I (dont) like Monday

Ya, RIKU akan berkata, “I dont like Monday!”. Tadi pagi jam 9 lebih aku antar dia ke TK. Kali ini jalan kaki (tentu saja Kai di baby car), karena aku bilang “Biar sehat dan bisa diet Riku!”. Tapi tengah jalan kami baru sadar, tidak membawa tugas yang diperintahkan gurunya yaitu membawa kantong kertas yang dibolongi bagian matanya. Kantong itu nantinya akan dibuat menjadi topeng ONI (setan) pada upacara setsubun tanggal 2 Februari nanti. Dan seperti juga mamanya dulu, Riku jadi tidak mau ke TK kalau tidak mengambil tugas itu. Dia tidak mau kalau ditegur gurunya. OK. Aku pikir masih ada waktu untuk kembali ke rumah, ambil kantong itu dan jalan atau naik sepeda ke TK. Toh baru jam 9:07…. kami diharapkan datang ke TK sebelum jam 9:30.

Jadi kami kembali ke rumah untuk mengambil kantong kertas itu, dan langsung berangkat lagi. Nah yang menjadi masalah, Riku sadar bahwa dia datang ‘pas-pasan’. Lalu dia memang sudah 3 hari sejak hari Rabu lalu tidak masuk TK (akunya sakit…. flu perut +flu biasa). Mulai dia ngedumel…. ya terlambat lah… teman-teman lupa aku… sensei tidak suka aku…aku mau berangkat lebih cepat lagi dsb dsb. Sampai dia menangis di depan pintu masuk sekolah karena dia mau ikut pulang sama aku dan Kai. Untung senseinya datang dan membujuk dia. Aku cuekin dia dan meninggalkan dia sama sensei dan teman-temannya. Hmmm salahku juga tidak mengantar dia ke TK saja minggu lalu. Tapi aku sendiri amat sangat sakit kepala sih, jadi ngga bisa keluar rumah. Dia musti adaptasi lagi dengan kelasnya. Wah bagaimana nanti kalau kami pergi ke Indonesia  1bulan ya?  Tapi begitu kembali ke jepang tgl 15 maret, tanggal 18 nya sudah upacara wisuda jadi biarlah. Kalau dia SD, yang pasti aku harus mengikuti jadwal dia dan tidak bisa seenaknya meliburkan dia. Liburan nanti harus bener-bener aku pakai untuk bersenang-senang.

Sebelum pulang ke rumah aku mampir ke toko kombini, dan si Kai sudah bisa memilih sendiri apa yang dia mau, dan minta dibelikan. Hmm Kai juga sudah besar. Meskipun belum jelas bicaranya, dia bisa mengucapkan kode-kode tertentu jika ingin apa-apa. Yang paling menggemaskan kalau dia panggil ‘Mama’ pada saat yang tepat. Kemarin malam Riku memaksa untuk berendam, buka baju sendiri dan baju adiknya, dan menunggu aku mengisi air panas di dalam bak. Mereka berdua main air deh. Dan rupanya aku sempat basah dan aku biarkan sehingga malamnya aku demam lagi. Susah ya… seorang ibu tidak boleh sakit. Untung Gen pulang tadi malam setelah 2 malam nginep di kantor untuk mengurus ujian sipenmaru yang memakai universitasnya. Kasihan juga dia capek, tapi akunya menggigil dalam tempat tidur sehingga dia terpaksa harus memperhatikan dua anak yang masih segar bugar. Dan aku terbangunnya lagi pukul 3 pagi 😦

Menuju apartemen, aku lihat di tanah kosong depan apartemen kita ada seorang Pendeta Shinto Kannushi lengkap dengan pakaian kebesarannya. Rupanya di situ akan mulai dibangun rumah/gedung sehingga diadakan upacara mulai pembangunan . Biasanya di tanah itu akan dihias dengan kertas lipat dan sesajian kemudian oleh Kannushi akan disucikan. Upacara ini bernama jichinsai 地鎮祭.

Ada sesajennya sake juga tuh... nanti siapa yang minum ya? hihihi (Photo dari inet)

Ada sesajennya sake juga tuh... nanti siapa yang minum ya? hihihi (Photo dari inet)

Sambil menunggu waktu jemput Riku, Kai mengantuk dan dia menuntut untuk dibacakan buku. Dia sekarang sudah punya beberapa buku yang disukai. Jadi dia mau dibacakan terus menerus…padahal mamanya capek dan mengantuk. Well hari ini mungkin tidak baik untuk Riku, tapi untuk Kai OK, karena bisa memonopoli mamanya satu siang untuk menemani dia. Untuk aku? so so…. karena sebetulnya badan belum sembuh, tapi … well,  the life must go on. Seorang ibu memang tidak boleh sakit.

