Cepek Dong! Seratus Yen

Apa yang terbersit dalam benak Anda jika mendengar 100 Yen? Tentu saja pasti : Itu kan mata uang Jepang. Bentuknya? logam atau kertas? Jawabnya LOGAM. ya koin.

Uang logam di Jepang ada  1 yen, 5 yen, 10 yen, 50 yen, 100 yen dan 500 yen. Uang 1 yen Jepang bentuknya sama dengan 200 rupiah yang sekarang sehingga pernah tidak sengaja ada uang 200 rupiah masuk ke dompet koin saya, dan saya bayarkan. Langsung pegawai toko bilang, “Bu ini bukan uang Jepang”. Satu yen sekarang berapa sih kursnya? Rp 120 -an ya?

dari atas ke bawah, kiri ke kanan 1-5-10-50-100-500

dari atas ke bawah, kiri ke kanan 1-5-10-50-100-500

5 yen berlubang di tengahnya, disebut go-en. EN dalam bahasa Jepang memang mata uang tapi juga berarti lingkaran. Dan dengan kanji yang lain, En bisa berarti hubungan. Karena itu biasanya untuk memelihara hubungan diberikan uang 5 yen bertali.

10 yen warnanya lain sendiri, tembaga. Gen selalu menyimpan uang 10 yen untuk keadaan darurat. Semua telepon umum di Jepang memakai uang 10 yen (dan 100 yen – tapi pasti berlebih dan tidak ada kembalinya). Karena itu 10 yen penting.

50 yen juga berlubang di tengahnya, tapi memang 50 yen kurang tenarnya daripada 5 dan 10 yen. 500 Yen adalah koin yang terbesar nominalnya, sehingga saya sering pakai untuk menabung (dan setelah banyak, pencuri keparat mengambilnya hiks, Silakan baca di Jepang ada Pencuri?) Tapi koin ini juga pernah bermasalah sehingga terpaksa dibuat koin yang lebih tipis. Masalahnya besar danberatnya mirip dengan uang korea selatan (yang tentu nominalnya lebih sedikit) sehingga banyak yang menipu/ membuat uang palsunya.

100 yen adalah uang logam yang paling banyak dipakai. Coin laundry, Coin park, Vending machine… apalagi dengan adanya Toko Seratus. Ya semua barang yang ada dalam toko itu harganya semua 100 yen (tapi waktu membayar sekarang dikenakan tambahan 5 yen untuk pajak pembelian). Saya lihat di Jakarta ada “imitasi” dari toko seratus yang namanya …. lupa euy dokudoku? (tolong kasih pencerahan…kalau tidak salah 15.000 rupiah harganya— padahal kalau 100 yen kan = 10.000 rupiah — ya untuk naik pesawat terbangnya deh hihihi). Toko seratus ini benar-benar membantu perekonomian rumah tangga. Jika ingin membeli barang, cari dulu di toko seratus baru kalau tidak ada cari di toko lain. Memang produk yang dijual kebanyakan bukan made in Japan. Dan pengaruh negatifnya, dengan kesan “murah”, terkadang konsumen tidak bisa menahan rasa ingin membeli apa saja, sehingga akhirnya yang tidak perlu pun dibeli.

Hari ini merupakan hari peringatan untuk uang 100 yen. Karena pada tanggal 10 Desember 1957 pertama kali uang logam 100 yen diterbitkan setelah perang selesai.

