Pertanyaan tentang Indonesia

Hari Jumat minggu lalu aku mulai mengajar kuliah bahasa Indonesia di awal semester genap 2010. Di kelas menengah, yang hanya diikuti sedikit orang (tidak sampai 10 orang), aku lewatkan dengan menceritakan liburan musim panasku sebagai contoh karena mereka harus menulis karangan tentang liburan musim panas mereka. Tugas ini sering aku berikan sebagai pe-er liburan musim panas.

Nah, aku juga membicarakan pada mereka bahwa aku ingin mengadakan kuliah bahasa Indonesia melalui internet. Jadi Jumat ini mereka langsung pergi ke lab komputer dan disitu aku akan berikan tugas untuk mereka jawab dan cari keterangannya memakai internet. Aku ingin mengetahui mereka, yang notabene tidak tahu apa-apa tentang Indonesia, mereka ingin tahu apa sih tentang Indonesia?

Ruang komputer di universitas kami

Dari keinginan mereka dan yang aku bisa cari sumber keterangannya dalam bahasa Jepang adalah:
1. Tentang olahraga di Indonesia, kemudian aku refer mereka untuk melihat pencak silat.

2. Tentang Penyanyi/idola di Indonesia. Di Jepang banyak grup penyanyi idola seperti Arashi dan SMAP, atau yang perempuan ABK48. Nah di Indonesia siapa ya? yang bukan band loh. Akhirnya aku suruh mereka mencari soal Indonesian Idol deh.

3. Tentang Universitas di Indonesia…. Nah aku cuma bisa memberikan keterangan universitas apa saja yang ada di Indonesia, dan menyuruh mereka membaca di wikipedia. Tapi hebatnya si mahasiswa yang menanyakan soal ini, malah mengatakan dalam “kesan pelajaran hari ini” bahwa dilihat dari jumlahnya bukannya sangat kurang untuk menampung pendidikan tinggi di Indonesia? Hmmm soal ini sih bisa jadi diskusi yang amata sangat panjang.

4. Tentang pendidikan bahasa Jepang di Indonesia. Nah kalau ini gampang sekali, aku tinggal menyuruh mereka membaca website dari Japan Foundation yang banyak membahas soal pendidikan bahasa Jepang di Indonesia. Rupanya si mahasiswa ingin mengajar bahasa Indonesia di luar negeri kelak kalau sudah lulus.

5. Tentang tempat rekreasi pemuda/pemudi Indonesia. Nah aku jawab: MALL. Karena jumlah mal di Jakarta sekarang sudah mencapai 170 buah! hehehe. Ada pula yang tanya soal fashion sih, tapi aku bilang, justru Indonesia mengikuti fashion Jepang dong. Kecuali kalau kamu menganggap baju muslim itu sebagai fashion Indonesia, karena ini tidak ada di Jepang.

6. Tentang gunung di Indonesia. (Rupanya dia pendaki gunung tuh hihihi) Lalu aku suruh mereka membaca soal Pegunungan Jaya Wijaya di Papua dan Semeru, sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa.

Masih ada beberapa pertanyaan mereka, yang akhirnya aku sempatkan jelaskan langsung saja, karena tidak cukup waktu. Belajar bahasa memang harus mengetahui pula kebudayaan dan kebiasaannya. Dan aku senang sekali mereka cukup aktif bertanya dan mencari keterangan tentang Indonesia melalui internet.

Pelajaran memakai komputer ini juga sedikitnya dapat membantu aku dalam pelaksanaan kuliah hari ini. Karena sebetulnya hari ini adalah Hari Tokyo, Tomin no hi. Jadi SD Negeri, SD nya Riku libur. Jadi aku terpaksa membawa Riku ke kampus, karena dia masih belum bisa ditinggal selama 8 jam di rumah sendirian.

Karena ini kali kedua Riku datang ke kampus Senshu University, maka dia sudah biasa. Selama pelajaran, dia melewatkan waktu dengan main komputer atau main game DS nya. Karena aku menyambung dua mata kuliah tanpa waktu istirahat, kami baru bisa pulang jam 2 siang. Dan dalam keadaan lapar!

Aku tiba-tiba ingin makan ramen pedas, yang sudah lama sekali aku belum makan lagi. Adanya di satu stasiun sesudah stasiun kami, yaitu di Noborito. Toko Ramen ini memang toko chain yang jumlahnya terbatas, tapi merupakan satu-satunya toko yang menyediakan masakan mie dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan permintaan. Namanya saja Kaminari Ramen (kaminari = guntur). Tapi maaf, memang ramen di Jepang pakai kaldu babi, jadi tidak bisa dikonsumsi umat muslim.

Iklan

27 comments on “Pertanyaan tentang Indonesia

  1. “Idola di Indonesia” emang pertanyaan susah, abisnya tiap saat muncul band/penyanyi baru (yang mutunya sering diragukan sih, hehe). Aku sendiri gak ada idola penyanyi Indonesia sekuler, selain karena KEBANYAKAN, juga karena lagunya seragam semua temanya, hehe…

    Btw, jadi pengen cobain ramennya… ^^

  2. Tempat rekreasi selain di Mall …
    mungkin ada banyak lagi kali EM …

    Biasanya sih yang saya tau … Tempat-tempat makan …
    Di Bandung banyak yang bagus tuh sepertinya
    dan banyak di tuju anak-anak muda Jakarta