Iklan

19 comments on “I (dont) like Monday

  1. Mba EM, semoga lekas sembuh yah…
    Masi sempet ngeblog sama blogwalking juga meski sedang sakit… (nanti ni komen di bales juga lagi). Duh… emang seorang EM emang ga boleh sakit..

    mang kumlod´s last blog post..Diskusi Buku MBIG

    hahahah Mang…abis mang tulis (nanti ni komen dibales juga lagi) sih…. jadi ngebales deh.
    Well aku toh ngga bisa berbaring di tempat tidur terus sambil jaga anak-anak (Anak-anak tidak membolehkan mamanya berbaring hehehe) Cuman meriang aja kok.
    EM

  2. Anak saya yg ke dua juga suka begitu, kalau ada yg ketinggalan entah tugas atau perlengkapan jadi ngambek karena takut dimarahi guru dll. Mana harus buru-buru karena kalau terlambat bisa lebih parah lagi.

    Kalau saya nggak sabar wah saya bisa ikut ngomel sepanjang perjalanan dan sempurnalah sudah hari itu jadi “a bad day” … Akhirnya kalau kejadian lagi saya mending diem aja. Untungnya semakin gede anak saya sudah lebih bisa menahan diri dan menerima penjelasan saya dan ibunya. Yah begitulah kalau “learning by doing”, habis nggak ada sekolahannya sih … hehehe 🙂

    Oemar Bakrie´s last blog post..Kisah mobil pertama …

  3. Saya waktu kecil juga sampai termimpi-mimpi dimarahi guru karena nggak mengerjakan tugas. Dan karena saya tipe harus siap jauh hari, saat sepupuku yang kuliah di ITB liburan di kampung, saya minta mengajarkan dan memeriksa PR ku tentang Sterio metrie dan Goniometri untuk satu tahun kedepan…hahaha…kalau ingat itu dia geli sendiri.

    Imel, mudah2an sembuh ya….jaga kesehatan.
    Ahh fotonya anak-anak itu, makin menggemaskan.

    edratna´s last blog post..Menikmati nonton film sendirian

  4. Wah Mbak Babynya lucu lucu Euy..

    Gemes dech jadinya he he he,…

    Wah tinggal di Japan yaw..’

    Saya sangat kepengen Mbak untuk bisa dapet beasiswa ke Japan tapi background saya di bidang sosial khususnya bidang pekerjaan sosial..

    Yang ingin saya tanyakan Mbak gimana kiat sukses belajar Nihongo, saya ini tidak kuat bayar buat kursus jadinya harus belajar otodidak..

    Salam buat keluarga dan SEMANGAT…(^_^)

    Bocahbancar´s last blog post..MAHASISWA UNTUK NEGERIKU

  5. Ihhh gemes dech ma Riku & Kai… 🙂

    mmm iya tante, dulu aku inget banget dech kalo alm Ibuku sakit wahhh rumah koq kayaknya sepi banget ya

    Semoga lekas sembuh ya tante….

    Khan mau pulang ke Indonesia,jadi jgn sakit ya 🙂 mudah2an kita bisa ketemu ya 🙂

    Retie´s last blog post..Yuk mari dipilih… dipilih… mau makan yang mana

  6. semoga cepet sembuh yaa sis,
    biar bisa maen2x lagi sama Riku+Kai,

    btw, gemes bener aku liat mukanya si Kai pas melahap jeruk (bener ngga yaa..?) , pipinya ikutan mengumpal begitu..hihihihi 🙂

    Rifai´s last blog post..Senayanbowling.com di-Deface? Mari diungkap Celah Keamanannya!

    Hahha istilah kamu menggumpal? hihihi
    EM

  7. Sis..

    Ibu boleh sakit, ah…
    Ibuku sakit..

    *tapi pas aku udah besar sih…*

    Eniwei,
    Lihat Riku dan Kai berendam gitu, lagi-lagi aku inget Kobochan yang berendam dengan Kakeknya.. hehehe.. Lucu banget…

    Kasihan Gen…
    tapi kasihan kakakku juga…
    ah, coba aku di sana ya, jadi bisa jagain mereka..

    *yang kasihan malah Riku dan Kai, soalnya nenek sihir yang ngejaga… wakakakakaka…*

    Lala´s last blog post..One of the Diamonds

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s