Negara Idaman Para Ibu

adalah Norwegia. Sedangkan negara idaman untuk anak-anak adalah Swedia.

Memang ini hanyalah sebuah angket yang dilaksanakan oleh organisasi “Save The Children” yang melaporkan hasil surveynya persis sebelum sebagian negara di dunia merayakan Mother’s Day, tanggal 9 Mei kemarin. Dalam artikel bahasa Jepang memang memakai kalimat “Negara yang paling cocok untuk menjadi ibu” sedangkan kalau melihat judul asli dari survey adalah “2010 Mother’s Index Ranking”.

Bagaimana Jepang? Ternyata Jepang tidak bagus-bagus amat loh! Jepang menempati ranking 32 dari 160 negara yang menjadi obyek survey. Jepang hanya naik 2 tingkat dibanding tahun lalu yang berada di urutan ke 34. Padahal tahun 2006 pernah mencapai ranking 12 loh…..

Amerika juga ternyata hanya menempati ranking ke 28 dibawah 3 negara Baltik, Crotia dan Slovakia. Kok bisa begitu? Katanya di Amerika satu dari 4800 bumil (ibu hamil) meninggal, dan persentase kematian balita juga 8 dari 1000 bayi.

Nah… bagaimana dengan Indonesia? Kalau melihat artikel di surat kabar Jepang tentu saja tidak tertulis, jadi lebih baik melihat hasil survey langsungnya, dan menemukan bahwa Indonesia menempati ranking 54. hihihi Jauuuuh ya! (Jangan menghibur diri…ah Amerika aja cuma segitu! Mustinya malu dengan Malaysia yang 38, dan Filipina yang 48). Dari survey itu kita juga bisa mendapatkan bahwa ranking Indonesia sebagai idaman para anak-anak bahkan lebih buruk daripada sang ibu. Ranking 66 !!! Berarti memang kita harus mengasihani anak-anak Indonesia ya? Anak-anak Jepang (termasuk Riku dan Kai ) harus berbahagia karena negaranya termasuk 10 besar yaitu ranking ke 6. Berarti lebih baik menjadi anak-anak di Jepang daripada menjadi ibu. Aku mau tukeran sama Riku ah jadi anak-anak kembali…hahaha.

Riku dan bunga carnation sebagai hadiah Mother's day

Mau nebeng juga menuliskan Selamat Ulang Tahun kepada Mbak Tuti Nonka yang berulang tahun tanggal 10 Mei ini. Semoga mbak Tuti dapat terus melanjutkan kegiatannya dan menjadi teladan bagi para wanita eh perempuan! (Konon kata wanita itu jelek, jadi lebih baik perempuan…tapi bahasa kan tidak statis, asalkan intinya tersampaikan apa salahnya memakai wanita? )

Lalu komentator ke 12321 adalah Alamendah, dan komentator ke 12345? Mungkin kamu loh hehehehe.

Iklan

22 comments on “Negara Idaman Para Ibu

  1. mungkin indonesia masuk 15 besar rangking untuk korupsinya mbak.haha

    salahhh…
    nomor satu jangan-jangan hahaha
    EM

  2. ..
    sebelumnya mau ngucapin happy mother’s day, buat mbak Imel..
    telat sehari ya..hi..hi..
    semoga senyum Emi chan selalu menerangi kedua buah hati..
    ..
    itu nggak dijelasin mbak kenapa Swedia dan norwegia..?
    .
    kalo nanti sebagai bapak aku pilih new zeland aja deh..
    hi..hi..hi…
    🙂
    ..
    -AtA-

    Memang tidak dijelaskan di situ, tapi semua yang mendukung seorang wanita menjadi ibu, mungkin bisa disediakan oleh swedia dan norwegia. Semisal, di Perancis ada TUNJANGAN MEMPUNYAI ANAK, setiap anak sekian euro setiap bulan, jadi org mau punya anak. Fasilitas kesehatan, pentipan anak dsb juga menjadi faktor. Angka kematian ibu hamil yg rendah dsb dsb deh
    EM

  3. Wah survey yang demikian ini seharusnya menjadikan patokan untuk berbenah ya mba’

    bener mas… harusnya dipakai sebagai patokan untuk berbenah. Meskipun sepertinya setiap tahun Indonesia ntidak pernah naik kelas hihihi
    EM

  4. Negara Idaman para Bapak ??
    mmm…
    sepertinya Denmark dan Belanda … !!

    (trainer ngarang !!!)

    Salam saya EM

    Hmmmm aku jadi mikir nih…
    kenapa denmark? apa karena ada putri duyungnya?
    kenapa belanda? apa karena ada redlight district nya?
    hihihi
    EM

  5. aahhaha.. mbak EM mo tukeran jadi anak2 ama Riku? 🙂 masih geli hihihi
    aku juga mauuuuu…ibunya mbak EM mah enak.. diajak jalan2 molo 😛 hhhehe

    btw mbak.. selamat hari Ibu yah 🙂 u r one of good mom I’ve ever seen

    and buat bunda Tuti Nonka… Selamat Ulang Tahun…. panjang usia, kesehatan dan kebahagian boleh menjadi langkah2 kaki bunda 🙂

    salam, EKA
    .-= Ceritaeka´s last blog ..Harta Yang Paling Berharga (an Adventure in Kali Progo & Keteb Pass) =-.

