Summer Greetings

Kalau pada  tahun baru orang Jepang terbiasa untuk  mengirimkan Nengajo 年賀状 dengan kartu pos khusus yang disediakan kantor pos, sebenarnya  ada satu lagi “event” yang dianggap perlu, sampai-sampai Kantor Pos Jepang perlu membuat kartu pos khusus. Ya, Summer greeting, atau bahasa Jepangnya Shochuu mimai 暑中見舞い。

Kebetulan kemarin aku membaca bahwa tanggal 15 Juni adalah hari “shochuu mimai“. Sudah lama ya aku tidak menulis seri “Hari ini hari apa”, karena tahun lalu cukup banyak aku menulisnya. Ternyata kemarin itu adalah hari peringatan penerbitan kartu pos Summer Greeting pertama pada tahun 1950. Jadi sejak tahun 1950, orang Jepang mempunyai kebiasaan mengirim summer greeting dengan kartu pos khusus. Kalau kartu pos untuk tahun baru disebut Nengajo, maka kartu summer greeting ini disebut dengan “Kamomeru”. Perpaduan dua kata kamome (burung camar) dan meru (mail) . Musim panas memang identik dengan laut dan di laut ada burung camar bukan?

Dengan mengirim kamomeru ini, kita menyampaikan kabar kita kepada relasi dan kawan-kawan. Sebuah wadah silaturahmi dan bisa juga promosi atas produk atau barang jika pengirimnya perusahaan. Kamomeru ini juga seperti nengajo dilengkapi dengan undian berhadiah, dengan hadiah-hadiah menarik. Tapi karena musim panas juga ada akhirnya, kamomeru ini hanya dijual sampai tanggal 20 Agustus.

Bisa membeli kartu pos itu dari website kantor pos jepang

Selain mengirim kartu pos, biasanya orang Jepang juga mengirim Ochuugen お中元 berupa barang, biasanya makanan/minuman/sabun/minyak dsb kepada orang-orang yang dianggap banyak membantu, osewaninatta. Mengirimkan barang atau kartu pos seperti ini sudah menjadi kebiasaan di Jepang, meskipun memang lama kelamaan mulai berkurang. Yang menerima ochuugen dan kamomeru, sedikitnya bisa “menyejukkan” diri dalam udara panas Jepang yang lembab ini. Tahun ini aku dapat kamomeru atau ochuugen tidak ya? (haduh gimana mau dapat kalau tidak pernah kirim hihihi)

e-card dari kami, bunga sweetpea... menyejukkan ruangan

Iklan

14 comments on “Summer Greetings

  1. padahal tradisi tersebut hampir mirip kayak di Indonesia tapi sekarang lebih mengabil simplenya alias lewat sms, padahal beda banget ketika seseorang mengirimkan ucapan selamat atau sesuatu secara langsung lebih kerasa banget kita menerimanya

    jadi kepengen dikirimin juga hehehhe

  2. huruf kanji dan hanzi ga beda jauh ya mbak imel, cuma cara bacanya aja yang beda. Selamat memasuki musim panas untuk mbak imel dan keluarga. Btw apa disana ga ada hujan? Di daerah saya walau sudah musim panas tapi sering banget hujan gedhe dan hampir banjir…

  3. hepi summer day tante….

    disini malah ujan hampir tiap hari…

    membuat malas untuk bangun dan beraktivitas,,maunya dibawah selimuut aja terus smpe siang,hihi….

  4. sudah musim panas ya Mel? disini masih turun hujan pagi sore…malah di kantor ku pagi ini masih berkabut banget…kerjaku kan sekarang di serpong, yang masih ke arah parung n bogor.

    duh senangnya kalau tradisi itu masih ada, aku ga inget kapan terakhir pergi ke kantor pos (yg warnanya orange itu)…kalaupun mengirimkan sesuatu, sekarang lebih sering ke Tiki/JNE…dan kalau terima surat pasti ga jauh2 dari tagihan bayar premi atau tagihan credit card, urusan dengan Bank semua.

    senangnya kalau ada yang kirimin kartu pos atau ucapan seperti itu ya…kalau senang menerima, tentunya harus senang mengirimkannya ya?

    tulisanmu jadi mengingatkan aku utk mengirimkan ucapan apa aja atau surat buat kakak ibuku, pakde atau sepupuku di kampung, yang jauh dari teknologi dan ga punya HP…tradisi mengirim lewat pos, sudah banyak ditinggalkan orang abad ini.

    trims ya mel…have a nice summer day!

    DL

  5. Membayangkan betapa indahnya Tokyo saat summer…..pasti banyak bunga bermekaran.
    Kartunya indah sekali Imelda…..
    Indonesia cuacanya kacau, kadang panas…tapi kadang hujan terus menerus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s