Arti Mimpi

Tadi Kemarin sore saya chatting dengan Yoga. Dia bercerita bahwa dia hanya sempat tidur 30 menit, dan terbangun karena MIMPI!. Dan isi mimpinya adalah dikejar orang gila. Terlontar dari jemarinya…. “apa ya artinya? ” Kemudian saya ingat…. cari saja arti mimpi di www.primbon.com …. wah gila juga, aku masih ingat situs itu. Yang aku ketahui entah dari mana. Namun meskipun setelah dicari di situ tidak ada arti mimpi dikerja orang gila, tapi katanya kalau  mimpi dikejar orang bertanda akan dapat rezeki… semoga saja ya Yoga.

Dulu waktu kecil saya sering terbangun karena mimpi. Ada beberapa pola mimpi saya. Yang paling sering adalah mimpi berenang di kolam renang yang dalaaaaam sekali. Bayangkan skyscraper yang menjulang di kota-kota besar dunia, dan gedung itu …gedung setinggi itu adalah kolam renang yang dalam. Saya harus berenang menyeberangi kolam gedung itu sambil menyadari kedalamannya… dan memang dalam kenyataan saya tidak bisa ngambang di kolam renang, sehingga kalau berenang harus dari ujung ke ujung. Jadi dalam mimpi pun saya merasa capek untuk mengarungi satu kolam renang, tanpa boleh berhenti di tengah karena berarti saya akan mati!

Nemo 33 is a recreational diving center in Brussels, Belgium that is home to the world’s deepest swimming pool. The pool itself consists of a submerged structure with flat platforms at various depth levels.
The pool has two large flat-bottomed areas at depth levels of 5m (16 ft) and 10m (32 ft), and a large circular pit descending to a depth of 33m (108 ft). It is filled with 2,500,000 litres of non-chlorinated, highly filtered spring water maintained at 30°C (86°F) and contains several simulated underwater caves at the 10m depth level.
There are numerous underwater windows that allow outside visitors to look into the pools at various depths. The complex was designed by Belgian diving expert John Beernaerts as a multi-purpose diving instruction, recreational, and film production facility, and opened in 2004.

Entah apa arti mimpi itu, tapi lumayan sering saya melihat mimpi itu di waktu kecil, yang mungkin tanpa sadar melekat terus dalam sudut pikiran saya sehingga saya takut air. Terutama air tanpa ujung seperti laut. Jadi saya tidak akan bisa enjoy naik perahu/kapal, bukan karena mabok laut tapi karena takut kedalamannya. (Sudah pasti saya tidak bisa menyelam) Padahal kedua anak saya zodiaknya adalah ikan dan kepiting, binatang laut. Jauh sekali dari kambing gunung!

Tapi meskipun saya benci air/laut, saya selalu bermimpi mempunyai rumah yang berada di atas kolam renang. Jika saya melihat buku arsitektur, atau kadang juga bermimpi… saya ingin mempunyai rumah dikelilingi kolam renang yang tersambung ke semua kamar…jadi kita bisa keluar kamar menuju ke halaman melalui air! (tentu saja pencuri bisa saja masuk ke kamar juga melalui air…hehhee). Atau mempunyai rumah yang menghadap ke danau. Daripada laut saya lebih suka danau yang mistis.

(persis aku menulis posting ini jam 4 pagi, tiba-tiba Riku bangun dan keluar kamar…

“Mama …aku terbangun…”

“Ada apa? Mau pipis?”

“Terbangun karena mimpi”

“Mimpi apa sayang?”

“Ngga tahu…aku ngelindur jadi lupa”…. sambil tersenyum aku antar dia ke kamar lagi.

“Aku mimpi tentang Deguchi (Jalan keluar)” ………… Mungkin karena hari ini dia bisa membaca tulisan いりぐち(iriguchi- jalan masuk) dan  でぐち(deguchi-jalan keluar) ……

Selain mimpi tentang kolam renang, saya sering terbangun jika bermimpi tentang “sesuatu yang menakutkan” i.e setan. Merasa dikejar-kejar. Dan terbangun dalam keadaan capai dan …merinding. Menurut apa yang saya dengar, jangan langsung tidur kembali dan balikkan bantal. Terkadang saya juga mengalami mimpi bersambung (aneh ya…)

Dan satu lagi mimpi saya yang sering saya lihat adalah bermimpi sedang makan coklat. Dalam mimpi, saya berkata pada diri sendiri…”cepat habiskan coklatnya sebelum kamu terbangun dan coklat itu tidak ada” hihihi. lucu kan?

Dari bermacam mimpi yang saya ingat artinya hanya jika bermimpi ikan atau menangkap ikan berarti rejeki. Dan jika bermimpi ular itu tidak baik artinya…. (memang ular itu setan sih ya)

Jadi apa mimpimu semalam? Adakah yang bermimpi tentang aku (huh ge er amat sih….)

