Wiki

Saya pertama kali berkenalan dengan wiki ini dalam kuliah bahasa Indonesia kira-kira 4-5 tahun yang lalu. Waktu itu peserta kuliah saya meneliti tentang wiki atau lengkapnya wikipedia ini. Katanya dia mau menulis tentang wikipedia ini sebagai thesisnya. Dia memang mengambil bidang linguistik bahasa Inggris di Universitas Waseda. Dan dia memperkenalkan saya pada si wiki ini. Dan secara tidak sadar setelah saya memakai Mas Google atau mbak Yahoo sebagai pencari keterangan sebuah kata atau hal yang ingin saya ketahui lebih jauh, saya sering bertemu dengan si Wiki ini.

Dan mungkin tidak banyak yang tahu bahwa hari ini tanggal 15 Januari 2001, yaitu 8 tahun yang lalu Wikipedia dimulai oleh pendirinya Jimmy Wales dan Larry Sanger. Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa (236 bahasa yang aktif) dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Proyek Wikipedia bertujuan ini konon untuk mengumpulkan seluruh ilmu pengetahuan manusia. Memang popularitas Wikipedia terus meningkat sejak didirikan dan katanya Wikipedia merupakan salah satu dari sepuluh situs web yang paling banyak dikunjungi.

Saya sering memakai wikipedia dalam bahasa Inggris, Indonesia dan Jepang dalam mencari sebuah hal yang ingin saya ketahui lebih lanjut. Hanya saja saya masih belum begitu percaya memakai wiki berbahasa Indonesia begitu saja, karena saya masih sering melihat banyaknya kesalahan menerjemahkan sesuatu yang sifatnya ilmiah (Haduh jangan pakai wiki untuk sumber data penulisan skripsi yaaaa….). Belum lagi keterangan yang tercantum diragukan sumbernya. Tapi maklumlah karena siapa saja di seluruh dunia yang mempunyai bisa mengisi dan menyunting artikelnya tanpa diseleksi kemampuannya.

Terlepas dari kelaikan artikel yang tercantum dalam wiki ini, saya rasa kita harus berterima kasih atas usaha mengumpulkan artikel-artikel guna menyebarkan pengetahuan kemana saja. Saya pernah berpikir untuk membantu wiki dalam menerjemahkan artikel-artikel terutama yang berbahasa Jepang, tapi lagi-lagi tinggallah keinginan saja. Seandainya waktu 1 hari tidak hanya 24 jam ya…. (salah mel….seandainya ada asisten 3 orang di sini …pasti banyak waktu kan heheheh)

So… seberapa seringnya Anda menggunakan Mas Wiki?

(ditulis dalam keadaan sakit kepala jadi maklum aja kalau kurang berbobot ya… soalnya mau tidur ngga bisa bisa nih…. hiks)

Iklan

13 comments on “Wiki

  1. Hah sakit kepala berat masih bisa posting …
    Hehehe

    Udah istirahat saja …
    Nanti kalo sudah sehat … baru ngeblog lagi

    OK ? OK ?
    Salam saya

    nh18´s last blog post..ASISTEN DOSEN

    Justru posting itu obatnya mas.
    sesudah posting jadi lebih ringan kepalanya hehehe
    EM

  2. Buat EM mas wiki, buat saya mah neng Wiki sajah… hehehe…

    Iya EM, kalau kita googling, hasil tulisan dari neng Wiki suka muncul teratas atau at least di halaman pertama. “Makanya, kalau mau promosi, masukin aja ke Wiki” itu kata temen saya. Gw pernah melakukannya, tapi promosinya terlalu ketara oi.. jadi langsung SAAT ITU juga didelete. Tipnya kalau mau masukin ke sana, artikelnya harus udah jadi dulu jangan disamakan kaya nulis post di WP (yg bisa diedit setelah di-post).

    mang kumlod´s last blog post..Never Ending Weekends

    emang kamu tulis ttg apa wkatu itu sih?
    jadi penasaran, ntar bikin account ah
    EM

  3. Kalau sudah saya kunjungi dijamin Bu Imelda cepet sembuh.
    Tentang Wiki ya…
    Saya juga percaya ndak percaya, apalagi Wiki Indonesia.
    Yang lebih ndak begitu saya percayai lagi namanya Wuku, semacam perhitungan ala Primbon Jawa.
    Bu EM pernah dengar Wuku nggak?
    Kalau belum, silakan tanya pada Wiki.
    Kalau Wekekekek pasti Bu Em sangat paham ya…
    Wekekeke…

    marsudiyanto´s last blog post..Yang di sini, yang di sana…

    hahahah pak eM
    siapa sih yang bisa tahan tidak tertawa kalo baca komentarnya pak eM
    Lagian kita namanya mirip kan heheheh
    Soal Wuku, setelah saya tanya mas Wiki, ngerti deh yang namanya wuku. Saya lahirnya Minggu Legi tuh…
    Nah… bapak kenal WOKO ngga?

