Ratu Kopdar?

Terus terang saya tidak berniat mendapatkan gelar “kehormatan” itu. Sama sekali tidak. Tapi memang saya suka bersilahturahmi, terutama bertemu dengan orang-orang yang sebelumnya belum pernah saya temui. Ya tentu saja setting “pertemuan” adalah di blog dulu, baru kemudian di dunia nyata. Atau yang dikenal dengan nama kopdar a.k.a kopi darat (istilah Jepangnya sih malah Off Air atau Off Kai — lawan dari On air—) . Padahal blogger itu kan ketemunya bukan di udara ya?

Hari ini cuaca cerah, meskipun kemarin diprediksikan akan turun hujan. Rupanya awan mendungnya takut dan baru muncul besok. Jam 7 anak-anak sudah bangun dan jam 8 sudah selesai makan pagi semua. Sambil beberes, nonton TV melewati hari. Saya sempat masak kare Jepang untuk makan malam. Jam 11 siang Kai tertidur. Saya pikir mau coba suruh Riku pergi keluar sendiri. Saya minta dia untuk belikan es krim di toko dekat rumah, tapi dia tidak mau. Tidak ada nyali untuk pergi sendiri. Susah deh saya…

Akhirnya saya ajak dia jalan ke luar rumah dengan alasan membeli sayur. Saya suruh dia jalan duluan untuk melihat apakah ada petani yang berdagang sayur di depan ladangnya. Ternyata tidak ada sayur yang saya inginkan. Jadi setelah coba pergi ke dua tempat kami segera kembali ke rumah. Saya harus putar otak terus bagaimana cara untuk memberikan keberanian pada Riku untuk keluar rumah sendirian. Tadi sempat saya tepis halus tangannya yang mau menggandeng saya terus. Duuuh anakku, kamu harus belajar mandiri!!! Kita tinggal punya waktu 2 minggu untuk latihan sebelum kamu masuk SD. Di sini murid SD harus berangkat ke sekolah sendiri, JALAN KAKI!!!

Nah, apa hubungannya dengan judul di atas? Ternyata sekitar jam 1 saya mendapat telepon dari Wita (http://doppelgangerishere.wordpress.com/) yang mengabarkan dia sudah berada di Stasiun Tokyo, dan minta dikasih tahu bagaimana caranya ke stasiun Kichijoji. Sempat kaget juga, karena saya pikir dia tidak jadi datang. Kemarin memang dia bilang akan menghubungi jika jadi ke rumah saya. Wita sedang berada di Aomori (utara Jepang), dalam rangka liburan, dan dia dengan sengaja menghabiskan waktu 3 jam naik shinkansen dari Aomori untuk bertemu saya (meskipun aku tahu tujuannya untuk ketemu KAI dan RIKU bukan saya hihihi)!

Jam 2:30 an Wita  tiba dengan selamat di depan pintu rumah saya. Bayangkan dari Aomori jam 10 pagi… sampai rumah saya jam setengah 3. Hampir 5 jam perjalanan euy. Hebat!! Untuk orang yang tidak bisa membaca kanji (bisa mengerti bahasa Jepang) bisa sampai di depan rumah saya hanya dengan 3-4 kali telpon/email itu hebat! Salut saya dengan kemauannya pergi sendiri.

Setelah duduk, saya tanya apakah sudah makan?

“Sebetulnya belum neechan”

ASTAGA… udah jam 3 jeh. Lalu saya tanya mau makan apa? Apa ada makanan jepang yang belum dicoba? Ternyata sodara-sodara, Wita ini rindu masakan Indonesia karena sudah 2 minggu makan masakan Jepang terus…hihihihi. Jadi senyumnya mengembang waktu saya bilang, saya ada sisa soto ayam karena kemarin saya buat soto ayam (dan untuk makan siang hari ini juga karena anak-anak suka). Saya panaskan soto ayamnya, dan menyuguhkannya. Aduuuh segitunya kepengen masakan Indonesia. Dan lengkaplah kebahagiaan Wita (eh kamu bahagia ngga ya? ) karena waktu tengah dia makan soto, saya teringat masih ada rendang Natrabu di lemari es saya! Soto ayam dan Rendang!!! (kombinasi yang aneh ….)

