Angka bagus dan garam

Kagamimochi, hiasan untuk Tahun baru

Kagamimochi, hiasan untuk Tahun baru

Apa hubungannya sih angka bagus dengan garam. Ya menurut saya hari ini 11 Januari adalah angka bagus. Apalagi nanti di tahun 2011, jadi berderet kan 11-1-11 …. Di tanggalan Jepang saya lihat hari ini adalah peringatan Kagamibiraki untuk beberapa daerah, karena ada yang tanggal 4 atau ada pula yang tanggal 20. Kagamibiraki itu apa? Osonaemochi atau Kagamimochi yang bertumpuk dua yang dipakai sebagai hiasan di tahun baru Jepang itu, dibuka/dibelah dan dibuat masakan. Jenis masakan biasanya macam-macam… dibakar, atau masukkan dalam sup, atau sebagai dessert yaitu oshiruko. Sebetulnya mochi itu enak juga sih, cuman kadang saya merasa malas makan karena lengket di gigi dan sulit habis dikunyah.

Kalau lihat bayangin apa ayo? Es kacang Merahnya Beautika/restoran Manado lainnya, dengan durian di atasnya hmmmm yummy. Tapi Oshiroku adalah kacang merah manis dan diberi mochi berbentuk pasta

Kalau lihat bayangin apa ayo? Es kacang Merahnya Beautika/restoran Manado lainnya, dengan durian di atasnya hmmmm yummy. Tapi Oshiroku adalah kacang merah manis dan diberi mochi berbentuk pasta dan selalu dihidangkan panas

Dan satu lagi peringatan untuk hari ini adalah Hari Garam. Hmmm penting nih. Garam dalam kehidupan manusia adalah mutlak, tidak bisa tidak. Hari ini ditetapkan menjadi hari garam karena pada tanggal 11 Januari 1569 (perhitungan tahun kuno), daimyo Uesugi Kenshin mengirimkan garam kepada musuhnya Takeda Shingen. Suatu taktik politik yang jitu, karena musuh sangat membutuhkan garam. Uesugi Kenshin memang seorang tokoh sejarah yang terkenal dengan keberaniannya. Waktu kami pergi ke Sendai, sempat pergi ke puri peninggalan Uesugi ini.

Drama Sejarah Tenchijin yang menceritakan tentang Naoe Kanetsugu

Drama Sejarah Tenchijin yang menceritakan tentang Naoe Kanetsugu

Dan kebetulan sekali tahun 2009, NHK memutar drama sejarah Jepang yang menceritakan tentang Daimyo Uesugi Kenshin dan pengikutnya Naoe Kanetsugu berjudul Tenchijin. (Drama sejarah Jepang ini banyak loh penggemarnya. Saya ngga kebayang tuh misalnya TVRI membuat drama sejarah Majapahit misalnya, terus banyak yang menonton. Orang Indonesia memang masih kurang rasa cinta sejarah dan nasionalismenya ya. Meskipun mungkin sulit membuat drama sejarah karena biayanya pasti besar untuk pakaian, setting, dan penelitian kebiasaan mereka) Pemeran Uesugi Kenshin dalam drama TV ini adalah Abe Hiroshi…. wah aktor ini keren bener deh. Termasuk salah satu aktor favorit aku. Lahir tahun 1964 dengan tinggi lebih dari 189 cm. Kakko ii….

Abe Hiroshi pemeran Uesugi Kenshin dalam drama sejarah Tenchijin. Eh Kimiyo, sekilas dia mirip dosen kita ngga ya?

Abe Hiroshi pemeran Uesugi Kenshin dalam drama sejarah Tenchijin. Eh Kimiyo, sekilas dia mirip dosen kita ngga ya? (Ngga berani tulis namanya di sini nanti kalo dia baca malu hehehhe)

Betapa pentingnya Garam sampai dipakai dalam politik bernegara juga. Waktu baca-baca tentang garam ini, aku baru tahu bahwa dulu di Jepang yang memegang hak penjualan garam adalah Japan Tobacco. Baru kemudian baru tahun 1997 dibuat pusat penjualan garam baru yang terlepas dari Japan Tobacco itu. Pantesan aku pernah lewat dan baca ada Museum Rokok dan Garam di Shibuya (Tobacco and Salt Museum)ย  dan selalu heran kenapa musti bareng sih rokok dan garam. Rupanya karena JT yang pegang hak penjualan garam di Jepang.

Garam selain dipakai menimbulkan rasa asin pada makanan sebetulnya dipakai untuk apa saja sih? Di Jepang garam mempunyai fungsi menyucikan. Garam dipakai sebagai salah satu persembahan dalam agama Shinto. Selain itu sesudah kita menghadiri upacara pemakaman , sebelum memasuki rumah di atas kepala/baju ditaburkan garam (Saya rasa kebiasaan ini juga ada di Indonesia ya). Garam juga ditaburkan pada tempat pertandingan sumo sebagai penyuci.