Foto  the deepest pool in the world saya ambil dari multiply teman

~~~~~~~~~~~~~~~

Pagi ini waktu bangun…Gen baca postingan ini dan dia cerita ttg mimpinya tadi malam. Dia bekerja di sebuah Universitas swasta di Jepang (bukan dosen), dan dalam mimpinya dia memotong rambut seorang dosen yang penuh uban. Dan hasilnya muka si profesor itu malah jadi “cute”. Oh NO! … Mungkin secara tidak sadar dia melihat rambut si profesor sudah waktunya untuk dipotong ya…. (si profesor adalah teman “ngebul” di sudut kampus)

Pagi ini juga kaget waktu lihat alexa rankingku sudah naik lagi menjadi 395,312… wow…. Terima kasih kepada semuanya yang sudah akses ke webblog saya ini.

Iklan

23 comments on “Arti Mimpi

  1. hehehe orgilnya sudah pergi! Salahku sendiri ketiduran jam 6 pagi… Mbak, air yang jernih katanya berarti ilmu pengetahuan. Hmmm mungkin artinya mbak akan belajar terus. Aku dulu pernah posting tentang mimpi di Agoyyoga, judulnya kalau nggak salah, this is mine, what about yours? Cek ya apa mimpiku 🙂

    mimpi terbang ya Yoga? aku belum pernah tuh? mungkin karena aku takut ketinggian?
    BTW… bobo dong… kapan bobonya kalo setiap hari begadang terus? (huh musti ngaca dulu…but sebetulnya senang sekali setiap lihat ID kamu nyala dini hari…ada temen yang ingetin “Hayo kerjain terjemahannya” hihihi)
    EM

  2. Mba imel, dulu jaman SMA di rumahku ada buku Primbon Jawa, ga tau sapa yang beli, isinya tentang arti mimpi, warnanya biru trus ada gambar orang di depannya, pokoknya tampilannya kaya buku-buku ga mutu gitu, padahal arti mimpinya manjuuurrr banget dan lengkap coz aku udah membuktikan berkali-kali…
    Cuma sejak aku kuliah bukunya dah ga ada lagi, ga tau ilang di mana…sayang banget…soalnya sempet jadi buku panduanku…hehehe…

    Ah, jadi keingetan lagi ma buku itu… ^_^

    Hehehe Chandra, aku sih tidak begitu percaya gitu-gituan ya, baca hanya untuk iseng-iseng dan tidak mau menjadikannya sebagai panduan hidup.
    Mungkin perlu dibongkar rumahnya untuk cari harta itu …..
    Chan… kamu tidak punya blog? atau foto blog? apa saja dong…… Multiply, FB? FS?

    EM

  3. Hehehe..
    Primbon.com ya?
    Sering mampir ke sana buat tahu arti mimpi, denging telinga, dan kedutan mata… hihihi.. dulu pernah aku rekomendasikan di blog, jangan-jangan dirimu tau dari situ… 😀

    Eh, Sis..
    Aku juga pernah mimpi bersambung. Pas putus mimpi pertama, ada tulisan “To Be Continued”

    Lalu melek.
    Pas tidur lagi… Mimpi lagi… Dimulai dengan tulisan “Episode Kedua”

    Halah! Kok ya aneh begini yaa… 😀

    Oh ya,
    soal mimpi makan coklat dan segera pingin dihabiskan sebelum kebangun… hahahaha…. sampai di dalam mimpi-pun kamu begitu, Sis? ck-ck-ck ^_^

    (Sis, jaga kesehatan ya… Jangan lupa maem… Kan lagi sibuk-sibuknya, tho? Ya, ya? Janji ya.. nggak boleh sakit… -nasehat adik perempuan yang sekarang lagi sakit karena bandel nggak mau makan.. hehehe)

    heheh primbon dot com itu aku tahu sudah 4 tahun lebih la. Sedangkan aku kenal kamu baru bulan juni toh. dan perasaan aku belum pernah baca di postingan kamu (masih banyak ya yang aku belum baca, sejak maret toh?)

    Aduh jangan sakit dong, percuma deh mau ngurusin badan dalam waktu seminggu. Emang kita ditakdirkan untuk gede kan apa salahnya. Apakah yang suka pada buku kamu (atau lets say kamu pribadi) memperhatikan fisik penulisnya? Kalau mereka memperhatikan fisik saja, lebih baik tidak punya fans bukan?
    Ayo, cepat sembuh ya. Aku memang sedang sibuk juga, ngerjain terjemahan nih, dgn deadline besok! demo gambaru…siapa tahu bisa beli tiket nih heheheh.
    love you sis… and pliiiiis take care.
    EM

  4. Di dalam mimpi, mbak berbicara bahasa Indonesia?
    Dan mungkin pula bermimpi dengan bahasa Jepang karena mbak lama tinggal di sini.
    Bahasa yang mana sering mbak pakai dalam mimpi?

