Terrrrrrrr………

Ter+ kata sifat adalah awalan dalam bahasa Indonesia yang menyatakan paling. Dan merupakan sifat manusia untuk mencapai “Paling” ini. Saya merasa tersanjung (ter- yang ini bukan “paling”) karena diberi kesempatan oleh sahabat saya sang penulis novel, Mbak Tuti Nonka untuk tampil di TV. TV chanel mana? Coba saja Anda saksikan sendiri di sana. Saya menulis tentang “Ichiban – Nomor Satu“. Silakan berkunjung ke sana.

Nah, persis tadi pagi Riku berkata padaku:
“Ma, kata temanku Yuki-kun, Indonesia adalah negara terbesar(terluas) di dunia loh”
“Masa sih? Bukan kok….”
Gen yang mendengar itu, langung googling dan mengatakan:
“Yang terbesar Rusia, Indonesia nomor 15…” (Wahhh 15 ya? Baru tahu, pikirnya masuk 10 besar)

Memang paling asyik mencari-cari yang ter- di dunia ini. Aku ingat dulu waktu SD punya buku catatan kecil HPU: Himpunan Pengetahuan Umum, catat dari penjelasan guru atau cari sendiri dari surat kabar. HPU seperti itu dalam bahasa Jepang disebut: Mame chishiki ( 豆知識 mame = kacang chishiki = pengetahuan….pengetahuan kecil-kecil seperti kacang tapi berguna, karena dari biji/ kacang itu bisa menjadi pohon yang besar).

Dan sambil menuliskan di TV, saya juga ketemu dua informasi yang menarik yaitu:

1. Lift terpendek di Jepang: Hanya satu tingkat dari tingkat 5 sampai 6. Terdapat di Hiratsuka, Kanagawa. Saya ambil dari sini.

2. Eskalator terpendek di dunia: Udah gitu menurun lagi, setinggi 5 anak tangga, atau 83,4 dan hanya perlu 5 detik untuk “menaikinya”. Terdapat di Kawasaki More’s Dept Store, Kanagawa. (Saya pernah naik yang serupa, mungkin sedikit lebih tinggi tapi tidak sampai 1 meter, di stasiun Shibuya)

Mencari yang ter+ di dunia ini memang menarik ya…  Semoga terhibur ya!

Iklan

24 comments on “Terrrrrrrr………

  1. udah baca yang di TV. keren dah tower tertingginya itu ya…
    jepang emang mantep dah…

    pengen dah someday pergi ke jepang… ke tokyo especially… 🙂

    dari dulu saya selalu berkeinginan untuk bisa pergi (atau tinggal malahan) di tokyo, new york, dan london… 😀

    Nah silakan coba datang ke Tokyo…. Aku tinggal belum rasain New York aja, cuma kayaknya sih menyenangkan juga.
    Ke tiga kota itu muahal jeh!

    EM

  2. Eskalator di Ochanomizu eki yang ga terlalu pendek aja suka bikin temeku geleng-geleng, gmn kalo dia tahu ada yang lebih pendek lagi ya? Hahaha.. Nanti mau kasih tahu dia, ah ;p

  3. Komenku yang tadi masuk ga ya Mbak.. Biasanya lgs masuk, jadi pengen nulis lagi deh. Kalo ternyata masuk dua-duanya ntar Mbak delete aja salah satu ya, hehe..
    Temenku ada yang suka heran sama eskalator di stasiun Okachimachi karena pendeknya. Tapi ternyata ada yang lebih pendek lagi ya, haha.. Nanti mau kasih tahu dia, pengen liat responnya kaya apa, hehe

  4. Sesuatu yang TERukur, mestinya masih lebih mudah diperbandingkan. Yang agak susah itu jika menyangkit faktor nilai atau subjektivitas, seperti TERbaik, TERburuk, TERindah…
    Jadi inget di Sulawesi adatuh Monyet TERKECIL di dunia. ukurannya hanya beberapa Cm aja bisa ditaruh diatas telapak tangan.. Indonesia apa bisa ya dibilang negara Kepulauan Terbanyak..?? 🙂

  5. Ah ada-ada saja …
    Eskalator terpendek di dunia … cuma 5 anak tangga …
    gaya bener pake eskalator segala …
    hahahaha …

    (berfikir … kira-kira kenapa ya kok mesti eskalator … kenapa tidak jalan yang dibuat miring saja atau simply dibuat tangga )

    salam saya EM

    di sebelahnya ada tangganya loh. Entah kenapa begitu. Kebanyakan duit kali.
    Ada di beberapa tempat loh eskalator pendek gini.
    Yang aku belum sempet foto adalah eskalator melengkung di yokohama, itu juga canggih tuh
    EM

    • Mungkin eskalator itu disediakan untuk orang-orang yang kesulitan turun melalui tangga, misalnya yang kakinya digips karena patah tulang, atau orang-orang yang memiliki kendala fisik lainnya. Nah, ramp (lantai miring) harusnya ada juga, untuk mereka yang memakai kursi roda. Arsitektur yang ramah pada penyandang difabel ini sudah menjadi ketentuan umum untuk bangunan-bangunan publik.

      Gitu ‘kali Om … 🙂

  6. kalo ngelihat foto2nya sih jepang negaranya ok punya ya…pengen jg menjejakkan kali di sana…(someday…)

    semoga ya
    EM

  7. wah..ntuh eskalator…mbak

    selain yang paling pendek..mungkin termasuk yang cepat juga kali, ya ?? 😀

    hahaha iya, cuma 5 detik 😀
    EM

  8. Mbak Imeeel …. terimakasih sekali Mbak sudah berkenan menulis untuk TV (Tutinonka’s Veranda). Saya loh yang merasa tersanjung, bisa menghadirkan bintang tamu istimewa di TV … 😀

    Tentang yang ‘ter’ ini, juga bisa kita jumpai di Guinness Book of Record ya. Di Indonesia ada MURI (Museum Rekor Indonesia) yang diprakarsai oleh Jaya Suprana. Cuma kadang-kadang rekor yang dicatat MURI rada ‘mengada-ada’ … 🙂

  9. Postingan teerrr di TV bagus sekali EM…
    Lift terpendek? Mungkin untuk memudahkan kalau bawa barang berat ya…lha kalau cuma satu lantai kan enakan jalan kaki naik turun tangga…tapi kalau bawa barang lumayan juga

  10. untuk beberapa hari ini masuk dan memberikan komentar di TE adalah yang TERsulit hehehehehe. Ini kali ketiga yang akhirnya bisa menuliskan komentarnya….kirain saya ga bakal bisa kasih komentar lagi nih….

    Jadi ingat banget buku HPU…..zaman itu buku tersebut merupakan hiburan bacaan yang paling mendidik kalau sekarang mah udh tergantikan sama mbah google ya…

  11. Dunia itu sempit ya, aku nggak kenal sama Mbak Tuti Nonka, tapi suatu saat di rumahku ngomongin apa gitu, nyebut2 nama Tuti Nonka, trus diceritain ibuku kalau dia penulis cerita suka di majalah jaman dulu. Dan ternyata asalnya dari kampung ibuku tinggal di Jogja 😀 😀 😀

    Itu eskalatornya ngapa banget deh 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s