Aduuuh Wita jauh-jauh kamu datang, hanya aku suguhin Soto, Rendang dan koneksi internet (katanya di Aomori lemot). Eh ditambah kue ontbijtkoek – fresh from the oven -yah sebagai temannya ngopi. Coba kalau kedatangannya direncanakan lebih matang, bisa dimasakin bakso atau apa aja deh yang kamu kepengen.

Jam 5 sore dia pulang untuk memulai perjalanan 5 jam lagi kembali ke Aomori. Otsukaresamadeshita dan selamat menikmati sisa liburannya! So,  ini adalah kopdar Tokyo yang pertama!!! Ayo, Siapa lagi yang menyusul datang ke rumah saya? (Atau ketemu di stasiun Tokyo/ Shinjuku deh… kalau Narita ogah! jauh dan mahal hihihi) Saya tunggu loh. Tapi musti kasih tahu dari jauh hari ya, supaya disiapin masakannya, dan mungkin jangan masakan Indonesia ya hihihi.

Iklan

32 comments on “Ratu Kopdar?

  1. mungkin “off-line” lebih tepat kali ya ? sebagai lawan kata “on-line” kan ada juga tuh “off-road” meskipun yg “on-road” lebih jarang disebut … hehehe 🙂

    Oemar Bakrie´s last blog post..Apanya sih yg SULIT ?

    Emang Kopdar itu kata yang paling tepat ya? Secara orang Indonesia kan suka rame-rame ngmpul. Kalau mau bilang Offline rasanya kok ngga sreg juga ya?
    EM

  2. Hai Sis,

    Apa jadinya kalau orang yang nggak ngerti bahasa Jepang dan nggak bisa baca huruf kanji kepingin bertemu di rumahmu?
    Mungkin harus menunggumu jemput dia di gambir.. Hehehe..

    Salut ama Wita. Kapan2 ajak2 kalo kesana lagi ya, Jeng.. :p

    Ratu Kopdar?
    Hm, kalo bunda Enny apa ya? Hehe

    Saya tidak mengatakan bahwa saya Ratu Kopdar loh. Karenanya saya pake tanda baca “tanda tanya” kan? Nominasi tetap pada Ibu Enny.
    EM

  3. Hahaha, ternyata dari dunia perblogeran itu seru yach mbak, dari nggak pernah jumpa eh malah bisa ketemuan beneran.

    Sip dech, kapan2 kalau punya kesempatan jalan2 ke Tokyo, main ke rumah mbak Imelda juga tak masukin dalam agenda, biar bisa dimasakin makanan yang eunak-eunak, hihihi….

    Mbak Imelda salam juga buat Kai dan Riku yach (dari foto2nya mereka sangat lucu dan menggemaskan)

    Best regard,
    Bintang

    elindasari´s last blog post..UNTAIAN DO’A UNTUK SEORANG SASSIE KIRANA

    ditunggu loh Bintang
    EM

  4. dua minggu aja udah bikin rindu masakan Indonesia, gimana lagi dua bulan? masakan Indonesia ngangenin ya mba… hehe

    Jelas ngangenin lah… aku kemarin sempet kasih bumbu instant soto ayam untuk Wita masak di Aomori…hehehe ntah bakal kepake atau ngga.

    EM

  5. Siapa calon blogger berikutnya yang mau kopdar di Tokyo? Kayaknya semua kepingin, tapi belum ada kesempatan. Saya percaya suatu saat saya akan kopdar di Tokyo, nggak tahu gimana caranya….