Iklan

21 comments on “Cepek Dong! Seratus Yen

  1. HHmmm …
    Iya bener …
    Aku tertarik sama coin yang ada lubang ditengahnya …
    Ini seperti oeang jaman doeloe ya …

    Coba di Indonesia ada … uuhhh pasti aku jadiin kalung deh … kayak preman …

    Salam saya
    NH

    nh18´s last blog post..ENDORSER

    Kalo koin 5 yen itu memang sering dibuat hiasan dinding juga.
    Mas bukannya suka kalung gigi buaya? heheheh
    EM

  2. eih jadi ingetin koleksi Yen saya hahahaha ada yang sempat berubah ketebalannya ya
    saya udah nyari sampai pusing kemarin waktu rombak ruangan eh ternyata masih untung ,oh iya biasanya teman dulu malsuin dengan coin rupiah untuk telp hahaha
    salam terbaik lah untuk keluarga mbak disana
    oh iya aselinya mbak dari mana toh kok kadang njawani juga hahaha

    aduuuh coin rupiah berapaan? Jangan loh ntar ketangkep. Itu aja yang malsuin kartu telepon kan banyak yang ditangkap.
    Saya aslinya dari Indonesia pak…. hehhehe. Kadang njawani…kadang batak….kadang menado…kadang betawi…. kadang sunda euy.
    EM

  3. Dulu perasaan ada toko yang serba 5.000. Namanya kalau nggak salah Valu$ 5.000. Sekarang masih ada nggak ya?
    Jeleknya, bahkan terkadang harga dua kaleng soft drink saat itu cuma 2.400, tapi di toko itu pukul rata 5.000. Lho, kok malah lebih mahal

    Hery Azwan´s last blog post..Usia Bertambah (Berkurang?)

    Kalau tidak tahu harga ya gitu tuh…. mau untung malah jadi buntung
    untuk kwalitas barang juga biasanya cepat rusak
    EM

  4. Di jepang unik ya…
    waktu itu ada hari kalender, eh… sekarang ada hari uang 100 yen…
    sepertinya orang jepang senang merayakan sesuatu ya?

    ekoph´s last blog post..Maryamah Karpov, sebuah Review

    yup senang membuat pesta/event, peringatan
    soalnya kebanyakan kerja keras jadi harus bikin sesuatu supaya bisa libur/rekreasi
    EM

  5. Apaan ???
    Kalung Gigi Buaya …
    Emang aku Dukun apah …??? huahahhahhah

    Aku bukan dukun … aku preman … !!!
    gggrrrhhhh

    nh18´s last blog post..ENDORSER

    Kalo preman cocoknya kalung rantai atau kalung dari tutup botol tuh hihihihi
    (jangan merajuk om….)
    EM

  6. Iya pernah inget dulu di jepang
    1. Telpon pake koin rupiah.. hehehe untung gak ketahuan.. kalo ketahuan bahaya juga ya… bisa gak pulang ke indo.
    2. Terkagum kagum beli rokok pake uang 500 yen di vending machine … eh kok bisa keluar kembaliannya ya… itu apa ada orang dalam mchine ya…?? (dasar wong ndeso)

    Hahhaha yang nomor 2…. udah gitu kembaliannya tepat lagi ya? kok pinter banget orang yang di dalam mesin itu hihihi
    EM

  7. wheee…ada hari mata uang juga hihihii..keren dech 🙂
    seperti yang dibilang pak Heri Azwan di indonesia ada namanya value$ 5000, ada juga sanya sekarang pun masi ada. Tapi menurut Yaya barang2nya gak gitu bagus…mending selisih dikit beli yang bagus sekalian 🙂
    salam mbak imel 🙂

    Iya dulu aku juga sering liat yang Value$ 5000 tapi kok akhir-akhir ini jarang (apa karena aku ngga jalan-jalan yah hihihi)

    Betul kadang kwalitasnya tidak bagus. Jadi kalau mau dipakai lama lebih baik beli yang mahalan sekalian

    EM

  8. Trus di Jepang, ada gak kebiasaan menyimpan uang-uang koin itu di celengan koin gak mbak…….

    prameswari´s last blog post..Panggilan Kematian

    tentu saja ada mbak Nung,
    bahkan sudah ada perkiraannya, kalau menabung uang koin 500 yen saja dan penuh kira2 jumlahnya 100ribu gitu
    EM

