Selamat Ulang Tahun Kaisar

Kaisar Jepang yang sekarang pada tanggal 23 Desember berulang tahun yang ke 75. Dan sejak 20 tahun lalu, sejak diangkat menjadi Tenno (Kaisar) Heisei, tanggal 23 Desember yang merupakan hari kelahirannya menjadi hari libur nasional di Jepang. (Yang pasti hari kelahiran Nabi Isa Almasih tidak menjadi hari libur di Jepang).

Biasanya memang banyak orang yang lalu berkunjung ke Istana Kaisar, untuk paling sedikit menulis di buku tamu dan melihat (dari jauh) Kaisar yang keluar untuk melambaikan tangan dan menyampaikan pesan Ulang Tahunnya. Tapi saya sih daripada jauh-jauh berdesak-desakan di sana, mendingan menghangatkan diri di rumah saja.

Pagi-pagi seperti biasa, anak-anakku bangun dan mulai berantakin rumah (yang memang berantakan terus). Kemudian aku pikir, ah…mau buat kue kering ah… siapa tahu bisa disuguhin ke tamu. Biar Riku dan Kai yang mencetak. Jadi aku buat adonannya, dan setelah siap aku kasih satu loyang itu ke Riku…terserah dia mau buat bentuk apa.  Hasilnya? Lumayan deh …sampai malam tinggal 2 biji hihihi.

Tapi karena sebetulnya dari hari Senin kami berencana untuk makan siang, lunch di sebuah restoran Italia di Saitama, karena di sana bekerja seorang mahasiswa dari universitasnya Gen. Sudah lama kita tidak makan di luar di tempat yang “layak” jadi kita rencanakan untuk merayakan ultah Kaisar (ngga nyambung deh kayaknya heheheh) di sana.

Tapi karena suamiku itu ketiduran, jadi kita lunchnya jam 2 siang. Bermobil ke Saitamanya sendiri makan waktu 1 jam, karena lalu lintas agak padat. Biasanya Riku duduk di depan samping supir, tapi kali ini dia ingin duduk di belakang bersama Kai. Wahhh sudah lama sekali aku tidak duduk samping pak supir yang mengendarai kuda mobil. Ada mungkin 5 tahun …. no …6 tahun karena sejak Riku lahir aku selalu duduk di belakang dan Gen menjadi supir sendiri di depan. Lihat deh dua anak tidur di belakang hehehhe.

Restorannya sendiri sih biasa-biasa aja menurut aku (padahal Gen bilang masakannya uenaaak banget heheh). Tamunya jam segitu cuma kita berempat. Memang mustinya kalau ke restoran begini malam hari, tapi harus berani membayar mahal. Restoran di Jepang biasanya membedakan harga makanan pada siang hari dan malam hari. Siang hari disajikan menu khusus pilihan seharga 800-1500 yen, sedangkan jika malam hari satu orang minimum mengeluarkan 3000 yen.

(Riku kasih suap Kai — Minum wine siang hari…. Gen musti nyetir sih jadi ngga bisa minum… foto diambil Riku)

Selesai makan, aku ingat bahwa di Saitama ada Carrefour. Toko skala besar ini setahuku hanya ada di 2 tempat yaitu Saitama dan Chiba (seperti Tangerang dan Bekasinya Jakarta deh hehheeh) , mungkin karena faktor lahan yang amat sangat mahal di dalam kota Tokyo. Karena aku memang harus belanja untuk persiapan Natal, tahun baru (bayangin musti sediakan makan untuk 3 anak laki-laki selama seminggu lebih —karena libur — 3 kali sehari…pusing deh)

Eh ternyata ciri khas Carrefour yaitu tangga ban berjalan dengan kereta dorong khususnya juga ada di sini. Dan luasnya kira-kira sama dengan Carrefour di Jakarta. Dan Gen dengan baiknya membiarkan Imelda berbelanja sendirian, sementara dia temani Kai dan Riku di pojok permainan. (Riku memohon-mohon dibelikan macam-macam hehhehe)

Di dalam carrefour ada promosi jenis jenis coklat yang berlambang “Paman Karl”, dan ada manusia boneka (apa sih sebutannya ini —orang yang memakai pakaian karakter tertentu?). Jadi Riku disuruh berpose oleh papanya di sebelah boneka itu. Biasa deh, Riku selalu malu untuk sendirian, jadi mamanya harus temani.

Sesudah ngamuk belanjanya menuju ke tempat parkir, lihat jam eeeh ternyata sudah jam 6 sore…. Jadi sambil menuju arah pulang cari makan malam deh…asyikkkkk satu hari ini aku ngga usah masak (tapi aku begadang masak untuk malam natal dan untung tadi sempat tidur di mobil heheheh)

Iklan

21 comments on “Selamat Ulang Tahun Kaisar

  1. jadi kaisar yang ultah, imelda dan keluarga yang makan2 yah. Hehehe. kai lucu banget de! Riku perutnya endut banget… Jadi pengen nyubit! Hihihi.
    Btw, kenapa harga makan siang bedanya bisa sampe dua kali lipat gitu yah?