    Hery Azwan´s last blog post..Perut Buncit

    Bang… kalo boleh usul… kerja sama dengan Fukuinkan Shoten…sapa tahu bisa dikirim ke Jepang 🙂
    EM

  6. saya segera menyusul bun..tlg jemput saya di tanah abang deket cililitan heuheu… ^_^

    Didien®´s last blog post..IBSN : Sedia Payung Setelah Hujan

  7. Salut buat mbak wita,,niat bgt jauh² kopdar dg bunda imel hehehehe…

    Didien®´s last blog post..IBSN : Sedia Payung Setelah Hujan

  8. Soto plus Rendang ???

    Ah sudah hajar sajah … hehehe
    Tidak ada kata tidak matching untuk kamus masakan Indonesia … bagi mereka yang tinggal di luar negeri …
    Begitu mungkin pikiran Wita …

    BTW … this is very nice
    And You know what I am going to say …
    “This is the beauty of blogging”

    Salam saya EM

    nh18´s last blog post..DELAPAN DELAPAN

  9. wah…kalo ada makananya mah.. boleh diniatin dalem dalem tuh,mbak.. biasanya kejadian. halah..
    Aku kok ya gemes banget sih, kalo liat fotonya Kai..

    p u a k´s last blog post..[Lou] Waktu menyembuhkanku

  10. kalau aku punya kesempatan ke tokyo, gak mau deh disuguhin soto sama rendang…
    trus apa dong? sambel trasi, huahaha…

    hope someday i’ll visit you neechan… 🙂

    vizon´s last blog post..mendadak trainer

    Hehehe Uda… aku juga pinter bikin sambal terasi loh….
    jadi asyik dong aku cuma sediakan nasi + sambal aja
    EM

  11. Mel, kalau aku ke rumahmu, aku pasti minta dibikinin masakan Jepang dong…kapan ya aku bisa ke Jepang lagi…hiks…tunggu yaa….

    Hai Jeng… makasih udah mau ninggalin komentar… sering-sering yah heheheh.
    Beres jeng… eh atau kita bikin reuni SMA dengan acara membuat masakan Jepang? hihihi
    EM

  12. percaya deh, lha wong potonya emi chan ada di mana2 *ngiri.com*

    olvy´s last blog post..PATTON feat TOMPI feat. GLENN FREDLY = SPEECHLESS…KEREENN BANGETS

    laaah apa hubungannya Ratu kopdar dengan foto jeng? Kan aku tidak senarsis adikku hihihi
    EM

  13. Halooo… Selamat malam, Bu Imelda. Nama saya Daniel Mahendra. Maaf, saya mau tanya, apa pendaftaran gelombang I kopdar Tokyo masih dibuka ya? Kalau masih, boleh pesen nggak, agar menu makannya bukan rendang dan soto. Soalnya kalo itu sih sudah sering ngunyah di Indonesia. Mending masakan Jepang sekalian. He-he-he.

    Bukan Ratu Kopdar kali… Tapi memang jaringan persahabatannya sungguh kuat 🙂

    Daniel Mahendra´s last blog post..Pangeran Berjanggut dari Negeri Timur

  14. Wah….itu usulan yang menarik sekaligus mahal
    hehehe
    tapi kebayang kalo ketemu mbak Imel ama anak2 di Jepang, pastinya dengan suasana berbeda, serunya juga berbeda, gak peduli menu suguhannya apa deh…
    Semuanya kalo diniatin bisa kan mbak
    (inget LoA …)

    prameswari´s last blog post..Berbagi Kasih

  15. Saya bisa mengerti betapa bahagianya mbak Wita makan soto ayam dan rendang!
    Pasti nafsu makannya bangkit.
    Rakus seperti saya nggak ya?

  16. Baru berkunjung lagi ke TE hihihi iya yah 5 jam…bru nyadar aku heheh

    Wahahah…gara2 kecanggihan teknologi rupanya email yg aku kirim dr pagi hari ndak nyampe ke neechan hahaha akhirnya br ngabarin jam 1, maap yah neechan…

    Wah, seneng kok udah dijamu soto ayam n rendang, blom lg kue n main sm Riku n Kai hehehe

    Mbak Melati, berhubung belom makan dari pagi jdnya yah agak sedikit rakus hihihihi

    Perjalanan kali ini memang bener2 magical mystery tour…

    Amazing…
    Japan is amazing…
    I’m in Love with it ^^;;

    wita´s last blog post..Daruma, Si Bundar Pembawa Keberuntungan

  17. Ping-balik: Twilight Express » Kopdar atau Jumpa Fans?

  18. Ping-balik: Aku dan Beya « Doppelganger is here

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s