    EM

  4. hihihi awalnya gw percaya banget ama wiki, sampe di add favorites segala lho..
    tapi dalam perjalanan kehidupan searching, tetep googling boooo

    Iya dhal, tapi lucu deh blog ini aku daftarin ke google sama Yahoo kan. Yang aktif cuman google. Jadi kalo nyari di google lumayan banyak keluar tapi kalo di Yahoo ngga… ngga boleh mendua kali ya hahhaa. (dalam kehidupan aja ngga boleh kan?)
    EM

  5. wah Mel, nggak berbobot aja kayak gini hehehe…
    Aku cukup sering menggunakan Wiki terutama untuk iseng di saat senggang, di atas kendaraan aku lebih memilih buka Wikipedia lewat Blackberry dan membaca apa saja yang ingin kubaca.. 🙂

    Donny Verdian´s last blog post..Mengapa Mereka Berani Hamil ?

  6. haha… kalo untuk pengetahuan, wikipedia emang bagus banget, tapi kalo untuk sumber dalam penulisan tulisan ilmiah, kayaknya harus diklarifikasi ulang.
    Bahkan salah seorang dosen saya berujar dalam penulisan tugas apapun dalam mata kuliah beliau tidak diizinkan dari wiki.

    ekoph´s last blog post..Kampanye

  7. Sudah sembuh belum Mbak Imel?
    Moga-moga sudah sehat ya dan minumlah multivitamin mbak.

    ##

    Ingin juga meng-update Wiki Indonesia kalau ada waktu. Selama ini gregetan, karena menemukan banyak informasi yang kacau di Wiki Indonesia. Bagaimana kalau ada orang asing yang bisa bahasa Indonesia dan ingin tahu Indonesia dari Wiki Indonesia? Bisa turun martabat bangsa. Depkominfo mestinya melihat hal ini, dan jangn mengharapkan rakyat jelata macam kita ini yang bergerak duluan. Ah bangsaku, hobinya bikin bingung aku.

    Yoga´s last blog post..Oxytocin dan Pertemanan

  8. Cepat sembuh ya…
    Wahh nggak berbobot aja kayak begini….

    Duhh Mel, kalau melihat Imel begitu, saya jadi malu, udah ada asisten aja masih suka males. Belakangan ini tulisanku malah benar-benar remeh temeh, entahlah otak ini nggak bisa diajak berpikir paralel, maunya seri.

    Lha Imel pusing aja bisa nulis, istirahat dulu..biar cepat sembuh (ehh bagaimana mau istirahat ya, masih mengurus Kai, kalau Riku bisa diajak ngomong)

    edratna´s last blog post..Ayah dan putri nya

  9. Saya termasuk sering menyambangi Mas Wiki, terutama untuk mencari tambahan data dalam menulis artikel di blog. Biasanya saya buka Wiki dalam bahasa Inggris, soalnya seperti kata Mbak Yoga, Wiki Indonesia masih kecau-belau dan tidak lengkap.

    Mbak Imel, mudah-mudahan sudah sembuh ya …
    Kalau Mbak Imel ada di Yogya, atau saya ada di Tokyo, saya mau lho ngerokin (sudah pernah ngerasain kerokan belum? Wiii … ngeriii … )

    tuti nonka´s last blog post..Pusing-Pusing di Malaysia …

  10. Cukup kerap, namun tidak terlalu menjadikannya sebagai patokan. Karena bisa diedit oleh siapa pun, mau tidak mau mesti recheck kelayakannya.

    Namun setuju, usaha pengadaan wiki memang tetap patut dihargai. Banyak sumber yang bisa ditempuh dan ditelusuri.

    Daniel Mahendra´s last blog post..Bagaimana Kalian Bertahan Hidup?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s