    Waktu pertama kali bermimpi dengan bahasa Indonesia, saya sangat terharu. Rasanya bisa menjadi orang baru.
    Dan masih bermimpi kok dengan bahasa Indonesia. Malah lebih sering daripada dengan bahasa Jepang.
    Makanya hati saya kacau kenapa gambar pasporku bukan gambar garuda padahal saya bermimpi pun dengan bahasa Indonesia.

    Mengerti sekali perasaan kamu Melati.
    Mimpi saya campur …kadang bahasa Indonesia, kadang Inggris, kadang Jepang…. belum pernah bhs Belanda (karena belum mahir mungkin ya). Itu mimpi ya, sehingga kadang kalau bangun saya lupa tadi pakai bahasa apa ya? Katanya kalau sudha bisa bermimpi dengan bahasa asing berarti sudah benar-benar menguasai bahasa itu. SELAMAT untuk kamu Melati. Gambar Garuda TIDAK Penting!!!. Yang penting HATI kamu. wakarimashitaka?????
    Sekarang yang lebih gawat, saya lupa saya pernah membaca sebuah buku dengan cerita bla bla bla dikarang oleh bla bla, ceritanya bla bla…. nah buku itu syaa baca dalam bahasa Indonesia atau Inggris atau Jepang???? SAYA LUPA…. tapi saya tahu isinya bagaimana. bukankah ini GAWAT sekali.
    EM

  5. Saya sering lupa apa mimpiku semalam, sering mimpi yang aneh-aneh…naik sapu terbang (memang nenek lampir?)…terus pokoknya hal yang aneh, seperti memanjat yang sulit sekali (karena saya takut ketinggian, jadi saat outbound takutnya setengah mati saat panjat tali)….

    Pernah juga mimpi dibangunkan sepupu karena saya terbahak-bahak sambil merem, pas dibangunkan entah kenapa saya masih tertawa terus dan susah dihentikan, tapi ga bisa cerita mimpi apa.

    Seoanjang mimpi kita tak berarti ya tenang-tenang aja… saya punya temen yang mimpinya selalu ada artinya…dia ketakutan terus. Pernah cuma mimpi sederhana tentang maminya, dia dipanggil maminya, tapi karena udah saya jemput mau kuliah, jadi cuma daaag aja…ga tahunya maminya meninggal mendadak. Begitu pula setiap kali mimpi, selalu ada artinya….jadi malah serem.

    Aduuuh kasian sekali temannya Ibu, dia tidak bisa tenang hidupnya ya?
    amit-amit deh ….
    EM

  6. Baca komentar Melati di atas, bikin aku ingat mimpi aneh (kadang mimpiku bilingual, Indonesia atau Inggris, belum pernah pakai bahasa Jawa). Nah suatu ketika mimpi begini;- tahu-tahu ada suara keras (suara laki-laki) dari langit, yang memaksa aku menerjemahkan Pancasila dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris… 😀
    Pas sampai sila ke empat macet! Lha nggak didalam mimpi aja aku lupa bunyinya gimana, apalagi pas mimpi! Akhirnya aku ingat sila ke-empat gara-gara lihat arsip tulisan Daniel yang lama. Hehehehe… ada-ada aja.

    waaaaah mimpi yang ribet amat…aku aja udah lupa nih Pancasila apa aja hahhahaha
    EM

  7. hmmm…. untuk yang satu ini (mimpi), saya sepertinya jarang sekali dan suka lupa,kalau di tempat kerja pada ngerumpi ttg mimmpi, saya hanya diam karna gak punya mimpi,kalau berkhayal saya hobby banget 🙂

    hahaha pak Amin suka berkhayal ya…. Jangan minder pak… soalnya saya yakin hampir semua pembaca di sini suka berkhayal. Bagaimana Moodlenya pak? udah jalan?

    EM

  8. lala sakit karena gak mau makan kak????

    *OMELIN RAME RAME!!!*

    eniwei…

    kalo yessy mimpinya selalu pake acara ngigo..kadang ngigona rame..hebohhh..bangun bangun di ketawain suami huhuhuhu

    waaaah pake ngigo gawat tuh yess… ngga bisa selingkuh loh! ntar nyebut nama PIL gimana????
    hahahha

    soal lala? udah aku omelin …..heehhee
    EM

  9. Saya biasanya kalau ada event penting keesokan harinya pagi-pagi seperti ujian dll. pasti mimpinya telat bangun sehingga ketinggalan acara penting itu … Lalu akhirnya kebangun dan ternyata nggak telat cuma sudah terlanjur deg-degan … hehehe

    Samaaaaaa pak… saya juga sering begitu. Ciri khas mimpi seorang dosen kali ya pak hahahaha
    EM

  10. wah menarik banget ngomongin mimpi ya..