    Karena makan malam full course dan ada charge untuk minuman juga kan? Mereka memang mencari untung di dinner time nya.
    Kecuali kamu pergi ke Family Restaurant, and that means, makanannya kodian hehehe, sudah ada tinggal dipanasin gitu. bukan dia buat saat itu juga. Rasanya juga umum
    EM

  2. Wah wah, anakmu lucu-lucu ya caranya mbikin kue 🙂 Hasilnya ada yang bagus ada juga yang bopeng-bopeng hehehe..

    Aku sangat suka masakan Italia…
    Semua menurutku serba segar dan rasanya tidak ada yang manis (aku benci manis-manis meski aku jawa 🙂 )

    Aku nggak nyangka ternyata kaisarmu itu sudah 75 taon ya.. ku inget betul waktu kecil dulu ada berita Kaisar Hirohito meninggal dunia dan digantikan anaknya si Akihito yang skarang berulang tahun itu.

    Ah alangkah cepatnya waktu ya…

    Donny Verdian´s last blog post..Bertemu Gula yang Tak Suka Gula

    So kamu ngga suka gudeg dong hihihi Aku suka gudeg yang tidak manis. Di Jakarta dulu ada gudeg yang enak namanya Bu Tjitro… tapi agak jauh dari rumah. Kalau dekat rumah di Gandaria ada Gudeg Bu Atmo… hiks jadi kangen gudeg…..

    EM

  3. Hehehe… mana? mana? foto dua anak kecil yang tidur di belakang? 😀 😆

    Akhirnya jadi juga bikin kue-nya, berdua dengan Riku… tuh kan seru. So semalam begadang lagi? Jangan lupa istirahat mbak.

    Yoga´s last blog post..Kena Pikat Cipelat

    loh ngga keliatan ya? jangan liat yang tengah aja …. tuh ada sebagian kepala dan tangan hahhha
    abis, sekali-sekali dong mamanya ikut narsis…masak anaknya aja hihihi
    EM

  4. Hehehe lucu banget …
    Si Ganteng Riku kasih makan si Badung Kai …
    that’s so sweet …
    Bisa kompak juga mereka EM …

    Salam Saya …

    Semoga EM sekeluarga bahagia selalu …
    Merry Christmas & Happy New Year

    nh18´s last blog post..MANDI DI ALAM TERBUKA

    Terima kasih mas…
    EM

  5. Hemm,,aneh jg ya bu,kaisar ULTAH ampe dijadiin hari libur..Kox di Indonesia ga gitu yah..(yah ga lah,wong presidenNya ganti2,,haha).

    Waduh pasti borong byk deh di CARREFOUR,btw hrg Nya bener2 “miring” ngga bu,di banding di suppa biasa? Tuh CARREFOUR ada di SAITAMA sblh mana ya bu..?

    Hemm..Merry Christmassssss
    Semoga sll menjadi manusia yg lebih baik dari hari ke hari and semoga Tuhan selalu memberkahi keluarga bu EM..

    Whita

    Saitamanya sebelah mana ya…. Di Sayama, 20 menit jalan kaki dari stasiun Sayama, tapi setahu saya ada shuttle busnya deh. alamatnya ini : 埼玉県狭山市上奥富1126-1 Kalau ke sana tentu saja lebih baik naik mobil, karena so pasti belanja banyak kan? Tapi bisa juga sih dikirim pake kuroneko.
    Harganya? bener-bener miring dibanding supaa biasa, dna selain itu ada produk asing juga. Lebih baik kalau mau ke sana sekalian belanja bulanan deh. Eh bukan aku mau promosi …tapi kalau mikir jauhnya ya sekalian aja gitu. Emang Witha tinggal di mana?

    EM

  6. Imel….kalau udah posting foto anak-anak bikin gemes deh.
    Jadi, akhirnya Riku bantu bikin kue…dan pasti dia seneng makannya ya, soalnya kue bikinan sendiri, jadi ingat masa kecilku….bersama ibu bikin kue rame-rame…selesai masak, kuenya pun habis…hahaha

    Cerita Imel, mesti masak 3 hari, mengingatkan hari2ku dulu saat Lebaran, belum ada Mal, pasar tradisional tutup…wahh mesti menyiapkan belanja untuk 10 hari. Biasanya saya bungkus dalam plastik, tiap hari tinggal ambil baru dimasak. Masaknya yang gampang aja, ga pake santan (dulu kan mesti memarut kelapa sendiri), yang model cuma di iris-iris. Yang bikin senang, anak-anak dan suami makan dengan lahap, katanya masakan ibu lebih enak daripada si mbak..hahaha…mungkin karena melihat proses ibu di dapur, ikut membantu (mengacak-acak dan mengotori dapur)…terus bantu beres-beres juga…yang bukannya makin beres, malah makin kacau balau.

