Hari Libur

Horreee hari ini, 3 November, libur lagi! Hari ini adalah hari Kebudayaan, Bunka no Hi 文化の日. Hari Kebudayaan ini merupakan salah satu hari libur dari 15 hari libur di Jepang yang ditetapkan tahun 1948. Karena dalam UUD Jepang dikatakan bahwa Jepang menjunjung Perdamaian dan Kebudayaan. Dan biasanya pada hari ini di istana Kaisar diadakan penyerahan Bintang Kebudayaan,  diadakan juga acara-acara kebudayaan, bahkan untuk beberapa museum menggratiskan tanda masuk. Di universitas juga antara tanggal 3 sampai akhir pekan yang mengikutinya akan diadakan festival sekolah, Daigakusai 大学祭.

Dan satu hal yang baru aku ketahui di wikipedia Jepang adalah bahwa Hari Kebudayaan ini BIASANYA cerah. Dan memang benar waktu pagi tadi aku bangun, waaah benar-benar hari yang cocok untuk….. cuci baju hahaha. Soalnya akhir-akhir ini hari cerah amat jarang, jadi senang sekali kalau hari cerah begini.

Sekaligus aku akan menuliskan seluruh hari libur di Jepang (15 hari) sebagai perbandingan dengan Indonesia, mulai dari bulan Januari.

1 Januari, Tahun Baru yang juga disebut gantan. Biasanya masyarakat umum juga libur tanggal 2 dan 3 Januari, tapi tanggal 2 dan 3 ini tidak tercantum dalam Daftar Hari Libur Nasional.

Senin minggu kedua bulan Januari, Hari Dewasa, Seijin no Hi 成人日. Sudah pernah saya bahas di Sudah Dewasakah Anda?.

11 Februari, Hari Pembentukan Negara, Kenkoku Kinenbi 建国記念日.

Tgl 20-an Maret, Equinox – Spring, Shunbun no Hi 春分の日. Bisa baca di sini.

29 AprilShouwa no Hi, 昭和の日。

3 Mei, Hari UUD Kenpou Kinenbi, 憲法記念日。

4 Mei, Hari Hijau, Midori no Hi みどりの日。

5 Mei, Hari anak-anak, Kodomo no Hi こどもの日。Pernah saya bahas di sini.

29 April sampai 5 Mei, biasanya diteruskan menjadi hari libur semua, yang disebut dengan GOLDEN WEEK.

Senin minggu ketiga bulan Juli, Hari Laut, Umi no Hi 海の日。Pernah saya tulis di sini.

Senin minggu ketiga bulan September, Hari Penghormatan Lansia atau Keirou no Hi, 敬老の日

Tgl 20 an September, Equinox -Autumn, Shubun no Hi, 秋分の日

Senin minggu kedua Oktober, Hari Olahraga, Taiiku no Hi, 体育の日. Tentang olahraga di sini.

3 November, Hari Kebudayaan, Bunka no Hi, 文化の日

23 November, Hari Pekerja/Buruh, Kinrokansha no Hi, 勤労感謝の日

23 Desember, Ulang tahun Kaisar, Tenno no Hi, 天皇の日

Nah, sekarang kita bandingkan dengan Hari Libur di Indonesia ya:

Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2011

Berdasarkan SKB tiga menteri, Selasa (15/6/2010), daftar libur bersama dan cuti bersama 2011 adalah sebagai berikut:
1 Januari Tahun Baru Masehi
3 Februari Tahun Baru Imlek 2562
15 Februari Maulid Nabi Muhammad SAW
5 Maret Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933
22 April Wafat Yesus Kristus
17 Mei Hari Raya Waisak tahun 2555
2 Juni Kenaikan Yesus Kristus
29 Juni Isra Miraj Nabi Muhammad SAW
17 Agustus hari Kemerdekaan
30-31 Agustus Hari Idul Fitri 1432
6 November Hari Idul Adha
27 November Tahun Baru Islam 1433
25 Desember Natal

Sedangkan cuti bersama Idul Fitri yakni pada 29 Agustus, 1 dan 2 September. Sedangkan 26 Desember cuti bersama Natal. Penetapan ini disahkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Nomor 1 Tahun 2010), Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nomor: KEP 110/MEN/VI/2010) dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jadi bisa kita lihat bahwa Libur Resmi Indonesia ada 14 hari + 4 hari cuti bersama ( tanpa mengikutsertakan harpitnas) berarti sudah ada 18 hari. Sedangkan di Jepang 15 hari + 2 hari tahun baru = 17 hari. Yah kira-kira sama aja kan?( Perlu diingat bahwa jika aku  menulis “hari peringatan” di TE itu bukan hari libur). Tapi yang paling menyolok dari perbandingan hari libur ke dua negara adalah, kalau di Indonesia kebanyakan liburan keagamaan, sedangkan di Jepang sama sekali tidak ada libur keagamaan. Yah, hari Natal-pun tidak libur di Jepang.

Iklan

15 comments on “Hari Libur

  1. Wahh.. jadi pas Natal dan Paskah masih masuk kerja ya Mba? Woww.. *ga bisa membayangkan*

    Jelas …. Dan bahkan pernah aku harus bikin ujian tgl 25 desember nya hahaha. Jadi aku majukan seminggu sebelumnya. No way aku ke kampus hari itu.
    EM

  2. Diantara sekian banyak libur, mana yg paling di tunggu oleh warga jepang mbak, barangkali karena disertai acara acara gitu….pawai pawai an….atau apalah yg meriahhhh

  3. Bagaimanapun Human being need a break …
    baik itu libur keagamaan maupun bukan …

    dan jangan lupa …
    kalau di Indonesia kalo ndak salah …
    ada jatah cuti 1 hari per bulan untuk Wanita
    plus jatah cuti 12 hari kerja pertahun untuk karyawan yang sudah bekerja lebih dari setahun

    Salam saya EM

  4. Kalau saya sekarang, liburnya suka-suka Mbak … hihihi … Mau libur seminggu? Boleh. Sebulan? Silahkan. Setahun? Di drop-out … hahaha 😀

    duuuh aku pengen libur nih mbak. Ngga bisa libur dari tugas istri dan ibu sih hihihi
    EM

  5. Ealah….jadi natal pun di Jepang itu ndak libur? Tapi bisa ambil cuti kan, mbak?

    bisa ambil cuti, tapi akhir tahun biasanya sibuk, jadi biasanya org ngga cuti. Kalau aku sih biasanya tgl 20 udah tidak ada kuliah s/d tgl 7 januarian.
    EM

  6. Ternyata hari libur di Indonesia nggak banyak juga ya…..
    Saya sebetulnya cuma dua hari dalam seminggu ngantornya…kenyataannya malah sering bepergian….
    Dan saat di rumah kerja juga, karena dead line nya tetap…tapi dibanding menganggur, ya pilih sibuk, karena memaksa otak kita berputar terus, asalkan tak terlalu lelah.
    Iya, hari libur di Indonesia sebagian besar karena berkaitan dengan hari besar agama.

    iya bu, jumlahnya hampir sama kok.
    sibuk itu baik untuk jiwa dan otak bu. Apalagi kalau memang sudah biasa sibuk.
    Jaga kesehatan ya bu
    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s