    Setau saya

    Salam saya EM

  3. hmmm. cari punya ide untuk belajar budaya dan ngajar di luar negri
    budaya apa yah? gamelan / aransemen gitu aja kali ya? yang paling aku suka sih itu
    kalo bahasa mah, baaah >.< ngik nguk dah
    hmmm. lagi2 salut sama Riku. nuruuut deh. eh, kok bisa makan pedes dia?
    waaa. ramen guntur nya pasti sedep banget tuuuh
    kapan bisa nyobain rameeen… apalagi yang asli

    ~LiOnA~

  4. penyanyi idola indo ya…

    kalo single cowok kayaknya sekarang si afghan ama sandy sundhoro.
    kalo single cewek sih saya tetep suka agnes monica. ๐Ÿ˜€

    kalo group cowok (bukan band)… hmm saya gak tau… kayaknya kalo cowok kebanyakan band ya kalo group… kayak kerispatih…
    kalo group cewek, yang kepikir cuma duo maia…

  5. Tempat rekreasi selain Mall? Wisata kuliner…mencoba berbagai masakan khas daerah…
    Penyanyi idola Indonesia? Wahh ini om NH yang paling tahu
    Universitas di Indonesia…ini banyak juga dari kelas universitas negeri yang bagus, universitas swasta yang bagus..samai yang ecek-ecek juga ada. Dulu masih bisa dilihat dari statusnya: Disamakan, diakui, terdaftar….Setelah pak Menteri (lupa namanya), aturan ini nggak ada lagi..kacau deh

    Kalau gunung di Indonesia? Banyak Imelda…dan menarik….
    Kayaknya tahun depan jika liburan, EM udah bisa ke gunung Bromo….tidur di Bromo sekalian, ada hotelnya kok, terus jam 3 pagi naik pakai mobil jeep ke atas, bisa langsung ke atas untuk melihat matahari terbit. Tapi kalau mau lihat kawah, memang naik kuda dulu, baru naik tangga (kalau tak salah 250 tangga).

  6. Bagus juga jika Riku bisa tahan segitu lama nunggu di kampus. Anak-anak biasanya kan sangat sulit untuk berdiam diri sendirian cukup lama… ๐Ÿ™‚

    Nechan, pasti asyik mengajar di kelas dengan jumlahnya yang kecil itu ya? Jadi lebih banyak yang terkaver… Kalau ada yang nanya soal makanan, Nechan pasti bisa menjelaskan dengan baik bukan? hehehe…

  7. Wah MEN RODO itu bukannya toko ramen yang ada di Wadamachi dulu ??
    Yang kita suka makan dulu ??
    Kalau iya, aduh aduh aku kangen sakali deh sama ramen itu !!
    Raman 1-kara di sana bukannya hanya pedas tapi rasanya memang enak banget !

  8. Metoda perkuliahan yang inovatif, Mbak. Saya masih sering memakai metode konvensional : ceramah di depan kelas, dan diskusi. Di magister, mahasiswa saya juga sedikit, sekitar 10 orang saja dalam satu kelas. Jadi bisa lebih interaktif.

    Ohy a, di yogya sudah ada beberapa rumah makan ramen lho. Dan kayaknya nggak pakai babi sih … ๐Ÿ™‚

  9. #2 – Walah, menurut saya, kualitas Indonesian Idol ga ada yang terlalu bagus. Malah lebih bagus kualitas penyanyi non-idol. ๐Ÿ˜ฆ Yang bagus paling cuman Mike doang…
    Mau yang menyanyi solo? Sebut aja ada Vidi Aldiano, Agnes Monica, Nindy, BCL, Glenn Fredly, sampe Denada juga, bagus2… Kalo bikin grup kayak grup macam SMAP atao Arashi, kayaknya di Indonesia bakal kurang digemari…. LOL

    #3 – Jangan kampusnya, jumlah dosennya aja masih kurang… ๐Ÿ˜ฆ Jumlah guru besar dan profesor di ITB masih kurang banyak… ๐Ÿ˜ฆ

    #6 – Kalo gunung, jangan lupakan Bromo. Jangan sebut pendaki gunung kalo belom melihat sunrise di Bromo. ๐Ÿ™‚

  10. 1. Olahraga? Pencak silat ya? Setuju..

    2. Kalo penyanyi Agnes bagus tuh Mba.. kabarnya udah go int’l.. kalo artis Jepang yang ngetop l’arc n ciel (laruku), NEWSS (grup nya yamapi), exile.. (info dari teman yang penggila musik korea jepang) penggemarnya ABG-ABG

    3. UI, ITB, UGM.. banyak yang bagus2

    4. JF, serius.. lulus tes masuknya aja susah ๐Ÿ˜ฆ

    5. Yangn lumayan sering dikunjungi itu yang kaya Taman Mini dan Ancol gitu Mba.. yang bisa dipakai buat jalan2 keluarga.. maklum negara ini penuh kekeluargaan ๐Ÿ˜€

    6. Hidup Bromo dan Semeru.. kalo Jaya Wijaya ga negrti deh.. soalnya kemaren tim dari kantor mau mendaki ke sana prosedurnya aja ribet banget (padahal kan urusan negara).. palagi kalo buat mendaki (swasta kan), mungkin tambah ribet kali.. kan masih ada suku asli gitu dan tabiat suku asli agak keras.. tanah sana tanah mereka bukan tanah indonesia..gitu katanya

    Wahh.. itu foto Riku yang ngeliatin ramen mamanya yang oranye banget ๐Ÿ˜€

  11. Bagaimana sih pandangan bangsa luar negri terhadap negara kita tercinta ini? Apakah bisa dibanggakan?

    apa yang bisa dibanggakan kalau mereka saja tidak tahu Indonesia di mana. (Kebanyakan) Mereka hanya tahu BALI…nah loh. hehehhe
    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s