Nattsu di Natsu

Kalau ditulis bahasa Jepangnya 夏のナッツ,  夏 natsu = musim panas, ナッツ = nattu dari bahasa Inggris “nuts”= kacang.

Kacang…kacang…kacang! Eh tulisan ini jangan dikacangin ya hahaha (kasian si kacang kok jadi istilah pengganti untuk dicuekin ya hihihi). Tapi boleh juga sih soalnya cuma mau mengatakan bahwa hari ini tanggal 22 Juli adalah hari Kacang di Jepang. Di tetapkan oleh Asosiasi Kacang Jepang, bahwa hari ini hari Kacang. Kacang memang makanan yang sehat karena mengandung protein Nabati, cuma kalau kebanyakan makan kacang ada orang yang mengalami problem kulit dengan jerawatan, atau problem pencernaan dengan buang gas (terutama kacang merah tuh, bruine boon bahaya!)

Kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau yang utama di Indonesia, tapi untuk negara dengan 4 musim mempunyai koleksi kacang yang lebih beragam lagi. Almond dan Walnut diantaranya. Dan kacang-kacangan itu diolah dengan bermacam cara atau dicampur dengan bermacam bahan. Salah satu yang terkenal adalah Almond Arare. Arare adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari beras. Kemudian dicampur almond, sehingga rasa kerupuk empuk dipadukan dengan almond yang keras, menjadikan rasa yang harmonis.

Almond Arare, paduan krupuk dan almond. Indonesia juga punya paduan krupuk dan ...kedelai (tempe)

Kacang juga cocok jika dipadukan dengan coklat. Oleh-oleh dari Hawaii yang terkenal adalah macadamia nuts chocolate, sehingga setiap kali aku melihat coklat ini pasti teringat Hawaii. Padahal Singapore juga memajang coklat macadamianya sebagai oleh-oleh negara itu.

Ada satu campuran kacang-kacangan Jepang yang aku sukai. Tapi biasanya memang banyak dijual menjelang musim gugur. Seperti kacang atom yang putih tapi warna dan rasanya macam-macam. Kadang dalam campuran itu juga terdapat ikan kering manis dan ganggang laut. Harganya juga tidak murah (meskipun tidak mahal) tapi sensasi campuran itu memang cukup membuat tangan dan mulut tidak berhenti jika sudah membuka bungkusannya.

Campuran kacang, kerupuk kecil dan ikan teri manis diberi nama Ajigonomi

So, karena hari ini adalah hari Kacang, mari kita makan kacang yuuuk. Oh ya sebagai penutup saya mau memberitahukan sebuah “cara” menyuruh orang Jepang menghafal kata kacang: “Ka-chan wa nattu ga suki” Ka-chan = okaasan = ibu. Ibu suka kacang. Ka-chan wa “kacang” ga suki! Dan memang ibu imelda ini suka kacang hihihi

Have a nice Thurday! Di Tokyo kami menyambut 37 derajat lagi deh hihihi.

Iklan

13 comments on “Nattsu di Natsu

  1. ..
    Rasa makanan bisa harmonis ya Mbak..? 😀
    ..
    Kacang Macadamia di jember dan Banyuwangi banyak lho..
    Tp di ekspor semua..
    Bisa jadi yg disingapura itu macadamia asli jember..:-(
    ..

  2. Saya suka kacang..duluuu sekali, tak berani makan kacang dan coklat soalnya langsung deh jerawat keluar. Setelah usia sekarang barulah menikmati makan kacang…lebih sering kacang rebus (konon katanya malah bagus untuk kolesterol)…dan coklat

    Naksir Almond Arare….kayaknya enak…nyam..nyam…
    Dan melihat gambarnya, ada rasa manis dan asin nya ya?

  3. Dikacangin=dicuekin

    Kata temanku kabarnya muncul karena tukang kacang di sini kalo jualan seringn kedatangannya ga digubris gitu sama pembeli.. kalo tukang kacang lewat orang yang liat ya cuek aja, noleh pun nggak, bener kali ya?

    Jadi tinggal ngomong deh: Kacang kacang.. dicuekin.. gitu..

    Saya suka kacang, terutama mente, hmm..

  4. Aku pernah Mbak… sekali waktu alergi kacang. Makan kacang tanah dikit aja, langsung keluar bintik-bintik merah semacam biang keringat di seluruh wajah dan leher, bhkan mata jadi lucu karena kelopak jadi gendut gitu. Rasanya gatallllll banget, panas dan agak perih. Pengennya garuk-garuk terus, yang bahaya kalau jadi lecet dan luka.

    Trus..aku berobat alternatif… aku disuruh minum jamu yang pahit banget. tapi bisa sembuh lho… sekarang sih nggak alergi segitu parahnya, paling kalau makan kacang deket-deket “siklus” keluar deh jerawat di wajah..

    Aku sih doyan/suka kacang, dan tau kapan harus berhenti.. 🙂

  5. Oalahhhh…

    Ini postingan tentang kacang. Baiklah.

    Ada kue mentega yg bentuknya bulat rasanya manis asin gurih, karena di campur dengan kacan tanah. Tau gak, mbak?

    Itu rasanya enakkkk banget 🙂

    Sayangnya baru ada di toples rumah Yessy kalo lebaran aja…hehe.

  6. Hihihi, saya termasuk yang jarang gemil Mbak, tapi kalo disuruh pilih antara keluarga kacang-kacangan, saya pilih MEDE. Hahaha, yang harganya lumayan mahal…

  7. aku ndak bisa makan kacang sekarang…jerawatku lagi gede2nya 😦
    mbak…dijepang itu hari apa sih yg gak ada…kayaknya semua hari ada deh hihihihi

    hari komputer ada gak mbak? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s