Apa artinya sebuah angka!

Banyak memang. Semua orang berlomba untuk mendapatkan nomor satu, juara satu, hadiah pertama, (istri) pertama dll. Siapa sih yang mau menjadi nomor buntut. Itu jika kita melihat dalam suatu jenjang tingkatan. Bagi sebagian suku bangsa atau bangsa, angka itu mempunyai arti yang berbeda-beda. Angka yang bagus di suatu masyarakat, belum tentu menjadi angka yang bagus pula di masyarakat lain.

Membaca posting Nepho-san tentang angka sembilan, saya jadi berpikir, apa sih sebetulnya angka yang bagus menurut orang Indonesia? angka 17 yang dianggap keramat itu? atau apa?

Saya tinggal di Jepang, dan di Jepang angka yang paling bagus adalah 8. Karena dalam penulisan kanjinya 八 berbentuk seperti gunung, yang membuka ke bawah, memberikan kemakmuran kepada daerah di bawahnya. terbuka. Dan kebetulan memang saya dari dulu suka angka 8 , terlepas dari pemikiran orang Jepang.

Angka sial bagi orang Jepang adalah 4 dan 9. 4 bisa dibaca [shi] bisa dibaca [yon]. Shi dalam bahasa Jepang berarti mati/kematian. Karenanya angka 4 dianggap tabu untuk dipakai. Saya pernah menemukan keanehan pada counter check in di Narita, dan ternyata nomor counternya memang tidak ada nomor 4 nya.

Nomor lain yang juga dihindari adalah 9. Karena 9 dibaca [KU] yang berarti malang/kemalangan. Meskipun demikian masih banyak kita temukan pemakaian angka 9 di semua tempat, tidak seperti angka 4. Waktu saya membeli nomor telepon statis (perumahan) di Jepang, saya disodorkan sebuah nomor telepon yang mempunyai banyak unsur 4 dan 9 nya. Rupanya orang Jepang tidak ada yang mau memilih nomor tersebut. Akhirnya saya mengambil nomor tersebut, karena bagi saya , itu hanya berupa deretan angka yang tidak membawa arti apa-apa bagi saya. Dan selama saya memakai nomor itu belum pernah mendapatkan kemalangan atau kesialan.

Satu lagi yang menarik dari angka-angka di Jepang, yaitu satu angka bisa mempunyai beberapa pengucapan. dan jika angka-angka itu dipadukan bisa berbunyi seperti suatu kata, yang mudah diingat. Misalnya 3156 bisa dibaca sa(n) -i (chi)-ko – ro(ku) SAIKORO yang artinya DADU. Dan cara-cara baca seperti ini banyak sekali yang bisa memudahkan mengingat angka-angka yang lumayan panjang seperti nomor telepon dan lain-lain.

Iklan

16 comments on “Apa artinya sebuah angka!

  1. Kalau sudah jadi kepercayaan sulit juga untuk mengubah pandangan orang tentang angka tertentu. Kalau saya sih nggak percaya yg begitu-begitu jadi ya nggak terlalu memperhatikan …

    Oemar Bakries last blog post..ber-Islam di negara sekuler

    benar pak…. sama seperti pamali/tabu yang tidak masuk di akal. Misalnya berfoto jangan bertiga, nanti yang tengah bisa mati. Karena itu saya selalu di tengah hehehe.(tapi belum mati-mati)
    ***EM***

  2. Itu cocok buat saya untuk menghapalkan nomer, karena saya paling bebal untuk menghapal nomer. Kalau di US nomer keberuntungan kayaknya 7 deh. thanks

    Yuliss last blog post..SERANGAN DI KEDUBES US DI YAMAN

    Iya Yulis, saya tuh bener-bener kagum dengan susunan bacaan angka Jepang yang bisa dibaca gitu.
    saya kasih tahu sedikit angka awal nomor telepon rumah saya ya… yaitu
    3867 bisa dibaca dengan MI (TSU) – YA(TSU)- lalu semestinya 76 supaya bisa membaca SHITA (yang artinya bawah—angka dibawahnya 8) heheheh sehingga cukup menghafal MIYASHITA …that is nama keluarga kami. (Mau saya teruskan nanti ketahuan nomor rumah saya dan banyak yang telpon berabe deh…nanti saya bisikkan saja ya)
    ***EM***

  3. Jepang dan Cina kayaknya hampir sama dalam memandang angka 4. Di Tanah Abang, misalnya, tidak ada lantai 4, tetapi lantai 3A.
    Mengenai angkat 9, kayaknya orang Cina tidak bermasalah. Dengan angka 13 baru mereka bermasalah hingga kalau di gedung diganti menjadi angka 12A.