  6. Berbahagialah Riku dan Kai!!! Tinggal di Jp yang memperhatikan kesra anak-anak….dan bukannya Mama juga jadi bahagia jika anak nya bahagia mbak Em???

  7. postingan Negara Idaman Para Ibu ini lebih… sorry to say it frankly… membosankan dari Ujian, menguji atau mempermainkan? -1-
    mgkn krn fakta” aj, kurang personal response atau pun interesting things gitu
    aku ngiri juga sama Riku & Kai… di Jepang banyak exhibition gituuu… bisa lihat” banyak hal, macem”…

    ~LiOnA~

  8. istri saya saya ajak pulang kampung ke kendal ngga mau, katanya sudah betah di tangerang. Tapi kalau saya ajak migrasi ke norwegia, barangkali mau ya? hehehe mimpi kali ye
    .-= mascayo´s last blog ..Rebuild personal blog mascayo =-.

  9. kalau yang ditanya Ibu sih pasti milihnya yang tempatnya damai, sejuk, gak rusuh, dan banyak gratis2 dari pemerintah benefit kesehatan ini dan itu.

    Kalo yang ditanya Bapak, pasti milih yang dapet duit kenceng, banyak gadget elektronik dan home renovation fashion.

    Kalo yang ditanya ABG, pasti milihnya yang banyak dugem, cewek cakep, dan internet kenceng :))

    Hahaha….
    .-= Dewa Bantal´s last blog ..Bisakah Kupesan Cinta Dan Hatimu Di Restoran China? =-.

  10. happy mothers day…

    bagiku Rangking anak-anak Indonesia akan berada di peringkat satu jika kita membuat mereka tersenyum saja (minimal cukup tiga detik) lalu kalikan itu dalam satu hari, lalu satu minggu lalu satu bulan, lalu satu tahun.

    bukankah lebih baik membuat anak-anak tersenyum walau hanya tiga detik ketimbang mengasihani mereka?

  11. Imee, arigatou gozaimashita … mata tsugino dai wo matte imasu.. bersambungkan hehe

    Ini pengantar yg bagus bgt buat masuk ke berbagai pilihan issue mau ditonjolkan lewat ulasan kyk gini. So sorry baru kasih comment pdhl aku yg tanya ya…e
    dan mungkin Imee bisa nebak arah pertanyaanku kemana, ujungnya lebih pada
    mengajak untuk bisa melihat apa yang pantas, perlu, seyogyanya dipikir ulang kembali soal arah dan tujuan sistem pendidikan Nasional Indonesia.

    Imee, tulisan berikut setl proloog ini, ke soal kayak apa sih muatan pendidikan SD, tugas2 , test, PR kayak apa yg diberikan? Liat anaknya murid2ku yg sekolah di JJS bintaro, jadi iri… mereka happy deh krn nggak dikejar2 setoran hari ini ulangan berapa,bawa tugas bbrp, ngapalin & PR ini-itu……knp harus satu hari dg begitu byk beban?

    baca tulisanmu ttg hari2 pertama Riku, duuuh.. jadi makin iri hehehe (kl infonya makin lengkap (tmsk biaya hidup&biaya pendidikan) kyknya siap2 pindah ke Jepang neeeh, ) enjoy tomorrow wz fam….

  12. Norwegia paling tinggi untuk ibu-ibu?
    Sayangnya kalau pindah ke sana nggak kuat dingin.

    Iya Imel, Indonesia maih jauh, dan anak-anak juga merasa belum nyaman…kawatir penculikan belum ada peudofilia (bener nggak tulisannya), orangtua yang menyenangi anak kecil untuk memuaskan hasrat seks nya. Duhh serem banget….

    Saya lihat di Jepang memang masih ada unsur kekeluargaan, anakku bilang, orang2nya baik dan helpfull….
    .-= edratna´s last blog ..Saat si kecil lebih dekat dengan mbak =-.

  13. Indonesia menduduki peringkat bawah, antara lain karena angka kematian ibu melahirkan yang tinggi, yaitu 228 per 100.000 kelahiran hidup (kebetulan saya menulis tentang ini di http://tutinonka.wordpress.com/2010/04/26/meraih-senyum-ibu/

    AKI yang tinggi menunjukkan pemerintah belum memberikan perhatian yang memadai kepada kesehatan reproduksi perempuan, yang menjadi salah satu sasaran dalam MDG’s.
    .-= Tuti Nonka ´s last blog ..Kemanakah Para Wanita itu? =-.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s