    Ahh masa yang sangat menyenangkan Imel, kalau dikenang sekarang. Pasti Riku dan Kai sangat bangga pada mamanya.
    Selamat merayakan Natal Imel, semoga damai di hatimu, di hati keluarga mu….dan semakin damai di bumi ini.

    edratna´s last blog post..Doa dan kasih sayang seorang ibu penting dalam mengantar kedewasaan anak-anaknya

    Betul bu proses memasaknya yang lebih penting, rasa sih nomor dua…
    kebersamaan, sulit dicapai dalam jaman modern gini
    EM

  7. mbak photonya Gen mana?

    wew restoranya mahal banget, pantes tokyo jd kota dgn biaya hidup termahal sedunia 🙂

    aku pernah ke sibuya tapi dalam mimpi 🙂

    septa´s last blog post..senyumku tak bau rokok lagi

    hahaha nanti kalau Septa mau tulis fiksi ttg Jepang, diskusikan ke aku dulu ya hihihi biar seru tuh.
    Fotonya Gen sudha ada kan tuh…
    biaya hidup di Tokyo memang mahal, sepadan dengan kemudahan yang diberikan bagi warganya.
    EM

  8. Cosplay bukan neechan namanya orang yg pk kostum karakter tertentu hihihi soalnya aku taunya cosplay anime.

    Oh, jd kmrn jalan2nya kesini tho? hhehehe kaget juga ada carrefour disana :p

    Selamat Natal Neechan, Riku, Kai & Mas Gen *halah mas* (^^;) Semoga Natal tahun ini membawa damai di hati kita semua.

    -Wita-

    wita´s last blog post..What do you know about Creeping Eruption?

    No no no… cosplay itu mereka yang pakai baju sesuai dengan karakter anime. Seperti si Eka yang tuna netra itu dia pakai costum Jedi…. nah itu cosplay. Bukan binatang aja…. binatang kan bukan tokoh komik, kecuali dimodifikasi seperti Pokemon.
    Heheheh iya ada Carrefour juga di sini.
    EM

  9. Mbak Imel..
    Merry Christmas…
    Semoga Mbak Imel sekeluarga selalu dianugerahi kebahagiaan. Amin!

    HAPPY NEW YEAR juga yaaa…maaf lahir batin! (Lho jadi kaya lebaran…hehehe)

    Terima kasih banyak ya Chandra…
    Semoga Chandra juga bisa menyambut tahun baru dnegan penuh harapan.
    hey long time no see
    EM

  10. Selamat Hari Natal buat mbak Imel dan keluarga.
    Mmmm itu kuenya sampai gak ya sampe hari natal?
    buat kuenya ama ngabisinnya cepetan mana mbak… hehehe.

    prameswari´s last blog post..Korban Tukang Gigi Keliling

    Terima kasih
    wah cepetan ngabisin…eh tapi ngga juga tuh,
    di keluarga Miyashita yang suka makan kue tart cuman saya, kalau kue kering sih 3 boys itu suka banget (aku malah ngga begitu suka) hehhee
    EM

  11. Kaisar baru disebut kaisar muda padahal udah tua, perihal makan di luar memang menyenangkan sepanjang tidak merobek dompet. Perihal bikin kue sendiri, memang lebih banyak nostalgianya daripada praktisnya, tapi yang penting ada perasaan ikut merayakan hari istimewa. Hari ibu nampaknya dianggap hari perempuan (tidak sama dengan mothers day), sehingga menyikapinya sampai-sampai kearah kesetaraan gender segala. Padahal itu kan wilayahnya kaum perempuan, bukan kaum ibu. Karena tidak semua perempuan menjadi ibu, sebaliknya semua ibu pasti perempuan. Singkatnya Ibu yang dimaksud disini mestinya adalah Pahlawan Rumah Tangga (ayah dan anak-anak yang mendaulatnya jadi Pahlawan), nah kalau Pahlawannya kaum Perempuan ya seperti Williams bersaudara, Nadya Comaneci, Condole Rice, Indira Gandhi, Susi Susanti dll.

    sonyssk´s last blog post..Kisah Si Cerdik Cendakiawan

    Hmmm saya tidak suka dengan kesetaraan gender…ntah kenapa. Karena memang sudah kodratnya wanita dan pria itu berbeda. daripada kesetaraan lebih baik pengormatan gender. tapi ini menurut saya sihh

    EM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s