Boling

Aku masih belum biasa mengatakan boling untuk bowling, sebuah cabang olahraga yang: “berupa permainan dng menggelindingkan bola khusus untuk merobohkan sejumlah gada yg berderet yg kemudian dapat tertata lagi secara otomatis; bola gelinding” (kbbi daring). Yah memang kalau mau menyingkat bola gelinding jadi boling, memang tidak perlu huruf “w” di tengahnya. Hanya saja, aku masih belum bisa melihat boling sebagai sebuah cabang olahraga. Soalnya aku jarang melihat orang berkeringat dengan main boling, lha wong tempatnya biasanya ber-AC gitu.

Pertama kali kenal boling dari tante kenalan keluarga yang cukup mahir sampai pernah dikirim sebagai kontingen nasional. Tapi selama tinggal di Jakarta belum pernah menyentuh bola boling! Aku pertama kali kenal boling ya di Jepang sini.

Boling adalah satu “kegiatan” kumpul-kumpul waktu mahasiswa selain karaoke. Dosen pembimbingku di tahun pertama pernah bertanya, “Imelda bisa boling?” Aku cuma bengong dan bilang, “belum pernah main”. Jadi batal deh acara bolingnya karena kasian pada diriku hihihi, dan diadakan acara makan-makan saja. Sesudah makan-makan baru pergi karaoke, dan dosenku tidak ikut. Katanya, “Kalau acara karaoke lebih baik mahasiswa saja, biar lebih rileks. Kalau ada saya nanti tegang semua…” hihihi. Well, tahun-tahun kuliah di sini memang diisi dengan boling dan karaoke (selain juga minum-minum/makan-makan tentunya)

Jadi? Imelda jago dong main bolingnya? Meskipun cukup sering “strike” tapi jumlahnya masih kalah dengan “masuk got”, dan sepertinya tidak jago-jago mainnya. Cukup dengan “pernah main” aja deh. Eh tapi kalau main boling di computer game sih jago hihihi. Kadang ingin sih main lagi di Jakarta waktu mudik. Yang aku tahu dulu di Blok M ada tempat main boling, tapi sekarang tidak ada. Adik sepupuku kalau main boling jadinya di Manggala Wanabakti Bowling Center, Jl Jend Gatot Subroto. Tapi aku selama ini belum pernah ke sana. Perlu dicoba mungkin nanti kalau mudik ya…. Dari pembaca TE ada yang jago boling ngga?

Kenapa tiba-tiba aku menulis soal boling? Ya tentu saja ada alasannya, yaitu hari ini tanggal 22 Juni adalah hari peringatan untuk boling, yang ditentukan sebagai hari boling oleh “Serikat Tempat Bowling Jepang“, karena menurut sejarahnya tanggal ini di tahun 1861 tercatat sebagai hari pertama dibukanya tempat bowling di kompleks orang asing Nagasaki.

Sekaligus aku juga mau mengucapkan selamat ulang tahun kota Jakarta, tempat kelahiranku yang ke 483 tahun.

Dirgahayu Jakarta!

Iklan

21 comments on “Boling

  1. Ulang tahun DKI Jakarta yang ke 483 mbak EM…
    22 Juni itu ulang tahun Mamak ku sekaligus ulang tahun pernikahan Mamak dan Bapakku.
    kalo soal boling, aku nyerah mbak, banyakan mlipir kanan-kiri bolanya daripada ngejatohin pin-nya. Malah pernah kejadian, bolanya ga ngeglinding ke depan, tapi ke lempar ke belakang, untungnya di belakang ga ada orang, jadi ga sampe ada korban. hehehehe, jadi malu.

    wah makasih koreksinya nu
    selamat untuk perayaan di keluargamu ya

    EM

  2. Aku juga belom pernah maen nih, pengen nyoba tapi nggak ada temennya, nanti klo mudik, maen bareng yok?!

    Bahagianya hatiku bisa ketemu TE lagi setelah minggu kmrn nyoba akses2 kok account suspended mulu ๐Ÿ˜ฆ hihihi

    boleh-boleh…. biarpun ngga jago juga
    hihihi

    EM

  3. Ada hari boling juga ternyata….mmh…
    Kayaknya Mbak Imel udah mulai mengumpulkan data kegiatan dan acara untuk mengisi kopdar tahun 2010 nih…asiik euy!

    hahahaha ngga juga kok hen, aku kebetulan teringat wkt baca hari ini hari bowling. belum pernah tulis, so langsung tulis
    EM

  4. Mbak Imelda,
    Saya sependapat sama mbak soal penetapan boling sebagai salah satu cabang olah raga. Sama seperti saya yang nggak ngerti kenapa maen catur dibilang olah raga.

    Btw, di Jepang ada Hari Boling? Ckckckc..orang Jepang memang sangat memaknai hari-hari penting dan (dianggap) bersejarah untuk komunitasnya yah…

    Pa kabar Mbak? Dah lama saya nggak ‘numpang’ kereta ekspress-nya mbak..

  5. kalau ngomongon ter–ter emang seru mbak, asal jangan aku bukan temen mbak imel yg tercerewet aja…hhohohohoho ๐Ÿ˜›

    ehhh lift yg pendek itu juga ada loh di pim…tapi mungkin lebih banyak tangganya di banding yg di jepang itu ๐Ÿ˜€

  6. well…aku blom pede mbak main boling ๐Ÿ˜€ aku pernah main terus aku jatuh tersungkur…hahahaha malunya amit2 semenjak itu gak deh main boling.

    kalau sama dirimu boleh lah yuks…ajarin aku main kalo dirimu di jakarta ๐Ÿ˜€

    kalau main lewat HP aku top score terus sih…hohohohoho

  7. Saya malah ga pernah pegang bola bowling ๐Ÿ˜€

    oh ya. Catur juga termasuk cabang olahraga, dan saya belum pernah liat orang main catur sampe keringetan ๐Ÿ˜€

  8. Eskalator kali Ri …
    ini pasti yang menghubungkan lantai 3 dekat GM dengan jembatan menuju PIM 2 kan ?

    (hehehe preman PIM angkat bicara …)

  9. Aku belum pernah main bowling…
    bahkan masuk ke arena main bowling aja blm pernah sekalipun..hihi..udik bgt ya…

    Aku juga heran, catur kok bisa masuk ke cabang olah raga ya? kalau dipikir-pikir catur kan nggak ada badan yang “bergerak”…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s