    dulu saya pernah mimpi dikejar-kejar James Bond sampe akhirnya saya jatuh di tebing tinggi tapi satu tangan saya masih bisa pegangan di pinggir tebing. Pas saya lihat ke atas, James Bond dengan senyum jahatnya menginjak tangan saya itu huaa sakit trus saya jatuh deh trus bangun deh tidurnya. Kok James Bond jahat ya sama saya???

    kata Ortu saya waktu itu kalo kita mimpi dikejar2 orang, dihimpit sesuatu, pokoknya di situasi genting menandakan kita lagi tertekan. Saking stressnya tanpa sadar kita terbawa mimpi. Tapi ngga tau sih bener atau tidak.

    btw, salam kenal mbak :mrgreen:

    Hai Enno, salam kenal juga.
    tapi seneng kan Enno bisa ketemu James Bond meski dalam mimpi heheheh
    cakep kan???
    EM

  11. mimpi dikejar orang gila..?
    wah ngos2an bener ini.. perasaan dah lari sekenceng2nya tapi masih kekejar terus 😀

    nah kalo ngimpi ngompol.. tahu-tahu tempat tidur basah.. :mrgreen:

    Ranknya naik.. selamat-selamat ..

    wah ngompol atau mimpi bas*h tuh? eh tapi aku juga basah atuh ya, kan mimpi berenang hahahah
    Terima kasih mastrie
    EM

  12. Aku dulu sering mimpi dikejar orang dan hampir ditangkap, tapi tiba2 ada air, aku masuk ke dalam air dan mulai berenang jadi cepaaaat dan enaaaak bisa lari cepat2. Mungkin ZENSE aku ikan ya ? Ikan di Indonesia kali, hi hi.

    Zense? Hidup kamu sebelumnya adalah ikan? hmmm memang pemikiran Buddha ya itu. Kalo aku Zense nya apa ya? Burung Hantu? (Karena aku terjaga di malam hari terus?) hehehhe

    EM

  13. HHmmm …
    Mimpi ? … Mimpi …?
    Jujur saya tidak sering bermimpi …

    Setelah saya perhatikan … saya selalu bermimpi … justru ketika badan sedang capek sekali … entah mengapa …

    Mengenai isinya …??
    Wah macem-macem … dari yang cemen sampe yang horor …
    Dari yang remeh temeh … sampe yang … yang … yyyaaaa gitu deh …

    Hai EM

  14. Wah, kalo aku dari dulu selalu mimpi terbang dan jatuh. Aku betul-betul bisa terbang, mengeliling kota, gunung-gunung, lembah, danau, tapi terus jatuh. Meski pada akhirnya bisa selamat.

    Atau mimpi terjatuh dari ketinggian. Sampai saking seringnya mimpi seperti itu, setiap hendak jatuh, alam bawah sadarku selalu berkata: “Ini mimpi kok! Ini mimpi kok! Jangan takut. Pasti mimpi. Anggap saja mimpi!”

    Ketika tiba-tiba terbangun, wah, ternyata memang betul mimpi.

  15. Thanks primbonnya kak, aku juga mo liat. kemarin mimpi karena ga tau artinya sampe bilangin suami jangan pergi meeting ke Arizona karena takut setengah mati. Semoga mimpiku hanya kembang tidur saja. Thanks

  16. temanku bermimpi digigit ular.
    mimpinya itu…… dia ada dirumah sedang santai2, terus tiba2 dia digigit ular hijau… tiba2 saja di sekitarnya sudah ada banyak ular…. artinya apa ya?
    kata orang2 disekitarku, itu tandanya akan dapat jodoh. mungkinkah bener? karena saat ini teman saya itu sedang falling in love with his female friend….makasih

  17. kk.. mau tanya donk..
    1 bulan yg lalu aku mimpi ada ular mau gigit aku.. tapi aku lawan,, terus ular itu mati..
    kira2 apa ya? khan kalo diprimbon kalo mimpi ular berarti pertanda buruk (kalo ga salah loh [ular khan simbol setan/jahat])

    terus mimpiku tadi malem, gigi depan bag.bawahku copot 1 dan akhirnya gigi bawahku habis! ompong deh gigi bawahku gak ada lagi..
    itu pertanda apa ya? hahaha…
    tapi,,
    mimpi itu emang ada pertanda2nya ya?

    aku sendri sampe sekarang ga pernah mikir pertanda2 apapun tuh kalo mimpi ^^

  18. semalam saya mimpi tentang tangan saya yaitu dari telapak tanganku keluar sesuatu warna hitam pas seperti arang… kira-kira artinya apa y?

  19. saya mimpi berenang di laut atau semacamnya itu….
    tapi low yang nyata itu saya ngga bisa berenang !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    apa artinya ya ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s