  9. aduh bu, teledornya diriku … kumpulan koin itu entah kemana .. padahal saya sempat simpan banyak sekali … hakuyen-shop (pokonya nyebutnya begitu) tempat beli korek api buat cinderamata hehehe .. padahal isinya made in china semua … mending ke 7ELEVEn aja (tulisannya bener nggak yah, soalnya unik , cuma huruf belakang yang beda)

    mascayo´s last blog post..seratus persen posting curhat

    heheheh bener hyakuen-shop kebanyakan memang made in china. Tapi pernah liat sabun lux ngga? itu made in indonesia loh.
    Kalau 7-eleven kan konbini, mahal barangnya mascayo. Mana ada yang seratusan 🙂
    EM

  10. Dipinggirnya ada geriginya nggak Imel? Sedang cari uang logam yang tanpa gerigi, seperti uang benggol zaman dulu, karena enak kalau buat kerokan…
    (komentar OOT)

    edratna´s last blog post..Kondisi “tertentu” yang memaksa untuk berani

    Kecuali 50 dan 500 yen tidak bergerigi. Tapi kurang enak dipakai kerokan karena ringan bu. Iya saya ngerti “syarat” jadi uang kerokan hihihi. Nanti kalau ada yang cocok ya bu.
    Saya malah sekarang kumpulin koin 10 yen yang bergerigi (seharusnya tidak bergerigi) karena harganya sedikit lebih mahal. Koin 10 yen bergerigi pernah diterbitkan pada waktu tertentu, sehingga jumlahnya sedikit. Jadi setiap mau pakai koin 10 yen saya perhatikan gulu bergerigi atau tidak.
    EM

  11. saya juga ngumpulin koin2 itu di satu keranjang yang udah penuh mba… isinya koin semua. wah, saya kebayang sebelnya waktu celengan mba imelda diambil pencuri…. karena saya pasti juga sbeel banget kalo koinan saya ada yang ngambil.

    saya juga suka koin yang tengahnya bolong itu…. kereeeen! -japs-

    japs´s last blog post..Selamat Hari Raya Idul Adha, Sahabat

    Iya japs, dan celengan itu ada dua biji dan penuh dengan 500-an hiks hiks hiks.
    total perkiraan aku sih 200 rb an ……
    EM

  12. Saya punya banyak koin mata uang asing, seperti riyal (arab Saudi), pound (Mesir, bukan Inggris), euro, ringgit Malaysia, dollar Singapura, dll. Sisa waktu jalan-jalan, soalnya money changer nggak mau terima mata uang koin. Tapi entah dimana ya sekarang …

    Uang koin di Indonesia nilainya sangat kecil. Ada uang Rp. 50,-. Rp. 100,- Rp. 200,- , yang sudah tidak ada nilai ekonomisnya lagi. Lha sekarang ini, apa sih yang masih bisa dibeli dengan harga Rp. 100,-?

    Herannya, pulsa telepon malah nilainya bisa 0,1 rupiah per sms …. bingung saya …. bingung …

    tuti nonka´s last blog post..Hammurabi, Sang Pencipta Hukum

  13. Sekarang uang logam 500 yen ada seri peringatan pemerintahan daerah ke-60 tahun.
    Mbak mau tukar nggak?

    Mauuuuuuuuuuuuuu …
    Aku punya yang Nagano olympic (eh mungkin kebawa sama si Pencuri…musti diliat lagi hiks)

  14. ” Iya saya ngerti “syarat” jadi uang kerokan hihihi”

    ada syaratnya juga mbak baru tahu itu hehehehe… 🙂

    bisa kirim ke e-mail saya tuk syarat nya

    Terima kasih telah mengunjungi blog saya

    “Ya Allah, tempatkan dunia di tanganku, bukan di hatiku”

    Salam,

    Basir
    Brainmatics Cipta Informatika
    http://Brainmatics.Com
    Tlp. +62-21-83793383
    Fax. +62-21-83793384
    My Blog : Guidelife.wordpress.com
    Yahoo!ID : basir_edu

    basir´s last blog post..Siapa sih Che Guevara itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s