Well dalam agama Kristen ada pernyataan, “Jadilah garam dan terang dunia!” Sudahkah saya? ….. (merenung dan berusaha)

Iklan

20 comments on “Angka bagus dan garam

  1. Saya pertamax ga ya? Hehe.. wah dari dulu pengen banget ke Jepang. Ngomong-ngomong sama garam, saya jadi inget makanan (karena saya suka makan ^^), entah apa jadinya kalo makanan ga ada garamnya..

  2. Kacang merah dikasih mochi, dimakan panas? Kayak apa ya rasanya?
    Saya suka makan mochi begitu saja, rasanya agak kenyal-kenyal.

    Garam? Banyak dongeng tentang garam, ada putri yang dibuang ayahnya, karena saat ditanya sang ayah, seberapa besarnya cinta putri tadi pada ayahnya, jawab sang putri seperti kecintaannya pada rasa garam. Putri tadi diusir dari istana, dan hidup ditengah hutan. Suatu ketika sang raja berburu, dan mampir di pondokan putri (ayah sudah lupa wajah putrinya). Saat selesai makan, sang raja bertanya, masakanmu mestinya enak, sayang semuanya hambar. Jawab sang putri, saya tak berani memberi garam, karena tahu paduka tak suka garam,…kagetlah sang raja. Cerita tadi berakhir bahagia.

    Di dunia nyata, garam selain untuk masakan, juga untuk mengusir ular. Saat outbound dan harus tidur sendirian di tengah padang luas, saya menaburkan garam di sekeliling tenda, biar malamnya tak disambangi ular.

    edratna´s last blog post..Apa sebaiknya pindah ke pra bayar ?

  3. Mudah2an tgl 11 adalah hari yg paling baik, karena ultahnya anak saya yg ke-9; si bungsu Amila. Trimakasih Bu Ikkyu, salam buat keluarga di Japon

    aminhers´s last blog post..happy you year

  4. Intermezzo:-
    Malah ingat Totto Chan, kepala sekolahnya meminta para siswa membawa bekal makan siang dengan menu: Sedikit dari gunung dan sedikit dari laut. Nasi dan garam pun jadi, mungkin.

    ##

    Tentang cinta sejarah, nasionalisme, dan Majapahit, sigh, masih belum tuntas sedihku kasus PIM, itu.

    Yoga´s last blog post..Aku Mau Kamu Menjauh (Dulu)

  5. Garam memang menempati porsi tersendiri dalam dunia kuliner, magis maupun filosofi hidup ya!

    Kalau kemarin aku malah makan babi keasinan banget banget banget! Tampaknya si penjaja dan pemasaknya sedang ingin kawin karena menurut orang-orang Jawa, kalau pemasak memasak dengan nuansa asin yang kebangetan pertanda ia ingin kawin ๐Ÿ™‚

    Mari, kita jadi garam dunia, Mel!

    Donny Verdian´s last blog post..Menikmati U23D

  6. Fungsi garam yg lain adalah mengusir hewan berbahaya seperti ular ketika camping

    mang kumlod´s last blog post..Japanese Food, Suka?

  7. eh udah ditulis sama bu edratna… hihihi
    yg lain deh…

    Dari ibunya temenku yang mendalami ilmu pengobatan jus, kalau mandi air anget, campur garam dikit, biar ga jadi males… (semoga belum ada yg ngomen ini)

    mang kumlod´s last blog post..Japanese Food, Suka?

  8. Sis,

    saking pentingnya, orang yang punya pengetahuan luas dan sudah mengerti tentang banyak hal diibaratkan dengan orang yang sudah kenyang dengan asam garam kehidupan.. ๐Ÿ™‚

    *eh, udah ada yang komen ini ga sih…. aku maen kabur aja ke kolom komentar di bawah..hehhe*

  9. hari ini saya bisa mendapat ilmu yang penting sekali bahwa garam berfungsi untuk mengusir binatang bahaya, terutama ular yang paaaaling saya takuti di dunia ini.

  10. @bang azwan
    Tesisku sih laut asin berasal dari keringat jutaan ikan2 di seluruh samudera, makanya dilaut asin sedangkan di sungai ga, karena ikannya dikit. ๐Ÿ˜›

    mang kumlod´s last blog post..Japanese Food, Suka?

  11. Garam … hal yang sederhana tapi kita sering lupa …
    Dan salut pada Bangsa Jepang … yang punya hari garam …

    Aku mau menjawab komentar Bang Heri (nomer 15)
    Kenapa Air laut asin ? … ini karena kecampur keringet Ikan … yang suka olah raga berenang-renang di laut itu …
    (hehehe asalasussual.com)

    Salam saya EM

    nh18´s last blog post..DEWA DAN OKKY LUKMAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s