM

  8. waaah bu imel pasti kebingungan nyari2 remote yang diumpetin Kai yah..duh jail amat si ganteng ini..btw saya dulu pas kecil jg punya tempat rahasia kayaknya, yaitu di antara tumpukan baju-baju saya selipin diary penuh rahasia saya..xixixi…supaya ga ketauan ibu dan adek2…

    adek saya juga punya kebiasaan sama, ngumpetin diary rahasianya, dan saya selalu berhasil menemukan dan membacanya..hehehe

    waaah soal diary rahasia…sama. Dulu pernah punya satu diary yang dipakai berdua, tuker-tukeran gitu. (gantinya surat cinta) hihihi. Dan itu diselipin di antara baju-baju supaya tidak ketahuan.
    EM

  9. hehehehe…lucu banget kai punya tempat rahasia begitu ya…kalau aku bukan tempat rahasia mbak tapi aku sebutkan tempat penting karena aku punya tempat khusus untuk menyimpan barang yg penting misalnya ijazah, passport surat2 rumah sampai perhiasanku…nah itu kusebut “tempat penting” hohohohohoho 😀

    Tapi tempat penting itu tidak boleh sampai ketahuan orang lain (selain orang penting 😉 ) kan? Kalau tidak pencuri bisa ambil dong hihihi
    EM

  10. Mencoba tengah malam ngonek ke blog twilight koq nyambung 😆 aku juga punya tempat rahasia tapi di dalam hati 😉

    Emang suka begitu kok pak, kadang masuk kadang susah. Kalau pas susah ya anggap saja dilarang sama koneksinya hahaha. Anyway terima kasih banyak kedatangannya.
    Soal tempat rahasia dalam hati? Aku juga punya kok pak 😉
    Dalam hatiku ada banyak ruang-ruang, ada yang terkunci, ada yang tidak, ada yang sudah karatan, ada yang masih bagus dan mewah. Masing-masing dengan kenangannya masing-masing.

    EM

  11. Sepakat banget dengan peribahasa itu… Tidak ada yang bisa dirahasiakan di dunia ini.
    Sepandai-pandainya tupai meloncat, pasti pernah pula terjatuh…
    Sepandai-pandainya menyimpan rahasia, suatu saat pasti akan terbongkar pula…

    Sekarang gantian, Mbak aja yang nyimpen remote-nya… Biar si Kai yang giliran nyari-nyari… 😀

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    Hahaha….. tapi mereka bisa ganti langsung dari TV nya… Yang suka sebel papanya krn dia malas pergi ke TV untuk ganti-ganti channel….
    EM

  12. Tempat rahasia?…
    Xixixixi…
    Saya punya Bun.
    Di kotak peralatan semacam obeng, palu dll.
    Kotak ini ada digudang dan nggak ada yg pernah buka selain saya.
    Karena kotak rahasia, maka disitu tersembunyi segala sesuatu yang memang mau saya sembunyikan.]
    Ada uangnya?
    Tentu saja ada… 😀

  13. anak-anak selalu punya tempat rahasia ya? orangtua punya ga ya? hehe…lucu juga Kai ini, apa saja bisa dia simpan, bagus juga Mel, jadi ga repot kalau mencari barang2 nya termasuk barang2 mu juga…hehe…

  14. Tempat rahasia ?
    Dulu sih, suka menyembunyikan apa2 di gudang, sampai lupa kalau menyembunyikannya di sana.
    Sudah besar dan sampai sekarang, buku harian. Tapi sekarang ini buku harian, suka tergeletak begitu saja, jadi suka dibaca sama suami dan Lily, si sulung 😀

  15. tempat rahasia???

    ehm…
    psssttt…aku suka umpetin duit selingkuhan di tumpukan novel novel ku…hihihi…
    buat emergency aja siiiih…
    *jangan bilang bilang abah ya*

  16. Kalau daku mungkin tipenya kayak Riku mbak, suka ngumpetin di sembarang tempat, dan kalo udah kelamaan akhir2nya lupa, hahaha…

    malah pernah nyimpen duit sendiri di tumpukan buku sampe berbulan2, pas nemuin lagi berasa kejatuhan bulan, senengnyaaaaaaaa… hahhaha… 🙂

    Kai rapi banget ya, nyimpennya teratur, heheh

  17. Aku dulu pernah punya tempat rahasia, Mbak..
    ada celah antara dinding sekat dan lemari baju, kira-kira lebarnya hanya cukup dimasukin satu tangan aja. di sekat itu ada kayu melintang yang membuat lemari nggak bisa benar-benar mepet ke sekat karena terganjal kayu itu. nah, disitulah aku sembunyiin barang-barangku. abis itu, kututup dengan koran dan plastik, seolah tempat itu kotor dan terabaikan.. padahal… di situlah kusimpan hartaku: surat cinta onyet dan diary, juga coklat dan kado dr cowok.. 🙂
    Menurutku sih aman, karena aku lumayan teliti, koran dan plastik berubah posisi aja aku bisa tau itu bukan sentuhan terakhirku hihihi…

  18. 1. Rahasia itu sebenarnya bukan rahasia lagi jika yang mengetahui lebih dari satu. Maklum sifat manusia suka lupa. Jika suatu saat ada masalah maka yang satu biasa saja membuka rahasia.

    2. Surat yang berklasifikasi Rahasia saja sudah bukan rahasia lagi karena disana ada juru draft, juru ketik, agendaris, dll.

    3. Saya kayaknya tidak punya tempat khusus yang berklasifikasi rahasia. Uang ada yng disimpan di bank dan ada juga yang di dompet atau saku.Hanya yang di bank yang agak rahasia kan.

    4. Konon, ada laki-laki yang menyimpan “uang laki-laki ” yaitu uang di luar gaji /upah resmi disimpan di kopiah, saku khusus,lipatan celana, sepatu, kaos kaki, dll. Ini biasanya digunakan untuk membeli rokok, bir, trakir teman dsb. Dengan demikian maka keluarganya hanya diberi uang belanja dari uang resmi ha ha ha ha.

    Salam rahasia untuk kita berdua…

    sssst pakdhe, salam rahasianya ya jangan ditulis di sini dong hihihi

    EM

  19. He he he he…..kaum pria katanya suka menyimpa “uang laki-laki” di mana saja ya jeng. Uang itu bukan termasuk APBRT, kadang digunakan untuk traktir teman atau membuat kejutan untuk keluarganya.

    Jika suatu rahasia sudah diketahui lebih dari seorang maka bukan rahasia lagi. Walaupun kita mengatakan “Ini rahasia kita berdua saja lho”, suatu saat bisa bocor.

    Salam hangat dari Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s