    Hery Azwans last blog post..Dokter Ngantuk

    Angka 13 itu bukannya dari Friday the 13th?
    ***EM***

  4. Waddoouuwww kalau Daffa suka angka 4 9 bisa-bisa “mati malang” ya Nte Imelda!… maaalaang oh malaaang nasibku…

    benar sungguh dirumah Tante sungguh banyak ilmu pengetahuannya, tapi sayaang Daffa ga bisa lama-lama di sini…, abisss… ituu..tuu.. yang dibilangin tadiii.

    tosss,

    Daffas last blog post..Sszziiuupp… ‘aaahh

    ya udah buruan pulang nanti online lagi …minta anterin Opa ke Dikpora lagi ya. tosss
    ***EM***

  5. Empat dan Sembilan…
    Baru tahu… *Lha, kamu emang ga pernah baca-baca, La, tau darimana coba! hehe)

    Yang aku tahu…
    4 juga unlucky number buat Chinese people.
    13 untuk Amerika dan Sekitarnya (kayak adzan Maghrib ajah! hihi)

    But for me..
    My lucky number is 7
    My unlucky number is 13
    Alasannya?
    GA ADA! Hahaha…

    Lalas last blog post..do I have a wife material?

    7 dan 13 ya… aku inget-inget deh La…
    EM

  6. Semua angka sebenarnya baik…tapi kalau namanya kepercayaan, akan muncul sugesti dan selalu dikaitkan jika terjadi kesialan. Syukurlah saya tak terlalu memikirkan itu, hanya nomor mobil angka tertentu, hanya agar mudah diingat.

    edratnas last blog post..Menyetir mobil, sulitkah?

    Iya bu, kalau nomor mobil bisa dihafal enak ya.
    seperti nomor G 160 LO heheheh
    ***EM***

  7. Saya nggak percaya ada angka buruk, ada angka baik. Hanya saja, saya pikir angka 3 dan 7 memiliki keistimewaan, karena bilangan-bilangan itu sering dipakai dalam tuntunan beribadah, misalnya dalam berwudu semua anggota badan dibasuh 3 kali, kemudian dalam ibadah haji banyak ritual yang harus dilakukan sebanyak 3 dan 7 kali.
    Saya kurang tahu bagaimana dalam agama lain. Ini sekedar sharing saja …

    tuti nonkas last blog post..Jam Berapa Sekarang?

    Sama mbak. Yang pasti 7 merupakan angka yang istimewa juga di agama kristen. Misalnya Kita harus mengampuni kesalahan orang lain 7x7x7. Untuk angka 3 Petrus menyangkal Yesus 3 kali. Yesus jatuh waktu memanggul salib 3 kali. Pasti ada penjelasannya kalau ditinjau dari sejarah kebudayaannya ya mbak.
    ***EM***

  8. Miyashita-san~
    boleh tanya ga? hehehe..

    saya lg blajar2 goroawase.. saya pgn bkin nama “satsuki”.
    untuk “sa” kita bisa pake angke 3, trus “tsu” bisa pake angka 2, btul ngga? ^.^

    tp saya ga tau ni kalo “ki” mesti pake apa.. hiks2..
    bantuin saya yah… hehehe makasi~~ m(_ _)m

    kalau goroawase nya angka ya susah karena ngga ada angka yang bisa diwakili dengan huruf ki (baik bahasa Jepang/inggris. kalau mau maksa banget ya pake kyu. hehehe

    EM

  9. Di kantor juga begitu.. ada 13 lantai dan 2 lantai menghilangn:
    1-2-3-3A-5-6-7-8-9-10-11-12-12A

    Saya sih ga percaya yang seperti itu 😀

    Mba EM.. bukan 7 x 7 x 7 kali tapi tertulis 70 x 7 kali.. (Maafkan aku ya dari kmaren berisik aja di postingan lama) :p

  10. Ping-balik: Twilight Express » Blog Archive » Angka Cantik

  11. Padahal angka 9 bertebaran dimana-mana dan jadi angka favorit banyak orang, ya? Hmm….
    Angka favorit susindra adalah 13. Mungkin karena kami kurang normal? Hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s